8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA

unsplash

Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pesat. Dampak dari pertumbuhan itu menimbulkan perubahan yang sangat signifikan dalam perekonomian masyarakat. Banyak peluang-peluang baru yang tercipta untuk diisi oleh pemain-pemain baru. Namun disisi lain banyak pemain lama yang masih menggunakan cara-cara tradisional. Akhirnya tertinggal dan gulung tikar.

Pertumbuhan bisnis online dapat ditandai dengan semakin banyaknya outlet barang atau jasa yang tutup toko. Hal ini seiring dengan munculnya banyak jasa atau produk yang dipasarkan secara online.

Tanda pertumbuhan bisnis online juga dapat kita lihat dari maraknya jasa pengiriman kargo. Dulu hanya ada POS Indonesia, sekarang muncul JNE, TIKI, J&T, Wahana Logistik, First Logistics, Cahaya Logistik, Pandu Logistik dan lain lain. Mungkin kedepan akan semakin banyak jasa pengiriman, dan semakin canggih sarananya.

Ini adalah peluang bagi pemain baru untuk mengambil bagian di pasar ekonomi Indonesia. Para pebisnis dari luar negeri juga sudah menyadari peluang ini. Sehingga anda harus segera mengambil peran.

Berikut ini 8 macam bisnis online yang dapat anda coba.

1. Dropship

Dropship adalah sistem jual beli, dimana penjual menjualkan produk orang lain tanpa harus nyetok barang yang dimaksud. Dia hanya fokus menawarkan barang tersebut kepada customer-customernya. Jika ada pembeli maka dia akan meminta si pemilik barang (supplier) mengirim barang kepada pembeli tadi. Pelaku dropship disebut dengan dropshiper, dalam istilah tradisional dikenal dengan nama makelar. Jadi dropshiper sebanarnya sama dengan makelar di offline.

Kelebihan dari bisnis ini, anda tidak membutuhkan modal besar. Sehingga bisnis ini sangat cocok untuk pemula. Caranya seperti ini: setelah anda memasarkan produk tersebut maka akan ada orang yang berminat membeli. Pembeli tersebut akan mentransfer uang kepada anda. Setelah itu anda dapat gunakan uang tersebut untuk membeli barangnya ke pihak supplier. Selisih antara harga jual anda dengan harga jual supplier, itulah keuntungan anda.

Meskipun menjual produk orang lain, anda tetap bisa membangun brand dengan sistem ini. Anda bisa meminta kepada supplier untuk mengirim barang pesanan atas nama anda (sebagai pengirim).

Sistem ini juga memiliki kekurangan, yaitu dalam hal ketersediaan barang. Stok barang di supplier tidak selalu ada, sehingga anda harus selalu aktif bertanya ke supplier apakah stoknya tersedia atau tidak. Jika anda sudah terlanjur menerima transferan dana dari customer, tapi ternyata stok barang di supplier kosong, big problem buat anda.

2.Affiliate Marketing

blog.meraevents.com

Affiliate Marketing adalah menjualkan produk orang lain dengan sistem bagi hasil. Bisnis ini mirip dengan dropship, tapi lebih simple.
Bedanya kalau dropship, anda masih perlu mengurus pemesanan barang ke supplier agar dikirim ke customer anda, kalau di affiliate hanya menggunakan link. Saat ada orang yang berminat membeli produk tersebut melewati link anda, maka anda akan mendapatkan keuntungan. Supplier juga sudah otomatis mengetahui bahwa pembelian produk tersebut melalui link anda.

Prakteknya seperti ini, affiliate marketer (sebut saja A) menciptakan website, grup, atau akun di internet yang mendatangkan banyak pengunjung/visitor. Jika websitenya sudah banyak pengunjung, si A dapat memasang link pembelian produk si B. Hasil penjualan melalui website si A ini nanti akan dibagi dengan si B sesuai kesepakatan. Pembagian komisinya bisa jadi 50% : 50%, 30%: 70% atau yang lainnya. Tergantung keahlian affiliate marketer. Semakin handal keahlian affiliate nya, biasanya semakin besar komisi keuntungannya.

Jadi bisa digaris bawahi kata “melewati” ini penting. Jadi penjualan yang hanya melewati si A itu saja sudah mendatangkan keuntungan untuk si A. Mudah sekali bukan. Dengan bisnis ini anda tinggal fokus mendatangkan pengunjung/visitor di website atau grup anda. Tidak perlu mengurus kualitas produk, pengiriman produk ataupun garansi produk. Meski begitu anda tidak boleh sembarangan memilih suppliar (pemilik produk). Jika produk yang anda jual tidak memuaskan pembeli, maka dapat menurunkan kredibilitas anda.

Kekurangn bisnis ini, jika anda tidak teliti memilih Affiliate Network anda bisa tidak jadi mendapat persentasi keuntungan yang dijanjikan. Anda sudah capek-capek menjualkan produknya, tapi tidak dianggap bahwa itu hasil penjualan anda. Tentu sangat menyakitkan.

3. Reseller

cctmagazine.homestead.com

Bisnis ini juga mirip dengan dropship. Perbedaannya ada pada stok barang. Seorang reseller harus memiliki stok barang yang dibeli dari supplier. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari supplier otomatis reseller harus membeli dalam jumlah yang banyak.

Kelebihannya dibanding dropshiper, anda dapat mengetahui secara peasti berapa persediaan produk anda. Jika ada pertanyaan dari pembeli “mau beli 10 pcs ada gak?”, anda bisa langsung menjawab “ada” atau “tidak”. Berbeda dengan dropshiper, saat ada pertanyaan seperti itu dropshiper harus bertanya dulu ke supplier. Untung kalau suppliernya fast respon, Kalau slow respon anda bisa kehilangan pembeli, hehe.
Namun untuk memulai bisnis ini, anda perlu menyediakan dana lebih banyak uang untuk nyetok barang. Semakin banyak uang modal anda semakin besar keuntungan anda.

4. Jual produk sendiri di onlineshop

entrepreneur.com

Online shop pada prinsipnya sama seperti toko konvensional biasa di offline. Penjual membuat toko di Instagram, website, atau marketplace (tokopedia, bukalapak, shopee, dll), kemudian memasang seluruh dagangannya disana lengkap dengan foto, spesifikasi dan harganya. Calon pembeli dapat melihat-lihat barang yang diinginkan. Perdagangan online ditandai dengan pembayaran virtual fia bank.

Tidak semua barang dapat dijual di toko online. Ada beberapa kriteria barang yang bisa dijual online. Misalnya, barang sulit ditemukan di offline, memiliki keunikan, banyak dicari secara online, mudah dikirim dan lain-lain.

Model bisnis online ini pun sangat tergantung pada seberapa banyak visitor toko anda. Semakin banyak visitor semakin banyak penjualan. Pemilik toko biasanya menggunakan berbagai cara untuk memanggil pengunjung, salah satunya dengan beriklan. Jadi tidak hanya usaha offline yang membutuhkan dana promosi, tapi juga toko online.

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk atau toko anda. Anda bisa menggunakan jasa FB ADS apabila ingin menjemput bola. Iklan anda akan muncul di beranda FB orang-orang. orang tersebut tidak berniat mencari produk anda, tapi anda menyodorkan produk tersebut di depan matanya dengan tampilan yang super menarik.

Kedua, bisa menggunakan Adwords. Ini adalah metode menunggu bola. Iklan ini difasilitasi oleh google. Iklan anda hanya akan ditampilkan saat ada orang yang mencari produk anda. Meskipun yang melihat produk anda tidak terlalu banyak, tapi mereka adalah target yang spesifik. Mereka adalah orang yang mencari produk anda dan siap membelinya.

5. PTC (Paid to Click)

google.com

Salah satu bisnis PTC yang cukup dikenal oleh online marketer adalah “adsence”. Intinya anda akan mendapatkan uang saat ada orang yang meng-klik iklan yang dipasang di website anda. Jadi penghasilan dari bisnis ini adalah tergantung dari banyaknya pengunjung di website anda.

Pertama, anda harus memiliki website yang diisi dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Konten bisa berupa artikel yang berisi gambar, informasi, pendidikan, atau sekedar sastra. Semakin menarik dan lengkap artikel anda maka akan semakin baik di mata google dan pembaca.

Tanda artikel anda disukai oleh google adalah jika google menempatkan artikel anda berada di halaman pertama saat diketik keywordnya. Syukur-syukur bisa berada di baris pertama, maka otomatis dolar akan mengalir ke rekening anda.

Enak ya? Tunggu dulu.
Tidak mudah lho bersaing mendatangkan pengunjung ke website anda. Begitu banyak pesaing diluar sana yang memainkan bisnis ini. Jika tak pandai membuat konten artikel maka website anda akan jarang dikunjungi orang.
Bagi yang suka menulis, bisnis ini pasti sangat menyenangkan.
Ada satu lagi ilmu yang harus dikuasai dalam bisnis adsence, yaitu SEO (Search Engine Optimization). Yaitu sebuah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung di website, agar terlihat baik di mata google.

6. Reseller Domain dan Hosting

popcorn-it.com

Bisnis ini juga tidak banyak membutuhkan modal. Anda bisa menjalankan bisnis ini sesuai dengan kemampuan kantong. Anda bisa saja menjadi reseller domain dan hosting ataupun menjadi server domain dan hosting.

Kebutuhan domain dan hosting saat ini semakin banyak, seiring dengan kesadaran masyarakat pada domain dan hosting yang resmi. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan cara melakukan penyadaran akan pentingnya platform dan hosting yang resmi, aman dan seo friendly tentunya. Penyadaran bisa dilakukan terhadap pengguna blogger gratisan. Setelah mereka tertarik, otomatis mereka akan membeli membeli domain dan hosting kepada anda.

7. Jasa Penyedia Artikel

masterukm.com

Bisnis ini sangat cocok dijadikan sebagai kerjaan sampingan. Modalnya hanya laptop dan koneksi internet. Kerjanya dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Bisnis ini sangat berpeluang, karena saat ini banyak sekali pemilik – pemilik website baru yang tidak sempat mengisi websitenya. Biasanya mereka akan mencari para penulis freelance yang mau dibayar untuk menulis konten artikel.

Konten atikel dibagi menjadi dua, yaitu artikel berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia. Artikel bahasa Inggris tentu memiliki nilai jual yang lebih mahal. Jika anda menguasai english writing, maka dengan mudah dolar mengalir ke rekening anda.

Harga sebuah artikel biasanya dilihat dari banyaknya jumlah kata. Semakin banyak kata yang digunakan otomatis semakin lengkap pembahasannya. Paket jumlah kata biasanya terdir dari 300 kata, 500 kata, 1000 kata, 2000 kata dan seterusnya.

Secara umum tulisan anda bisa dari berbagai sumber, tergantung permintaan clian. Ada clien yang meminta anda membuat tulisan yang bersumber dari berita faktual yang anda liput sendiri, seperti wartawan. Ada clien yang hanya meminta anda me-rewrite tulisan dari sebuah website, dengan bahasa anda sendiri.Ada juga clien yang meminta anda untuk menulis artikel sesuai dengan kerangka yang dia buat, anda tinggal mengisi kontennya dari berbagai sumber.

8. Jasa SEO Website

shutterstock.com

Adalah jasa bantuan untuk meningkatkan traffic sebuah website.Intinya bisnis ini menawarkan jasa untuk membuat sebuah website dipandang baik oleh Google sehingga diletakkan di halaman pertama dan baris pertama. Jika konten dari sebuah artikel sudah berada di baris pertama otomatis akan semakin banyak pengunjung.

Bisnis ini membutuhkan pemahaman yang matang terhadap algoritma mesin pencari Google. jangan coba-coba bisnis ini jika belum memiliki skill SEO yang mumpuni. Jika salah langkah, visitor website clien anda bukannya naik tapi malah di de-index oleh google.
Demikianlah delapan macam bisnis online yang saya rangkum, tentunya masih banyak cabang bisnis online yang lain. Semakin lama model bisnis online semakin berkembang. Jangan mau ketinggalan. Segera action!

Leave a Comment