Contoh Proposal Kegiatan Event (Sponsorship), Wirausaha dan Business Plan

Contoh Proposal Kegiatan – Hay sobat sharing.. Ketika berkecimpung di dunia organisasi pasti kamu akan banyak membahas mengenai proposal, atau bahkan terlibat dalam pembuatannya. Mereka sering membuat proposal untuk menggalang bantuan dan dukungan atas kegiatan yang diselenggarakan.

Proposal juga sering dibuat oleh instansi-instansi sekolah maupun pemerintah dalam rangka mencapai program yang dicanangkan. Kalau perusahaan atau individu biasanya membuat proposal untuk program bisnis/wirausahanya.

Masih banyak lagi penggunaan proposal dam dunia akademis (pendidikan) baik di kampus maupun sekolah. Nah, sebenarnya apa itu proposal? Apa saja jenis-jenis proposal dan bagaimana contoh proposal? Semuanya akan saya bahas dalam artikel ini. Simak yaa.


Pengertian Proposal Adalah


Proposal adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris “to propose” yang bermakna mengajukan. Sedangkan secara istilah menurut KBBI (2017) proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Dalam dunia ilmiah (pendidikan), makna proposal adalah rancangan dari sebuah usulan penelitian yang selanjutnya akan dilakukan oleh peneliti terhadap bahan penelitian tersebut.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Menurut Jay (2006 : 1) Proposal adalah alat bantu  untuk membuat management standar berfungsi secara efisien.

Menurut Hasnun Anwar (2004) proposal adalah rencana yang disusun untuk event tertentu.

Fungsi dan Tujuan Proposal

Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan, bantuan dana, sponsor maupun perizinan (dari berbagai pihak) terhadap kegiatan, penelitian, bisnis, maupun proyek.

Jenis-Jenis Proposal

Jenis proposal berdasarkan penggunaannya dibedakan menjadi 4:

Proposal Kegiatan

Merupakan proposal yang berisi tentang rencana sebuah kegiatan, baik oleh individu maupun kelompok masyarakat/organisasi.

Proposal Penelitian

Merupakan proposal yang berisi tentang rencana atau usulan penelitian, praktek lapangan, lomba karya tulis ilmiah, skripsi, tesis dan lain-lain.

Proposal Bisnis

Proposal bisnis berisi mengenai rencana dalam dunia bisnis/usaha yang dibuat oleh individu, UKM atau perusahaan untuk mendapatkan modal dan kerjasama bisnis.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja

Proposal Proyek

Sedikit berbeda dengan proposal Bisnis, proposal proyek berisi tentang rencana pengadaan / pelaksanaan proyek tertentu dalam dunia kerja maupun pemerintahan. Misalnya proyek perbaikan jalan, proyek pengadaan sarana di sekolah, dan lain-lain.


Cara Membuat Proposal (Sistematika Proposal)


Cara Membuat Proposal
wikipedia.org

Masing-masing jenis proposal di atas memiliki sistematika dan karakter yang berbeda. Namun Secara garis besar proposal terbagi menjadi 3 bagian utama, yakni pembuka, isi dan penutup.

Dalam kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan sistematika proposal sponsorship kegiatan dan proposal usaha / bisnis saja. Adapun proposal penelitian bisa kamu buka disini.

Cara membuat proposal dan sistematikanya saya jelaskan beserta contohnya sebegai berikut:


Contoh Proposal Kegiatan / Event 


Proposal Kegiatan
stkip-pgri-sumbar.ac.id

Proposal kegiatan / event biasanya diserahkan kepada calon donatir untuk mendapatkan bantuan dana. Sedangkan proposal yang diserahkan kepada pihak sponsor disebut juga sebagai proposal sponsorship. Sistematika proposal kegiatan adalah sebagai berikut:

Contoh Proposal : Cover Proposal

Berisi judul proposal. Usahakan untuk membuat cover yang menarik, bisa dengan template warna atau gambar. Hal itu akan membuat donatur dan pihak sponsor lebih semangat untuk membuka proposal kamu. Inilah contoh cover proposal kegiatan yang menarik.

Contoh Cover Proposal Kegiatan #1

contoh cover proposal kegiatan
scrib.com

Contoh Cover Proposal Kegiatan #2

contoh cover proposal kegiatan
scrib.com

Contoh Cover Proposal Kegiatan #3

contoh cover proposal kegiatan
sharingkali.com

Contoh Cover Proposal Kegiatan #4

contoh cover proposal
sharingkali.com

Itulah 2 contoh cover proposal kegiatan yang mungkin bisa kamu jadikan bahan inspirasi.

Contoh Proposal : Latar Belakang

Isinya adalah alasan pentingnya (urgensi) kegiatan tersebut dilaksanakan dan juga potensi manfaat dari event tersebut. Latar belakang proposal biasanya terdiri dari 3 bagian, yakni bagian pendahuluan, isi dan penutup yang disusun dengan pola umum ke khusus.

Berikut ini adalah contoh latar belakang proposal kegiatan yang baik:

 

A. LATAR BELAKANG

Alhamdulillah, segala puji syukur hanya milik Allah SWT, yang telah menciptakan bumi, dan memberikan semua nikmat yang tak terhingga pada kita, sehingga kita dapat memaknai kehidupan, dan memanfaatkannya dengan baik. Sholawat serta salam senantiasa kita limpahkan pada suri tauladan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membawa dan memuntun kita pada cahaya Islam.

Pemuda merupakan salah pilar penting dari suatu peradaban. Dimana suatu peradaban yang besar dan maju tentu tidak terlepas dari andil para pemuda yang mempunyai karakter pemimpin masa depan. Baik dari segi intelektualitas, kepribadian dan ideologi. Seorang pemuda berkuaitas pasti akan menghasilkan karya-karya yang cemerlang. Sudah sering sekali kita mendengar perkataan yang disampaikan oleh Ir Soekarno, ”Berikan aku sepuluh orang pemuda, niscaya mereka akan mampu mengubah dunia”. Begitu dahsyatnya kekuatan seorang pemuda sehingga dapat melahirkan karya cemerlang.

Namun demikian, dengan jujur harus kita akui bahwa kondisi pemuda Indonesia saat ini masih jauh dari kata ”pemuda ideal”. Sebab masih banyak diantara pemuda hari ini yang melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak produktif, tidak memiliki jiwa kepemimpinan, dan kepedulian yang rendah terhadap isu-isu sosial yang terjadi disekitanya. Padahal masa muda adalah masa-masa yang paling paling produktif dalam kehidupan seorang manusia, yang seharusnya dioptimalkan untuk memperdalam ilmu, memperluas wawasan, mengembangkan potensi diri, dan hal-hal bermanfaat lainnya baik bagi diri sendiri maupun lingkungannya. Bahkan sejak lebih dari empat belas abad yang lalu Rasulullah SAW telah meperingatkan ummatnya;

Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada Hari Kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang lima (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan kemana dia keluarkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya.
(HR. At-Tirmizi).

Untuk membenahi kondisi pemuda ini maka akan sangat relevan jika kita memilih kalangan mahasiswa sebagai focus utama. Karena mahasiswa merupakan elemen pemuda yang berada dalam lingkup yang paling strategis dalam membangun bangsa kedepannya. Berangkat dari pemikiran inilah, kami para mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Masjid At-Tarbiyah di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Menjadi Pemuda Abad 21; Cerdas, Inovatif dan Berkarakter” sebagai event yang berusaha menjawab tantangan tersebut. Disamping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya dalam proses pencerdasan dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bangkit dan turut ambil bagian dalam kontribusi membangun bangsa.

.

 

Contoh Proposal : Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini berisi jawaban atas pertanyaan “untuk apa” kegiatan itu dilakukan. Di latar belakang memang disinggung soal tujuan kegiatan, tapi hanya secara umum. Tujuan kegiatan secara spesifik dan detail dimasukkan dalam sesi ini.

Contoh Tujuan Kegiatan:

B. TUJUAN KEGIATAN

  1. Memberikan wawasan mengenai problematika keIndonesiaan dan andil pemuda sebagai pembawa perubahan yang paling potensial;
  2. Memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang kriteria pemuda yang berkualitas yang mampu menyongsong masa depan, baik dari segi kepribadian, intelektualitas dan ideology;
  3. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk berprestasi dan berkontribusi melalui tokoh-tokoh muda yang telah berkontribusi banyak bagi masyarakat dalam berbagai bidang;
  4. Memberikan arah yang jelas kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya sebagai pemuda dan peran strategisnya dalam upaya perbaikan bangsa;


Contoh Proposal : Nama dan Tema Kegiatan

Nama Kegiatan adalah konsep/gambaran keseluruhan acara secara umum. Sedangkan tema acara adalah tajuk yang menjadi gagasan utama acara tersebut. Misalnya,

Nama acara: Seminar Nasional Kepemudaan
Tema acara: “Menjadi Pemuda Indonesia Abad 21; Cerdas, Inovatif, dan Berkarakter”

Adapun penulisannya bisa seperti ini:

 

C. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama Seminar Kepemudaan dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Abad 21; Cerdas, Inovatif, dan Berkarakter”, yang dalam hal ini akan dibedah bersama para narasumber yang terdiri dari kalangan akademisi, sosialpreneur dan enterpreneur.


Contoh Proposal : Bentuk Kegiatan

Menjelaskan sedikit tentang apa saja kegiatan yang ada dalam acara tersebut. Bentuk kegiatan misalnya:

  1. Seminar
  2. Diskusi Forum
  3. Bazar Buku
  4. Pameran Pemenang Lomba Tulis, dst.

Contoh Proposal : Sasaran dan Target Kegiatan

Berisi tentang berapa jumlah perkiraan peserta dan siapa saja yang akan hadir. Contohnya seperti ini:

SASARAN KEGIATAN

  1. Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Mahasiswa Kampus Se-Kota Malang
  3. Masyarakat Umum

TARGET KEGIATAN

  1. Dihadiri oleh minimal 200 orang peserta mahasiswa dan umum;
  2. Meningkatnya antusiasme dan motivasi para mahasiswa untuk berlomba-lomba dalam berkarya, berprestasi dan berkontribusi, sebagai bentuk kecintaan terhadap agama, orang tua, almamater, bangsa dan negara tercinta.


Contoh Proposal : Waktu dan Lokasi Acara

Waktu pelaksanaan yang ditulis secara singkat, dimulai tanggal sekian jam sekian sampai jam sekian. Lokasi acara sebaiknya pilih tempat yang mudah dijangkau dan dikenal banyak orang.

Contoh:

Rangkaian kegiatan di atas insyaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal     : Sabtu, 07 Juni 2017
Waktu                       : Pukul 07.00 WIB- 12.00 WIB
Tempat                     : Aula Gedung C UIN Maliki Malang

 

Baca juga: Contoh CV yang Baik dan Benar


Contoh Proposal : Penyelenggara /Panitia

Penyelenggara adalah organisasi, instansi atau pihak yang memiliki hajat acara tersebut. Jika acaranya besar dan susunan panitianya kompleks maka lebih baik susunan kepanitiaan dilampirkan saja. Jangan lupa untuk menuliskan contact person panitia yang bisa dihubungi.

Contoh Lampiran Kepanitiaan:

 

Lampiran 1
SUSUNAN KEPANITIAAN
PELINDUNG : Prof. Dr. Mudjia Rahardjo M.Si (Rektor UIN Maliki Malang)
PENASEHAT : Dr. H. Roibin M.H.I  (Ketua Ta’mir Masjid At-Tarbiyah)

Dr. H.  Mujaiz Kumkelo, M.H.I (Kabag. Kemahasiswaan UIN Maliki Malang)

PENANGGUNG JAWAB : Eko Priadi (Ketua LDK Masjid At-Tarbiyah)
Steering Commite (SC) : Udy Tyas
Fauzan Azim Winata
Jenny Hidayanti
A’yun Helmawati
Organizing Commite (OC)
Ketua Pelaksana : Yasir Rabbani Att (082340004060)
Sekretaris : Miftahul Muthmainnah
Bendahara : Fulanan Kholila
Sie Acara
Koordinator : Subhan Murtadho
Staff : Abdul Haris Syafei
Rizqy Rizqon Nadhif
Lely Nur Azizah
Kariba Husnayain
Sie. Pubdedok
Koordinator : Ujang Fauzan
Staff : Mochammad Yusuf H.
Ainun Fuadah Dinayah
Lailatun Nafisah
Ade Sofiarani
Sie. Perkap dan Pendanaan
Koordinator : Muhammad Naufal Humana
Staff : Siti Saniah
Benny Adianto
Huda Satrio Utomo
Rustam
Sie Perlombaan
Koordinator : Ubaidillah Al-Faisal
Staff : Sa’diyah
Fatkhul Lana Masruroh
Anna Suroyya
Zahra Annisa
Sie. Konsumsi
Koordinator : Syahrul
Staff : Sofyan Arief
Tedy Sofyan
Hanifah Hasna F.
Amalia Syarifah
Sie. Bazar
Koordinator : Rifal Andika Faisal
Staff M. Ilham Yahya
Shihabuddin Akbar A.
Farihul Amien
Ilma Waladatin N.
Salma Fauziyah

Contoh Proposal : Susunan Acara / Kegiatan

Berisi susunan acara kegiatan tersebut yang disertai dengan alur waktu kegiatan, sesuai dengan rundowan yang dibuat panitia.

Contoh:

 

SUSUNAN ACARA

Waktu Acara
07.00 – 08.00 Check in Peserta

Hiburan (Seni Religius UIN MALIKI Malang)

Pembukaan

Tilawah a-Qur’an

Sambutan Ketua Pelaksana

Sambutan dan Pembukaan oleh Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan  (Dr. H. Agus Maimun)

08.00 – 10.30 Seminar dipandu oleh Moderator

Pemaparan oleh Narasumber Pertama

(Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo, M.Si)

Pemaparan oleh Narasumber Kedua

(Anies Baswedan, Ph.D)

Pemaparan oleh Narasumber Ketiga

(Dr. Handry Satriago, MBA)

10.30 – 11.00 Diskusi Interaktif
11.00 – 11.15 Closing statement
11.15 – 11.30 Pengumuman Lomba
11.30 – 11.45 Penutupan + Hiburan

 

Contoh Proposal : Rencana Anggaran

Inilah bagian yang perlu disusun secara serius sebelum menulisnya. Yaitu perkiraan anggaran yang dibutuhkan dalam kegiatan. Rencana anggaran biasanya dilampirkan.

Contoh Lampiran Rencana Anggaran:

 

LAMPIRAN 2

RENCANA ANGGARAN

Jumlah Pemasukan Rp.     4.500.000
Jumlah Pengeluaran Rp.  19.226.000
Jumlah Kekurangan Dana Rp.  14.726.000
   

 

RINCIAN PEMASUKAN ANGGARAN
HTM peserta @Rp.20.000 x 200 orang Rp. 4.000.000
Kas Panitia Rp.     500.000
Total Pemasukan Rp.4.300.000
   

 

RINCIAN PENGELUARAN ANGGARAN
Kesekretariatan  
FC + amplop Rp.        15.000
Penggandaan proposal Rp.      100.000
FC surat menyurat Rp.         20.000
ID Card Panitia @ Rp.1500 X 58 orang Rp.       870.000
Jumlah Rp1.005.000
Acara  
Fee Pemateri @ Rp.2.000.000 X 3 orang Rp.   6.000.000
Akomodasi pemateri @ Rp. 1.000.000 x 3 orang Rp.   3.000.000
Souvenir Pemateri dan Moderator @ Rp.150.000 x 4 orang Rp.      600.000
Fee Tim Hiburan Rp.      350.000
Jumlah Rp. 9.950.000
Perlengkapan, Publikasi dan Dokumentasi  
Baleho (2×3) Rp.         90.000
Blok note  @ Rp.3000 x 200 Rp.       600.000
ID Card Panitia @ Rp.6000 x 66 Rp.       396.000
Pamflet @ Rp.3.500 x 50 Rp.       175.000
Roll-Banner @ Rp.150.000 x 2 Rp.       300.000
LCD proyektor Rp.       100.000
Sound System Rp.       300.000
Jumlah Rp.  1.961.000
Konsumsi  
Snack pemateri dan moderator @Rp. 15.000 x 4 orang Rp.         60.000
Snack peserta @Rp. 3.000 x 200 orang Rp.      600.000
Fasilitas: sertifikat @Rp. 3.000 x 200 orang Rp.      600.000
Jumlah Rp. 1.260.000
 
Bazaar  
Tenda @500.000 x 4 Rp. 2.000.000
Terpal @50.000 x 4 Rp.     200.000
Kresek @5.000 x 2 Rp.        10.000
Kwintasi @5.000 x 2 Rp.        10.000
Jumlah Rp.2.220.000
Perlombaan  
Hadiah pemenang juara terbaik lomba essai kepemudaan Rp.       500.000
Hadiah pemenang juara favorit lomba essai kepemudaan Rp.       300.000
Hadiah pemenang juara terbaik lomba short movie kepemudaan Rp.       700.000
Hadiah pemenang juara favorit lomba short movie kepemudaan Rp.       500.000
Hadiah pemenang juara terbaik lomba karikatur kepemudaan Rp.       500.000
Hadiah pemenang juara favorit lomba karikatur kepemudaan Rp.       300.000
Sertifikat pemenang @5000 x 6 Rp.          30.000
Jumlah Rp.  2.830.000
Total Pengeluaran Rp.  19.226.000

 

Contoh Proposal : Penutup

Berisi penegasan atau kesimpulan proposal yang disertai dengan ucapan terima kasih untuk para calon donatur dan sponsorship.

Proposal yang akan diserahkan ke pihak sponsor biasanya dilengkapi dengan tawaran-tawaran menarik terkait benefit yang didapat jika menjadi sponsorship. Pihak sponsor biasanya dibagi menjadi 3 atau lebih.

Sponsor Tunggal
Sponsor Non Tunggal, terdiri dari:

  • Sponsor Utama
  • Sponsor Pendukung
  • Sponsor Partisipan

Contoh Lampiran Sponsorship:

 

SPONSORSHIP
SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN 2017
LEMBAGA DAKWAH KAMPUS MASJID AT-TARBIYAH
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

KRITERIA

Untuk menyukseskan terselenggaranya kegiatan Seminar Nasional Kepemudaanyang membutuhkan  total anggaran sebesar  Rp. 19.226.000,-dan dengan kekurangan dana sebesar Rp. 14.926.000,-,  maka perlu  adanya kerjasama,partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak baikinstansi, perusahaan, maupun perorangan.

Adapun jenis bantuan partisipasi yang disediakan sehubungan dengan kegiatan tersebut adalah:

  1. Sponsor Tunggal
  2. Sponsor Utama
  3. Sponsor Pendukung
  4. Sponsor Kerjasama lain
  5. Donatur

DETAIL

Sponsor Tunggal

Sponsor Tunggal adalah pihak yang bersedia menyediakan dana sebesar 85% dari total kekurangan anggaran (Rp14.926.000,-). Dana disediakan dalam bentuk tunai dan dikukuhkan dalam perjanjian tertulis yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak. Untuk itu pihak sponsor berhak mempromosikan produk usahanya pada:

  1. Pemasangan spanduk di area kegiatan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 5
  2. Pemasangan umbul-umbul disepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 10 buah.
  3. Pemasangan nama sponsor pada fasilitas-fasilitas peserta dan panitia ( Co-Card, Block Note dan Sertifikat).
  4. Pemasangan nama sponsor pada pamflet dan baliho (30% dari luas keseluruhan).
  5. Pihak sponsor dapat memberi paket hadiah kepada pemenang.
  6. Pihak sponsor mendapat tempat untuk membuka stand promosi di Area kegiatan.

Sponsor Utama

Sponsor Utama adalah pihak-pihak yang bersedia memberikan bantuan dana sebesar 50% dari total kekurangan anggaran (Rp. 14.926.000,-). Untuk itu sponsor berhak mempromosikan produk usahanya pada:

  1. Pemasangan spanduk di area Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 3
  2. Pemasangan umbul-umbul disepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim sebanyak 5
  3. Pemasangan nama sponsor pada fasilitas-fasilitas peserta dan panitia ( Co-Card, Block Note dan Sertifikat).
  4. Pihak sponsor dapat memberi paket hadiah kepada pemenang.
  5. Pemasangan nama sponsor pada pamflet dan baliho (15% dari luas keseluruhan).

Sponsor Pendukung

Sponsor Pendukung adalah pihak-pihak yang bersedia memberikan bantuan dana sebesar 20% dari total kekurangan anggaran (Rp. 14.926.000,-). Untuk itu sponsor berhak mempromosikan produk usahanya pada:

  1. Pemasangan spanduk di area Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 3
  2. Pemasangan umbul-umbul disepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim sebanyak 5
  3. Pemasangan nama sponsor pada fasilitas-fasilitas peserta dan panitia ( Co-Card, Block Note dan Sertifikat).

Sponsor Khusus

Sponsor khusus adalah pihak sponsor yang mengadakan kesepakatan bersama dengan penyelenggara diluar bentuk sponsorship diatas. Dalam hal ini kami menawarkan kerja sama dalam bentuk barang atau jasa yang menjadi produk unggulan perusahaan:

  • Makanan dan minuman
  • Perlengkapan dokumentasi
  • Fasilitas Peserta
  • Dana Fresh Money
  • Dan Lain-lain

Donatur

Bagi perorangan, perusahaan, instansi terkait, kami tidak menutup kemungkinan untuk menerima sumbangan sukarela (donator) yang bersifat tidak mengikat.

 

 

KETENTUAN SPONSORSHIP DAN PENAWARAN ACARA
SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN 2017
LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AT-TARBIYAH
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

  1. Setiap sponsor yang berminat harus menandatangani surat perjanjian kerjasama.
  2. Semua tarif sponsorship sudah termasuk pajak design, ongkos produksi, biaya pemasangan dan pajak reklame.
  3. Syarat-syarat pembayaran
  4. Pembayaran pertama harus lunas atau minimal 50% dari nilai kontrak pada saat penandatanganan kontrak.
  5. Pembayaran kedua atas kesepakatan bersama mengenai batas akhir pembayaran tersebut
  6. Jika sampai pada tanggal yang telah disepakati bersama belum ada pelunasan maka kami berhak mencantumkan iklan sponsor hanya dengan nilai yang telah dibayarkan saja.
  7. Pembatalan partisipasi
  8. Bila telah dibayar uang muka, maka 80% menjadi hak panitia
  9. Bila telah membayar lunas, maka 50% menjadi hak Panitia, dan sisanya akan dikembalikan setelah dikurangi biaya pengiriman.
  10. Bila sponsor tunggal maka panitia berhak membatalkan paket sponsor lainnya yang telah masuk dengan mengembalikan seluruh biaya iklan yang telah dibayarkan kepada panitia.
  11. Materi Iklan berbentuk logo, nama perusahaan atau instansi maupun nama produk, design art, dan lain-lain selambat-lambatnya 1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan.
  12. Perjanjian kontrak dapat dilakukan antara pembawa proposal dengan penanggung jawab dengan pemasangan iklan.
  13. Ketentuan yang belum diatur termasuk bentuk partisipasi yang lain dapat diatur atas kesepakatan bersama. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

Sekretariat :Masjid At-Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl. Gajayana no. 50 Malang Telp (0341) 565418 – Email : ldkattarbiyah@gmail.com

Contact Person :

  1. Yasir Rabbani Attamimy (Ketua Pelaksana) : 085 656447867
  2. Muhammad Naufal Humana(Pendanaan) : 085 736 471 877
  3. Fauzan Azim Winata (Pendanaan) : 085 604490311
  4. Harap diperiksa terlebih dahulu legitimasi dan identitas pembawa proposal.

 

Itulah contoh proposal kegiatan poin per poin yang bisa saya jelaskan. Selanjutnya di bawah ini saya sajikan contoh proposal kegiatan yang berupa file word (doc) yang bisa kamu download sebagai bahan referensi.


Contoh Proposal Kegiatan DOC


Download (DOCX, 4.11MB)

Seperti itulah kira-kira contoh proposal kegiatan yang baik dan benar. Untuk Contoh Proposal Usaha/Bisnis saya bahas di laman berikutnya. Klik link di bawah ini ↓

Contoh Proposal Usaha / Bisnis / Wirausaha

============= Contoh proposal Kegiatan ==============

Leave a Comment