Kaldu jamur bahan penyedap rasa alami

10 Bahan Penyedap Rasa Alami non MSG yang Baik Untuk Kesehatan

Tahukah kamu, di alam ini banyak tersedia bahan penyedap rasa alami non MSG. Namun karena telah banyak beredar bahan penyedap rasa buatan sehingga membuat orang malas menggunakan bahan alami.

Secara umum orang Indonesia saat ini terbiasa makan dengan kadar MSG tinggi, sehingga tidak mudah makan tanpa zat aditif tersebut. Meski sangat mudah didapat tapi bahan-bahan aditif tersebut memiliki banyak efek samping. Jika kadarnya sudah berlebihan dalam tubuh maka dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai bahan-bahan penyedap rasa alami non MSG yang sehat dan aman bagi kesehatan.

1. Bawang Putih

Bahan Penyedap Rasa Alami
unsplash.com

Bawang putih merupakan bumbu tradisional yang cukup mashur digunakan sebagai penyedap rasa. Baunya yang khas menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat. Meskipun ada sebagian orang yang tidak suka baunya.

Caranya, bawang putih yang telah dikupas dimemarkan dan ditumis dengan minyak hingga layu. Jika ingin rasa bawangnya lebih kuat bisa juga dihaluskan dengan cara ditumbuk.Agar lebih praktis, kamu dapat membuat bubuk bawang putih kering. Yaitu dengan cara menghaluskan bawang putih yang telah digoreng kering. Aroma dan rasa bumbu bawang kering ini cukup menjadi penyedap rasa alami yang ampuh untuk setiap masakanmu.

Penggunaan bawang putih sebagai penyedap rasa alami juga disarankan oleh Gatot Susanto selaku Exekutive Chef Aston Paramount Serpong. Menurut Gatot seperti yang dilansir pada laman okezone.com, meskipun efek rasanya tidak sekuat MSG namun bawang putih cukup kuat menambah rasa nikmat pada makanan. “Selain makanan Anda menjadi gurih, makanan Anda pun jadi lebih sehat” terangnya.

2. Kaldu Ayam / Sapi

bahan penyedap rasa alami
flickr.com

Kaldu ayam atau sapi adalah bumbu alami yang dibuat dengan merebus daging ayam atau daging sapi selama beberapa saat untuk mendapatkan sari daging tersebut. Jika tidak ada daging, tulang ayam atau sapi juga dapat dijadikan sebagai bahan kaldu.

Jika ingin lebih praktis, kamu dapat membuat kaldu dalam jumlah yang banyak kemudian mengemas dan memasukkannya ke dalam freezer. Sewaktu-waktu dapat kamu gunakan sebagai bahan penyedap rasa alami non MSG. Agar lebih nikmat, kamu juga dapat menambahkan rempah-rempah dalam proses pembuatannya.

3. Terasi

terasi bahan penyedap rasa alami

Bahan penyedap rasa alami berikutnya adalah terasi. Terasi merupakan bumbu alami yang terbuat dari fermentasi ikan atau udang. Terasi memiliki bau yang cukup menyengat, tetapi dapat menambah rasa gurih apabila ditambahkan dalam masakan. Kebanyakan orang menjadikannya sebagai bumbu sambal.

Terasi memiliki rasa yang cukup asin, sehingga mengurangi penggunaan garam saat memasak. Kandungan garam yang kuat ini dapat menjadikannya sulit ditumbuhi kuman dan bakteri, sehingga awet dan tahan lama.

Selain penyedap rasa yang lezat, ternyata terasi juga dapat membantu pembentukan darah karena mengandung Vitamin B12. Meski begitu terasi tidak cocok jika dimakan langsung dalam jumlah banyak, karena terasi adalah bumbu dapur.

4. Keju

keju penyedap rasa alami 2
flickr.com

Keju tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga lezat dijadikan sebagai bahan. Penggunaannya juga sangat praktis, tinggal diiris tipis-tipis dan ditaburkan dalam makanan. Keju biasanya terbuat dari susu sapi yang dikentalkan menggunakan bakteri bernama rennet.

Keju sangat baik untuk kesehatan karena mengandung protein, lemak, vitamin dan kalsium. Kekurangannya memang harga keju lumayan mahal. Tapi tidak ada salahnya kamu memilih keju yang mahal demi kesehatan keluargamu kan..

5. Daun Pandan

Daun Pandan Bahan Penyedap Rasa Alami
flickr.com

Daun pandan merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia. Ciri khasnya memiliki aroma harum ketika diremas. Selain menambah sedap aroma makanan daun pandan juga memiliki khasiat mengobati berbagai macam penyakit seperti arthritis, rematik pegal linu, dan tekanan darah tinggi.

Daun pandan juga dapat menambah warna makanan menjadi lebih menarik. Sehingga banyak sekali manfaat dari daun ini.

6. Tempe Busuk

tempe busuk bahan penyedap rasa alami

Istilah tempe busuk sebenarnya tidak seburuk yang kamu bayangkan. Busuknya tempe bukan berarti jorok. Istilah tempe busuk maksudnya adalah tempe yang sudah melewati fase jamur segar, kemudian masuk ke fase jamur tua sehingga mengeluarkan aroma khas yang sedap untuk bahan penyedap rasa alami non MSG.

Meski istilahnya busuk tapi tempe ini tetap aman dikonsumsi, karena dalam penelitian tidak didapatkan mikrobia berbahaya di dalamnya. Namun untuk menghindari resiko sebaiknya tidak memilih tempe busuk yang berlendir dan basah karena dikhawatirkan mengandung bakteri patogen yang berbahaya.

Di Kediri tempe busuk dijadikan sebagai bahan saos khas kediri. Saos ini diracik dengan tempe busuk sebagai bahan utamanya. Namanya adalah saos tumpang, karena dalam penyajiannya diletakkan (ditumpangkan) diatas menu utama. Baca selengkapnya disini

7. Udang atau Teri

udang bahan penyedap rasa alami
flickr.com

Sudah tau kan, dua hewan ini memang sangat lezat. Kandungan proteinnya dapat menambah kelezatan masakan, bahkan lebih baik dari pada MSG.

caranya, udang atau teri dikeringkan dengan digoreng atau diopen. Setelah itu dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Bubuk udang/teri ini dapat bertahan lama, sehingga dapat disimpan dan digunakan sewaktu-waktu.

8. Kaldu Jamur (Terutama Jamur Shitake)

Kaldu jamur bahan penyedap rasa alami
resepmasakandapurarie.com

Selain daging sapi dan ayam, ternyata jamur juga cocok dijadikan sebagai bahan kaldu. Tetapi tentu tidak semua jamur. Jamur yang paling sering digunakan untuk membuat kaldu adalah jamur ‘shitake’ atau yang biasa disebut jamur jengkol. Selain itu ada juga jamur kancing, jamur champingnon dan jamur merang yang banyak dijual dipasar.

Jamur banyak mengandung glutamat, bahan yang menyebabkan rasa gurih (mirip sama mononatrium glutamat). Dalam kondisi kering, kandungan glutamat shiitake bahkan bisa mencapai 150 mg/100gr. (sebagai perbandingan, jamur truffle yang mahal, hanya mengandung 8,5 mg glutamat/ 100 gr truffle).

Pilih jamur yang segar untuk digunakan sebagai bahan kaldu. Kesegarannya akan mempengaruhi rasa kaldu. Jika tidak ada jamur segar bisa juga kamu gunakan jamur kering.

Caranya, rendam jamur hingga layu dan berkembang. Setelah itu tiriskan. Campurkan dengan tumisan bawang bombay hingga harum. Masak sambil tambahkan air panas sampai mendidih. Rebus sampai jamur menyusut dan air tersisa setengah. Air kaldu siap digunakan.

Jamur shitake juga memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya vitamin B2, B3, B5, B6, D dan lain-lain. Sehingga jamur ini sangat baik jika sering dikonsumsi. Jika tidak ada jamur shitake, kamu juga dapat menggunakan jamur jenis lain, seperti jamur tiram.

9. Gula

gula bahan penyedap rasa alami
flickr.com

Gula juga cukup baik digunakan sebagai tambahan bahan penyedap rasa alami. Meskipun penggunaan gula yang terlalu banyak saaat ini juga menyebabkan sakit diabetes, tapi paling tidak bahan ini lebih alami dan lebih ramah bagi tubuh dari pada MSG.

10. Kaldu Sayuran

kaldu sayur bahan penyedap rasa alami
unsplash.com

Bagi yang vegetarian jangan khawatir, bahan penyedap rasa alami juga bisa dibuat dari sayuran. Menurut Chef Petty Elliott menjelaskan bahwa banyak sayuran yang dapat dijadikan sebagai penyedap rasa seperti wortel, seledri, bawang bombay, daun katu, lada hitam dan juga cengkih.

“Sayuran itu punya rasa alami, ada yang terasa manis, asin dan asam. sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuuat kaldu yang tidak kalah dengan kaldu ayam atau daging” jelas chef Petty.

Cara pembuatannya tak jauh beda dengan kaldu dagung. Yaitu dengan merebus sayuran dengan api kecil dalam waktu yang lama, sehingga sari rasa sayuran keluar dan menyatu dengan air.

Ternyata banyak sekali ya bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyedap rasa alami. Mari kita coba agar tidak terjebak dalam pola hidup makan makanan instan yang tak sehat.

4 thoughts on “10 Bahan Penyedap Rasa Alami non MSG yang Baik Untuk Kesehatan

  1. mama saya suka buat kuah dari tempe busuk, ya gak busuk banget tapi gitu deh, kalau dikasih cabe jadi enak

  2. keju!! aku paling suka nyampurin makanan ama keju… di roti, nasi goreng, mie goreng, ntah kenapa semua makanan yg ada kejunya pasti jd berasa lebih enak :D..

    bawang merah, bawang putih gula dan garam aja juga udh bumbu yg sempurna.. 🙂 tanpa bawang putih dan merah plus garam gula, makanan jd hambar

  3. terasi, favorit saya nih meski ga suka udang tapi ga bisa jauh dari terasi
    wkwkwkwkwk
    *wanginya itu sedap bener 🙂

Leave a Comment