contoh surat pernyataan

15 Contoh Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri dan Cara Membuatnya

Hallo sobat sharing, pada kesempatan ini saya akan menyajikan banyak contoh surat pernyataan kerja, kesanggupan, sikap, belum menikah dll, beserta format dan cara penyusunannya. Kamu pasti sedang membutuhkannya. Simak yaa.

Pada zaman serba modern ini manusia semakin mudah lupa. Semakin sedikit pula orang yang punya kredibilitas tinggi, orang yang setiap kata-katanya selalu dapat dipegang, dan setiap tingkah lakunya mau dia pertanggungjawabkan.

Sehingga setiap pernyataan manusia atau instansi perlu dilegalkan dan diikat oleh hukum negara, agar tidak ada pihak yang dirugikan di kemudian hari. Nah, surat pernyataan adalah salah dokumen yang dilindungi oleh negara, dengan syarat bermaterai.

Sebelum masuk ke contoh surat pernyataan ada baiknya kita pahami sedikit tentang surat pernyataan itu sendiri.


Sekilas Tentang Surat Pernyataan


Surat pernyataan merupakan surat tertulis seseorang yang menerangkan  bahwa dirinya atau orang lain sesuai dengan apa yang tertulis dalam surat tersebut. Surat tersebut ditujukan kepada orang, kelompok masyarakat atau instansi tertentu.

Contoh surat pernyataan yang baik adalah yang memiliki kekuatan hukum. Surat pernyataan bisa memiliki kekuatan hukum negara apabila bermaterai.

Jika surat pernyataan tidak bermaterai maka hanya memiliki kekuatan hukum sosial atau norma tertentu dalam masyarakat saja. Artinya apabila ada pelanggaran dalam pernyataan hanya akan diadili oleh norma sosial dan kemasyarakatan saja.

Bentuk surat keterangan bisa bermacam-macam, seperti pernyataan pernah melakukan sesuatu atau tidak pernah melakukan sesuatu, pernyataan sikap tertentu, pernyataan kesanggupan melakukan sesuatu dan lain-lain.

Fungsi Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan kerja
document.no

Surat Pernyataan memiliki fungsi dan manfaat untuk ketiga belah pihak, di antaranya untuk pihak pembuat surat pernyataan, pihak yang dinyatakan, dan pihak penerima surat pernyataan.

Fungsi surat pernyataan bagi pembuat surat:

  1. Berfungsi sebagai alat bukti penguat yang diakui oleh pihak lain bahwa dirinya atau pihak yang dinyatakan sesuai dengan apa yang tertulis dalam surat.
  2. Berfungsi untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak penerima surat.

Fungsi surat bagi pihak yang dinyatakan:

  • Surat pernyataan berfungsi mengukuhkan/menegaskan kondisi pihak yang diterangkan, baik keterangan positif maupun negatif (bila surat dibuat oleh pihak ketiga).

Fungsi surat pernyataan bagi pihak penerima:

  1. Surat pernyataan berfungsi sebagai alat untuk meminta pertanggungjawaban apabila suatu saat pihak pembuat ingkar janji, atau apa yang dinyatakan tidak benar.
  2. Surat perjanjian berfungsi untuk memperoleh kepastian berita tentang pihak yang dinyatakan.

Format / Susunan Surat Pernyataan

Format surat pernyataan terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu nama surat, isi pernyataan, dan penutup surat.

a. Nama surat: biasanya ditulis dengan huruf tebal kapital dan rata tengah.

b. Isi surat pernyataan terdiri dari:
– Identitas pihak pembuat surat pernyataan
– Isi pernyataan, pengakuan sesuai dengan fakta yang ada
– Identitas pihak yang dinyatakan (bila surat dibuat oleh orang ketiga)

c. Penutup surat pernyataan yang terdiri dari:
– Tempat dan tanggal pembuatan surat
– Identitas pembuat surat
– Nama terang
– Tanda tangan
– Keterangan tambahan (NIP, NIM atau lainnya)
– Materai (Opsional)


Cara Membuat Surat Pernyataan


Mungkin kamu bingung bila baru pertama membuat surat pernyataan. Sekarang tidak perlu bingung lagi. Karena membuat surat pernyataan sangatlah mudah.

Surat pernyataan resmi dibuat dengan menggunakan kertas HVS. Surat pernyataan pribadi tidak perlu menggunakan kop surat. Langsung saja ke nama surat pernyataan dan seterusnya sampai tanda pengenal, kemudian belikan materai 6000 dan ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan atas nama perorangan atau kelompok.

Secara garis besar susunan dan cara membuat surat pernyataan adalah seperti yang sudah saya ulas di atas. Namun nanti di lapangan yang berbeda hanya kata-katanya disesuaikan dengan kasus pembuatan surat pernyataan.

Bagaimana kata-kata di dalam surat-surat pernyataan? Kamu bisa pelajari semua contoh-contoh surat pernyataan di bawah ini, kemudian mengeditnya sesuai dengan kasus kamu.

Nah, bila ingin menambah banyak wawasan mengenai surat pernyataan silakan tonton video berikut ini:


Contoh Surat Pernyataan Kerja


Berikut ini contoh surat pernyataan kerja yang dibuat oleh calon pegawi pada saat akan masuk menjadi pegawai perusahaan. Isinya adalah pernyataan bahwa calon pegawai memenuhi semua kriteria dan kualifikasi yang diminta perusahaan.

.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Udi Tyas
Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 12 Maret 1993
Jenis Kelamin : Laki-laki
No. KTP : 3000501989833672
Alamat Lengkap : Kelurahan Merjosari, Kec. Merjosari RT.04 RW.08, Malang

dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Saat ini saya tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan apapun atau instansi lain di manapun.
  2. Saya bersedia untuk ditempatkan bekerja di seluruh cabang perusahaan PT. Coca-cola Indonesia.
  3. Saya bersedia melaksanakan tugas pekerjaan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan perusahaan.
  4. Saya tidak akan cuti atau mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja, dengan alasan apapun.
  5. Saya tidak akan merangkap pekerjaan di tempat lain selama masa kerja di PT. Coca-cola Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari saya melakukan pelanggaran atau pernyataan ini tidak sesuai yang sebenarnya maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

Malang, 21 November 2017
Penulis Pernyataan

(materai 6000)

Udi Tyas

 

Itulah contoh surat pernyataan kerja sebagai gambaran. Kamu bisa membuatnya dalam versi kamu. Tapi harap berhati-hati dalam menuliskan kesediaan ini dan itu. Kamu harus benar-benar memahami maksud dan konskwensinya sebelum membuatnya. Jangan sampai nanti di kemudian hari kamu menyesal. Karena ini untuk jangka panjang.

Berikut ini saya sertakan contoh surat pernyataan kerja versi word yang bisa kamu edit langsung.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja


Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


Ini adalah contoh surat pernyataan kesanggupan bekerja. Meski sebenarnya surat pernyataan kesanggupan tidak hanya dalam dunia kerja.

.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

MELAKSANAKAN PEKERJAAN

 

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Abdul Rokhim

NIP                        : 3000501989833672

NUPTK                 : 300050198983

Pendidikan Terakhir   : D3 Politehnik Negeri Malang

Masa Kerja              : 2014-2016

Menyatakan bersedia bertanggung jawab untuk menerima Block Grant Peningkatan Kualifikasi S1/D4  bagi Guru dari LPMP Sumatra Barat sejumlah Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Saya berkomitmen menggunakan dana ini hanya untuk peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di Universitas Negeri Malang masa studi tahun 2017.

Demikian surat kesanggupan ini bersifat mengikat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Malang, 24 Pebruari 2016

Penerima Bantuan,

 

Abdul Rokhim

NIP. 3000501989833672

 

Itulah contoh surat pernyataan kesanggunpan yang bisa kamu jadikan acuan untuk membuat pernyataan yang semisal. Di bawah ini saya sertakan contoh surat pernyataan kesanggupan berbentuk word yang bisa kamu edit langsung.


Contoh Surat Pernyataan Sikap


Berikut ini contoh surat pernyataan sikap dalam suatu kasus di masyarakat, sehingga yang bertanda tangan cukup banyak.

.

SURAT PERNYATAAN SIKAP

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu
Alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aali wa ashabihi wamantabi’ahum biihsaanin ilaa yaumiddin

Melihat permasalahan mengenai piket jaga yang tidak kunjung selesai, kami sangat khawatir hal ini akan dapat menimbulkan kesenjangan sosial diantara warga dan tentunya tidak kita inginkan bersama. Oleh karena itu kami warga RT 42, RW 16 Perum Tosari Indah Persada memberikan pernyataan sikap sebagai berikut :

Kami yakin bahwa pemberlakuan piket jaga dan denda bagi yang absen itu sangat memberatkan beberapa warga yang dikuatkan oleh beberapa fakta dari ketidakhadiran mereka dan adanya warga yang tidak mau bayar.

Rencana penarikan dana keamanan sebesar Rp. 20.000 guna membayar tenaga keamanan yang hanya bersifat formalitas hal ini juga  kami anggap memberatkan dan kurang tepat.

Oleh karena itu kami mendesak saudara Ketua RT 42 untuk segera menghapus pemberlakuan piket jaga berikut dengan denda-dendanya, uang ganti keamanan, uang jimpitan dan penarikan dana-dana lain yang dianggap tidak penting.  Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap warga yang tinggal di lingkunngan RT 42.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat sebagai wujud kasih sayang, saling menghormati diantara sesama dan menasehati dalam kebaikan dan kebenaran.

wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Kediri, 30 Mei  2011

 

Kami warga Perum Tosari Indah Persada RT:42 RW:16

 

1. 1.
2. 2.
3. 3.
4. 4.
5. 5.
6. 6.

 

Ada banyak contoh surat pernyataan sikap, namun intinya sama yaitu seperti penjelasan saya di awal. Di bawah ini saya lampirkan contoh surat pernyataan sikap bentuk PDF. Silakan di download.

Download (PDF, 128KB)


Contoh Surat Pernyataan Diri


.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

No. Registrasi Pendaftaran:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Agama:

Pendidikan:

Alamat:

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya:

  1. Saat ini tidak memiliki ikatan dinas atau beasiswa jenis yang sama dari pihak Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.
  2. Tidak pernah melakukan pelanggaran hukum/tindak pidana kriminal apapun yang menyebabkan saya dipenjara atau dikurung.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat ataupun dengan hormat, baik dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta.
  4. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ Pegawai Negeri Sipil
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan saya bersedia diproses berdasarkan hukum dan aturan yang berlaku apabila di kemudian hari pernyataan saya ini tidak benar.

………………………

Yang membuat pernyataan

………………………


Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah


Contoh surat pernyataan belum menikah biasanya dibuat oleh pihak wanita. Kalau pihak pria tidak ada bedanya membuat atau tidak membuat surat pernyataan. Akan sulit dibuktikan. Tapi juga tidak menutum kemungkinan pihak lelaki membuatnya.

.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Anisa Keyla Putri

Jenis Kelamin: Wanita

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 21 Juni 1994

Agama: Islam

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jl. Timoho Timur Rel No. 21 A Yogyakarta

 

Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa hingga saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum Agama maupun hukum Negara dan benar- benar masih gadis.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari siapun.

Yogyakarta, 21 Desember 2016

 

Yang Membuat Pernyataan,

Anisa Keyla Putri

Itulah contoh surat pernyataan belum menikah yang bisa kamu tiru untuk membuat surat yang sama. Jika tidak ingin repot kamu bisa download contoh surat pernyataan belum menikah versi word berikut ini, untuk kamu edit.


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian


Contoh surat perjanjian tentang persiapan sebelum SBMPTN ini hanya salah satu kasus dari sekian banyak kasus perjanjian. Nanti kamu bisa buat dalam kasus lain.

.

SURAT PERJANJIAN SUPER CAMP

SBMPTN 2017

Salman Edukasi

Estubizi Coworking Space ( atau tempat lain sesuai perjanjian )

Jalan Wolter Monginsidi No. 71, Kebayoran Baru, RT.1/RW.4, Kota Jakarta Selatan 12180

HP: 0812-8753-4419

Email: kabar@salmanedukasi.com

Estubizi Coworking Space ( atau tempat lain sesuai perjanjian )

 

Surat Perjanjian Kerjasama Program Super Camp

SBMPTN 2017

 

Perjanjian ini dibuat pada tangga18  bulan April tahun 2017 oleh dan antara:

 

Nama : Salman Edukasi
Status : penyedia jasa Super Camp Salman yang berlamatkan di Estubizi Coworking Space.
Alamat : Jalan Wolter Monginsidi No. 71, Kebayoran Baru, RT.1/RW.4, Kota Jakarta Selatan 12180
(untuk selajutnya disebut PIHAK PERTAMA)

Dan

Nama : Bapak/Ibu: (Suratman, S.Pd )
Alamat : Jln. Sedayu, no. 06, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12181
(untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA)

Bahwa sehubungan dengan rencana PIHAK KEDUA untuk mempersiapkan anak bernama ………………….……… mengikuti SBMPTN dan memerlukan jasa bimbingan belajar dan pembinaan yang diadakan oleh pihak pertama pada bulan Mei – Juni tahun 2017* di lokasi yang sudah disiapkan.

Bahwa PIHAK PERTAMA menyediakan jasa bimbingan belajar dan pembinaan yang diberi nama Super Camp SBMPTN dan memiliki sumber daya tutor yang kompeten serta materi ajar (modul) dan soal latihan yang diperlukan untuk mendukung (…………………….) mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2017.

Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, maka PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA setuju hal-hal sebagai berikut:

  1. Kewajiban PIHAK PERTAMA

PIHAK PERTAMA memiliki kewajiban:

  • Menyediakan tempat pelaksanaan kegaiatan proses belajar mengajar selama proses Super Camp. Super Camp baru akan dibuka dengan jumlah minimal 4 peserta per tahun dan maksimal 20 peserta per tahun untuk jurusan IPA & IPS.
  • Menyediakan materi pelajaran berupa modul dan materi soal-soal latihan SBMPTN
  • Menyediakan atau menjamin makan 3x sehari, kecuali saat peserta pulang, peserta Super Camp sebagaimana waktu yang akan dilampirkan kemudian.
  • Menyediakan Try out sesuai jadwal yang diberikan
  • Menyediakan fasilitas internet dan laundry untuk peserta bimbel super camp salman selama periode program
  • Memberikan laporan tentang perkembangan siswa dan hasil try out siswa lewat email maupun tertulis jika diminta oleh orang tua.
  • Menjalankan kegiatan psikotes (atau analisis minat bakat dengan sidik jari), workshop, campus visit, out bound, dan bakti sosial sesuai jadwal kecuali terjadi perubahan terkait waktu dan konten kegiatan yang akan diinfokan kepada siswa dan orangtua/wali.
  1. Kewenangan PIHAK PERTAMA

PIHAK PERTAMA memiliki kewenangan:

  • Membina dan menerapkan peraturan terhadap peserta Super Camp
  • Memberikan arahan dan sanksi yang mendidik kepada peserta Super Camp.
  • Membatalkan kerjasama di tengah jalan terkait pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa dengan pengembalian uang sebesar selisih dari biaya yang sudah dikeluarkan.
  1. Kewajiban PIHAK KEDUA

PIHAK KEDUA memiliki kewajiban:

  • Membayar biaya registrasi sebesar Rp.15.000.000 (lima belas juta rupiah) pada saat setuju melakukan pendaftaran.
  • Melunasi biaya program Super Camp SBMPTN sesuai dan sebesar yang tertera pada periode pendaftaran masing-masing paling lambat dua minggu setelah biaya registrasi diterima.
  • Melakukan komunikasi rutin dengan dengan PIHAK PERTAMA sekaligus ikut melakukan pengawasan terhadap peserta Super Camp SBMPTN saat berada di rumah terutama soal disiplin belajar dan kesehatan.
  • Menyetujui Standard Operating Procedure dan peraturan terlampir yang akan diterapkan kepada setiap peserta.
  1. Perjanjian ini hanya berlaku selama periode Super Camp SBMPTN

2017

  1. Tidak ada penjaminan kelulusan peserta Super Camp SBMPTN 2017

pada SBMPTN, yang ada adalah kebijakan garansi uang kembali sebagai

berikut

  1. Jika, terjadi kesepakatan bahwa program dibuka dengan jumlah peserta kurang dari 4, maka kewajiban pengembalian uang selisih saat peserta tidak lulus SBMPTN akan gugur dari PIHAK PERTAMA.
  2. Pembatalan keikutsertaan Super Camp dengan konfirmasi paling lambat dua minggu sebelum kegiatan dimulai akan diikuti dengan pengembalian biaya program hanya sebesar 40%. Pembatalan paling lambat diajukan seminggu sebelum pelaksanaan.
  3. Jika peserta diterima SNMPTN (jalur undangan) dan tidak ingin melanjutkan Super Camp Salman, maka besaran pengembalian uang adalah 40%
  4. Jika peserta tidak diterima SBMPTN, maka besaran pengembalian uang adalah selisih biaya kegiatan yang dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA (lebih kurang 30%, PIHAK PERTAMA wajib memberikan rincian).
  5. Ketentuan garansi adalah sebagai berikut:
  6. Peserta mengikuti setidaknya 90% sesi belajar selama Super Camp Salman
  7. Peserta mengikuti 90% Try Out yang diadakan
  • Peserta mengikuti SBMPTN pada tahun 2017
  1. Peserta mengikuti hasil rekomendasi jurusan setelah musyawarah antara orang tua dan manajemen menyikapi hasil psikotes dan evaluasi prestasi belajar
  2. Peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diagendakan kecuali atas izin yang diberikan manajemen untuk tidak mengikutinya
  3. Perbedaan yang timbul atas perjanjian ini dan hal-hal yang belum diatur akan diatur kemudian.
  4. Perbedaan atau disputepada perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.

 

Mengetahui,

Pihak pertama  Pihak Kedua

 

(…………………)

(……………………….)

Surat pernyataan perjanjian memang biasanya panjang. Karena banyak hal yang perlu dinyatakan dan dipertegas di awal. Berikut ini saya sertakan contoh surat pernyataan perjanjian bentuk word yang bisa kamu edit:


Contoh Surat Pernyataan Hutang

CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG
pixabay.com

Berikut ini saya sajikan contoh surat pernyataan hutang dalam versi word yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan.


Contoh Surat Pernyataan Bermaterai


Untuk surat contoh pernyatan bermaterai hanya dapat ditampilkan versi gambar scan. Karena memang materai adalah hal yang sakral di negara ini hehe.

Contoh surat Pernyataan Bermaterai PDF

Download (PDF, 251KB)


Contoh Surat Pernyataan Jual Beli


.

PERJANJIAN JUAL BELI TANDAN KELAPA SAWIT

ANTARA:           PT…………………….DENGAN :…………………………….     

                                                                                                       

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

NAMA           :

ALAMAT         :

Bertindak untuk dan atas nama PT……………………..

NAMA          :

ALAMAT          :

Kedua belah pihak sepakat mengadakan perjanjian jual beli tandan buah segar(TBS) yang berasal dari kebun milik pihak kedua (II) yang akan di uraikan dalam pasal-pasal tersebut di bawah ini :

Pasal I

Pihak pertama bersedia membeli tandan buah segar (TBS) di desa ………….

Pasal II

Pembelian tandan buah segar (TBS) dari pihak kedua adalah berdasarkan FRANCO PKS PT……………….

Pasal III

1. Pemanenan dari seluruh areal kebun /gudang sawit (ram) dilakukan berdasarkan hari terima yang diatur bersama PT…………………….

2. penyerahan tandan buah segar (TBS) harus di sertai dengan surat pengantar /penyerahan (DO) sesuai kesepakatan bersama

 

  PASAL IV               

Jumlah tandan buah segar (TBS) pihak kedua perharinya perharinya harus di sesuaikan dengan kemampuan pabrik dan mempunyai kriteria buah yang baik seperti :                                                      

  1. Tandan buah segar (TBS) harus dalam keadaaan matang sesuai dengan kriteria panen
  2. Berat tandan buah segar (TBS) yang di beli minimal 6 kg keatas PASAL V mutu panen pihak kedua harus memenuhi persyaratan dari PT………….. sebagai berikut:
  • FRAKSI 00 dan 0 tidak diterima
  • Fraksi 2 dan 3 dengan jumlah min :60%
  • Fraksi 5 max : 5%
  • Berondolan : 1,25% dari berat TBS keseluruhan
  • tandan tidak boleh bertangkai panjang (max 25 CM)

PASAL VI     

apabila pihak kedua mengirimkan buah yang ilegal (melanggar hukum ) sehingga terjadi  gugatanoleh pihak  ketiga maka pihak kedua bertanggung jawab sepenuhnya atas hal tersebut  diatas/pihak pertama terlepas dari segala tuntutan dari pihak manapun yang menyangkut tandan buah segar (TBS ) kejahatan tersebut.

PASAL VII

  1. pihak I dan II telah sepakat pemotongan wajib utk TBS sebesar 3%
  2. Apabila terjadi penyimpangan dalam penyerahan mutu panen tandan buah segar (TBS) yang di serahkan pada PT………………akan   dikenakan potongan sesuai  dengan buahnya selain potongan  Misalnya buah abnormal ,busuk,buah pasir,sampah atau yang dapat mengganggu mutu produksi .
  3. apabila PKS rusak dan tidak bisa terima TBS pihak I akan memberitahukan kepada pihak II untuk  tidak memasukkan TBS kembali
  4. Apabila pihak II melalaikan kewajiban atau tidak mampu lagi menyerahkan atau TBS pada PT. . . ., pihak II tidak boleh menyerahkan atau mengalihkan SP kepada pihak lain.

PASAL VIII     

  penimbangan tandan buah segar (TBS) yang menjadi dasar perhitungan hasil di lakukan di jembatan Timbangan PKS PT………………….Dan di catat pada syarat pengantar sebagai tanda terima terakhir terima TBS yang di timbang pukul 17 wib

Mengetahui

Pihak Penjual

 

Pihak Pembeli

 

Itulah contoh surat pernyataan jual beli yang ada di masyarakat pada umumnya. Berikut ini saya sertakan contoh surat pernyataan jual beli dalam bentuk word yang bisa kamu edit:

 

Leave a Comment