Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha / Kewirausahaan / Bisnis Plan (Cara Membuat Proposal Usaha)

Hai sobat sharing, pada kesempatan ini saya akan menguraikan ‘contoh proposal usaha’. Setelah sebelumnya saya menulis tentang contoh proposal kegiatan.

Bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha, tentu yang menjadi kendala terbesar adalah modal. Banyak sekali ide, namun tidak ada biaya untuk melakukan riset usaha.

Jangan khawatir, banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal untuk memulai atau mengembangkan usaha. Salah satunya adalah memanfaatkan investor atau meminta bantuan modal usaha.

Ada banyak instansi yang sering memberikan bantuan modal usaha sekaligus bimbingan untuk membangun usaha. Misalnya saja Menpora, Kemenristekdikti, BUMN, YABUL (Yayasan Bina Usaha Indonesia) dan lain-lain. Banyak juga pemilik uang yang ingin menginvestasikan uangnya, namun tidak tau kemana investasi yang paling menguntungkan.

Anda bisa memanfaatkan itu semua untuk menggali modal usahamu. Nah sebelum itu, Anda harus membuat rencana usaha yang dituangkan dalam sebuah proposal usaha /bisnis. Contoh proposal usaha ini bisa Anda jadikan rujukan untuk membuat proposal.

Proposal usaha atau bisnis memiliki susunan yang tidak sama dengan proposal kegiatan. Berikut ini akan saya jelaskan sitematikanya disertai contoh proposal usaha.


Contoh Proposal Usaha : Cover Proposal


Usahakan untuk membuat cover proposal semenarik mungkin. Yaitu dengan template, gambar dan font yang padu padan. Semakin bagus cover maka akan semakin memperlihatkan bahwa Anda/kelompok usaha Anda serius menekuni usaha ini. Berikut ini beberapa contoh cover proposal usaha sebagai gambaran:

Contoh Cover Proposal Usaha Makanan #1

 

contoh cover proposal usaha
scrib.com

Contoh Cover Proposal Usaha Makanan #2

 

contoh cover proposal
scrib.com

Contoh Cover Proposal Usaha #3

contoh cover proposal usaha
indonesiaindonisia.com

Seperti itulah kurang lebih contoh cover proposal usaha yang baik dan benar.

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Proposal yang Menarik


Surat Pengantar Proposal Usaha


Surat pengantar proposal usaha bentuknya formal dan resmi. Isinya adalah bahasa permohonan modal atau kerjasama kepada pihak yang dituju. Silakan baca: Contoh Surat Proposal Usaha!


Contoh Proposal : BAB Pendahuluan


Pada bab ini berisi latar belakang dan visi serta misi usaha.

 

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Setiap orang pasti ingin menjadi bos di bisnis atau usahanya sendiri. Banyak sekali jalan menuju kesuksesan. Salah satunya diantaranya dengan membuat sebuah bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan INOVASI.

Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa hanya orang-orang yang bernyali besarlah yang mampu menggelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.

Peluang usaha di depan mata tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang melatar belakangi berdirinya sebuah tempat makan berbasis One Step for Kebab.

TUJUAN PEMBUATAN PROPOSAL

  1. Permohonan bantuan dana dari Bina Lingkungan / ESR
  2. Branding PT. PLN Peduli

Contoh Proposal : Profil Usaha/Perusahaan


Mencakup semua data perusahaan/ badan usaha kamu yang meliputi nama perusahaan, jenis usaha, lokasi, dan riwayatnya.

Profil Usaha Kebab Rosana

Nama Usaha: Kebab Rosana
Alamat: Tusam Timur 1 No. 8 Semarang
Tanggal Berdiri: 10 Oktober 2017
Jenis Usaha: Kuliner
Jumlah Karyawan: 5 Orang
Produk: Kebab (Makanan Khas Turki)
Email: rinarosa47@gmail.com

gerobak kebab
gerobak kebab

Contoh Proposal : Struktur Organisasi Perusahaan


Berisi struktur perusahaan beserta peran masing-masing bagiannya.

Contoh:

Contoh struktur organisasi Usaha

Struktur Organisasi Usaha / Perusahaan

Pemilik : Rina Rosiana
Keuangan : Eka Agustina
Pemasaran : Dedi Mulyadi
Produksi: Cahyo Dimas & Rina Rosiana
Distribusi: Diana R


Contoh Proposal : Produk Perusahaan


Gambar Kebab
scrib.com

Data mengenai produk perusahaan yang meliputi jenis produk, metode produksi, keunggulan produk dan lain-lain.

Contoh:

KEUNGGULAN PRODUK

  1. Rasa kebab yang orisinil karena bukan dari franchise dan waralaba.
  2. Komposisi isi kebab yang lengkap.
  3. Rasa yang mampu bersaing dengan kebab lain yang sudah terkenal.
  4. Harga jual yang relatif murah dibanding kebab lain.

PROSES AWAL PENGELOLAAN

Proses awal usaha kebab ROSANA yaitu dengan menyiapkan gerobak yang menarik beserta lengkap dengan peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti :

  • Gerobak
  • Alat pemanggang daging/baner
  • Kompor Gas
  • Tabung Gas
  • Wajan
  • Aneka Wadah

Untuk saos, sayuran, alat penjepit makanan, aneka pisau, meja, kursi.

Setelah kebutuhan peralatan lengkap kemudian tinggal menyiapkan bahan-bahan baku dalam pembuatan kebab ROSANA yang didalamnya diantaranya :

  • Daging kebab
  • Sosis
  • Tortilla (kulit kebab)
  • Latus
  • Timun jepang
  • Bawang Bombay
  • Aneka saos, tomat, pedas
  • Mayonaise

Untuk mempersiapkan usaha sebelum launching kita promosi di event-event besar, media social, keluarga sahabat, tetangga.

PROSES PRODUKSI

Sebelum proses produksi pemilik kedai membuka kedainya lebih dahulu, menyiapkan segalanya mulai dari bersih-bersih sehingga siap semua. Setelah semua siap pemilik menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembuatan kebab.

Pertama

Memanggang daging sapi, selanjutnya memotong sayuran, siapkan tortilla atau kulit kebab kemudian kita beri saos, tomat secukupnya, masukkan sayuran lotus, timun Jepang yang sudah di cincang dadu. Tomat, bawang Bombay dan diatasnya ditaruh irisan-irisan pedas diatasnya gulung tortilla membentuk kebab. Kemudian di goreng di wajan panas yang sudah di beri margarin, setelah matang di sajikan di tempat khusus makanan kebab.

RESIKO USAHA

Untuk resiko usaha kebab ROSANA itu sendiri bisa di katakan tidak mempunyai resiko yang amat besar karena bahan-bahan baku seperti daging dan turtile masih bisa bertahan lama apabila dimasukkan ke dalam freezer (pendingin)

Hanya sayuran saja yang tiap harinya harus  di ganti karena untuk menjaga kualitas kesegarannya.

Untuk mengatasi resiko sayuran dengan jumlah yang tidak terlalu banyak sehingga mampu menekan resiko biaya produksi.


Contoh Proposal : Target Pasar


Setiap usaha harus memiliki target pasar yang jelas dan spesifik. Target pasar yang jelas dan menarik akan membuat investor tergiur untuk mendukung usaha kamu. Misalnya usaha menargetkan wilayah kota apa, anak-anak di umur berapa, kelas ekonomi (bawah, menengah, atas) atau menarget momen-momen kapan. Semakin jelas semakin baik.

Contoh:

  • Pengunjung dan Karyawan di kawasan kuliner di Taman Tirto Agung Durian Banyumanik dan Sekitarnya.
  • Para peserta Event-event bazzar di sekitar Taman Tirto Agung
  • Anak-anak kuliah di kampus Magistra Utama

Contoh Proposal : Promosi dan Pemasaran


Marketing adalah ujung tombak dari suatu usaha. Sehingga kamu harus menyiapkan konsep marketing yang handal sehingga mampu meyakinkan investor bahwa usaha ini ketika buka cabang langsung laris. Berikut ini saya sajikan contoh pemasaran sebuah produk makanan kebab:

 

Promosi dan Pemasaran

  • Mempermudah cara pemesanan dari rumah (Delivery Order) melalui SMS, WA, BBM, Email, Telepon atau lainnya.
  • Membuat kampanye di media sesial yang berpotensi viral.
  • Memberikan bonus lebih kepada pemesan untuk acara hajatan, walimahan, seminar, atau acara yang lainnya yang banyak mengumpulkan orang.
  • Menerapkan metode “buka langsung laris” di setiap pembukaan cabang, dengan cara memberikan potongan persentase harga sesuai berat badan pembeli.
  • Memberikan gratis kebab kepada setiap orang yang berbuka puasa setiap senin dan kamis, sekaligus sebagai bentuk kegiatan sosial.

Contoh Proposal : Laporan Keuangan


Salah satu ciri usaha yang baik adalah memiliki laporan keuangan yang baik. Laporan tersebut meliputi alokasi dana, perhitungan laba, dan perhitungan bagi hasil. Perhitungan keuangan harus logis dan realitis. Kalau kamu membuat proposal usaha untuk investor maka buatkan pembagian hasil yang menarik untuk mereka.

Contoh Rencana Anggaran
scrib.com

Contoh Proposal : Penutup


Jangan menyia-nyiakan penutup dengan menganggapnya hanya sebagai formalitas. Isilah penutup dengan kata-kata terakhir yang semakin meyakinkan investor/donatur bahwa kerjasama ini akan sukses sesuai harapan. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas perhatiannya.

PENUTUP

KESIMPULAN

“KEBAB TURKI TORPEDO ROSSANA” merupakan brand produk yang saya dirikan, dalam usaha ini saya menciptakan produk atas survey yang saya lakukan unuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat. Saya sangat mengharapkan produk yang saya jual dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas.

Melihat prospek ke depan usaha kuliner kebab ROSANA ini akan bisa terus berkembang mengingat banyak sekali konsumen di sekitar tempat usaha (Taman Tirto Agung) di samping harga bersaing dan rasanya.

Demikian permohonan yang kami ajukan, kiranya dapat berkenan dan dikabulkanya oleh Pemerintah daerah Kabupaten Semarang. Dan dalam hal ini untuk selanjutnya, kami siap senantiasa mendapat bimbingan dan pengawasan dalam setiap pengembangan usaha kami.

Selebihnya tidak ada kata – kata yang pantas kami ucapkan atas dikabulkannya permohonan kami kecuali semoga kebijakan Pemerintah daerah Kabupaten Semarang menjadi kebijakan yang bijaksana yang di berkati oleh Tuhan Yang Maha Esa. Terima kasih

 

Semarang, 15 Mei 2017

Pemilik Usaha

 

Rina Rosiana


Contoh Proposal : Lampiran


Sertakan semua berkas pendukung proposal dengan data-data yang akurat. Misalnya:

  • CV pemilik usaha
  • Surat-surat perijinan
  • Sertifikat usaha atau pajak
  • Nota-nota jika dibutuhkan.

Itulah contoh proposal poin per poin. Selanjutnya dibawah ini saya sajikan contoh proposal usaha versi word (doc) yang bisa kamu download.

Contoh Proposal Usaha Makanan (DOC)

Download (DOCX, 2.68MB)

Itulah sekilas tentang contoh proposal usaha yang bisa saya uraikan. Semoga bermanfaat. Boleh copy dan share, tapi harap cantumkan sumbernya ya 😉

Leave a Comment