contoh cover makalah dan proposal

20 Contoh Cover Makalah & Proposal Menarik Serta Cara Membuatnya

Mungkin sobat pernah  diberi tugas  untuk membuat  makalah oleh  guru maupun  dosen. Bagi sobat yang baru pertama kalinya membuat makalah mungkin akan bingung untuk  memulainya. Disini kami akan berbagi  hal yang paling penting dari makalah. Hal tersebut  adalah sampul makalah atau sering disebut cover makalah.  Pembuatan cover makalah mungkin hal yang tidak diperhatikan oleh banyak orang atau  sepele, namun  akan terasa sulit jika kita tidak mengetahui caranya, sobat.

Sebenarnya pembuatan cover atau sampul makalah itu berbeda-beda sobat tergantung  pihak yang memberi tugas atau memang sudah ada ketentuan masing-masing dari tiap instansi. Namun disini kita akan berbagi cara membuat cover secara umum atau yang paling sering digunakan oleh sobat.


Cara Membuat Cover Makalah


Pembuatan cover makalah yang paling sering dipertanyakan adalah bagaimana formatnya? Adapun  Komponen yang penting dalam sampul makalah adalah :

  1. Judul Makalah

Judul  adalah unsur utama dalam sampul, dimana pembaca dapat mengetahui sekilas tentang isi makalah tersebut dari judul. Supaya mudah dipahami buatlah judul yang jelas, menarik dan baik. Untuk formatnya,  judul  diletakkan ditengah bagian atas.  Font yang digunakan standartnya  menggunakan  arial, times new roman, atau calibiri  dan  ditulis dengan huruf kapital. Lebih baik di cetak Bold untuk memperjelas pembaca.

  1. Tujuan Makalah

Karena setiap makalah memiliki tujuan, maka  wajib dletakkan didalam  sampul makalah sobat.  Tujuan dibuatnya makalah ini diletakkan dibagian bawah judul dengan font yang lebih kecil. Bisa dengan font  ukuran 12 jika judul menggunakan font 14. Jangan lupa menggunakan huruf kapital disertiap awal kata.  Seperti :  “Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi  Tugas Matakuliah Sejarah Peradaban Islam”.

  1. Logo atau Gambar

Logo merupakan  identitas dari makalah tersebut. Biasanya menggunakan logo dari masing-masing  instansi. Formatnya  diletakkan pas ditengah sampul, namun jika tidak mempunyai logo bisa diisi dengan garis- garis. Karena  selain sebagai identitas logo atau gambar digunakan  mengisi bagian sampul tengah  supaya tidak kosong jadi bisa diganti dengan garis atau gambar yang lain.  Ukuran logo disesuaikan dengan sampul,  tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

  1. Data Penulisan Penyusunan Makalah

Dalam proses penyusunan makalah akan melibatkan individu maupun banyak pihak. Nah untuk itu, informasi penyusunan  perlu untuk ditulis dalam sampul makalah. Jika disusun  secara kelompok, nama-nama kelompok ditulis dengan lengkap dan benar. Biasanya ditulis beserta nomer induk atau nomer yang lainnya.

Fungsi dari penulisan penyusun ini tidak lain untuk menjaga keotentikan makalah tersebut. Menunjukkan  bahwa nama-nama yang tertulis dalam sampul makalah tersebut adalah penyusun  hasil karya  makalah dan yang pastinya  menghindari karya tersebut di klaim oleh orang lain.

  1. Nama Instansi

Nama instansi merupakan hal yang harus disertakan dalam sampul makalah. Hal ini menunjukkan  Makalah ditulis dalam lingkup instansi tersebut.Seperti nama  universitas, sekolah menengah atau instansi lainnya.  Jika instansi tersebut adalah Universitas, maka nama jurusan dan fakultas juga harus disertakan untuk memperjelas informasi dalam sampul makalah.

  1. Tahun Pembuatan

Pemberian tahun pembuatan dalam sampul makalah merupakan unsur yang  penting ya sobat.  Hal ini bertujuan untuk memberi informasi  kapan makalah tersebut disusun dan diselesaikan . Selain itu untuk pertimbangan apakah makalah tersebut  masih relevan atau tidak, dan merupakan karya terbaru atau sudah lama.  Sebagai referensi  pembuatan makalah atau karya tulis yang lain.

Format letaknya di bagian tengah sobat. Supaya lebih cepat bisa menggunakan keyword Ctrl +A, lalu Ctrl + E .

Untuk lebih jelasnya , sobat bisa lihat contoh cover makalah berikut ini:


Contoh Cover Makalah


Cover Makalah #1

 

 

.

MAKALAH

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengaruh Pendidikan Agama terhadap Karakter Anak
Makalah ini disususun untuk memenuhi tugas akhir semester II

contoh cover makalah

Disusun Oleh:

Siti Romlah          (15640237)
Imam Mustofa     (15640015)
Thohir Ali Imron  (15640097)
Novia Dewi          (15640108)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHUM

FAKULTAS ILMU  TARBIYAH DAN KEGURUAN

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MALANG

2017

.

Baca juga Contoh Daftar Isi dan Cara Membuatnya

Cover Makalah #2

contoh cover makalah

Cover Makalah #3

 

.

LAPORAN PRAKTIKUM MEKANIKA TANAH II
DIRECT SHEAR TEST
KELOMPOK 1

contoh cover makalah

Dosen : Prof. Ir. Indarto, DEA

 

Anggota Kelompok:

Fahrul Rozi                                                 (10111510000075)
Rendro Kartiko                                          (10111610000045)
Michael Gabrin                                          (10111610000047)
Ainul Fahmi                                               (10111610000048)
Fikri Aiman                                                 (10111610000049)
Nur Fitri Z                                                   (10111610000050)

PROGRAM STUDI D IV TEKNIK INFRASTRUKTUR SIPIL
FAKULTAS VOKASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
SURABAYA
2017

.

Artikel terkait: Contoh Makalah Lengkap Beserta Panduan Penyusunannya


Cara Membuat Cover Proposal


Setelah mengetahui  cara membuat sampul makalah, sobat juga bisa belajar membuat sampul proposal disini. Buat kalian yang suka berorganisasi pastinya sering mengajukan proposal untuk membantu menyukseskan kegiatan organisasi kalian.

Sobat tau gak,  apa sih proposal  itu? Proposal dalam Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu  rancangan kegiatan yang akan berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sisitematis dan terperinci. Proposal dapat berupa proposal kegiatan, proposal usaha atau jenis proposal yang lain.

Membuat cover proposal tidak kalah pentingnya dengan membuat proposal itu sendiri. Karena  kesan pertama seorang melihat sesuatu adalah dari covernya. Berhubung proposal ini  akan di ajukan  kepada suatu instansi atau perorangan, maka hal pertama yang dilihat dari proposal itu sendiri adalah cover  atau sampul proposal.  Cover proposal juga akan menjadi bagian yang  berpengaruh akan diterimanya proposal sobat.

Sebelum membuat cover proposal, sobat harus tau perbedaan cover makalah dan cover proposal . Karena makalah adalah karya yang bersifat kaku atau resmi  dan biasanya ditulis untuk memenuhi tugas. Namun proposal berbeda dengan makalah.  Proposal bersifat lebih fleksibel dan bebas. Karena bertujuan untuk menarik perhatian suatu instansi ataupun perseorangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan cover proposal antara lain

Desain Cover Proposal

Desain cover bertujuan untuk memikat pembaca. Dengan membuat cover yang kreatif dan semenarik mungkin  membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca kehalaman selanjutnya.

Adapun desain-desain yang bisa digunakan antara lain

  • Desain dengan aksen geometris

Desain ini cocok untuk pengajuan proposal  kepada perusahaan yang berhubungan dengan dunia digital dan teknologi .

  • Desain dengan Warna yang minimalis

Kesalahan yang sering dilakukan teman-teman  yaitu berfikir bahwa  proposal harus semuanya full color. Tapi perlu diketahui bahwa  tidak semuanya cover yang fullcolor  itu bagus. Hal itu tergantung pada perpaduan warnanya ,jika warnanya tidak cocok akan membuat kesan tidak bagus. Kadang warna yang sederhana justru akan membuat cover sobat lebih elegan.

  • Menyisipkan image fotografi

Tips ini bisa jadi digunakan sebagai cover alternative. Dengan gambar yang bagus dan tambahan tipografi atau font yang sesuai. Tipe ini cocok untuk proposal untuk kegiatan traveling ataupun fotografi.

  • Penggunaan white space

Desain cover ini sangat recommended bagi sedang melakukan penghematan, karena hanya menggunakan  warna hitam dan putih sudah  memberi kesan sederhana namun sangat professional.

  • Full Color

Desain cover ini sering digunakan untuk kegiitan yang meriah dan memberi kesan ramai.  Menjadi sangat menarik jika perpaduan warnanya cocok dan sesuai dengan tema proposal.

Komponen Sampul

Selain desain yang menarik, Komponen dalam cover juga harus diperhatikan.  Bagian-bagian yang harus disertakan dalam cover yaitu nama kegiatan beserta tanggal pelaksanaan ,  Judul proposal,   tim penyusun proposal serta  tagline yang memikat pembaca seperti “Join With Us ” atau yang lainnya.

Pada dasarnya cover mewakili isi proposal itu sendiri. Maka tulislah dalam informasi dalam cover tersebut secara singkat padat dan memikat.

Demikian cara membuat cover proposal. Sobat bisa memilih desain dan penulisan sesuai dengan jenis proposal yang sobat ingin ajukan Setiap proposal mempunyai karakteritik masing-masing dan semoga tips ini bisa membantu sobat.


Contoh Cover Proposal Kegiatan


Cover proposal kegiatan sangatlah penting. Karna cover adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon donatur atau calon sponsorship. Darinya akan timbul kesan dan stigma, apakah proposal kamu layak diterima atau tidak. Nah, sebaik-baik cover proposal kegiatan adalah yang matching dengan bentuk dan nuansa kegiatannya.

contoh cover proposal kegiatan 4
scribd.com

 

contoh cover proposal kegiatan 2
scribd.com

 

contoh cover proposal
sharingkali.com
contoh cover proposal kegiatan
scribd.com

 

contoh cover proposal kegiatan
scribd.com

 

contoh cover proposal kegiatan
scribd.com
contoh cover proposal kegiatan 7
scribd.com
contoh cover proposal kegiatan
scribd.com
contoh cover proposal kegiatan
scrib.com

 

contoh cover proposal kegiatan
sharingkali.com

 

Nah, itulah contoh cover proposal kegiatan yang dapat saya sajikan dari berbagai bentuk kegiatan. Tentu, seharusnya kamu sudah ada gambaran, mirip dengan yang mana nanti cover proposalnya.


Contoh Cover Proposal Penelitian


contoh cover proposal kegiatan penelitian 2
scribd.com

 

contoh cover proposal penelitian
scribd.com

Contoh Cover Proposal Usaha


Barang kali kamu sedang mendapat tugas kewirausahaan, atau ingin mengajukan proposal usaha ke dinas tertentu. Pastinya harus membuat proposal usaha yang layak. Meski sederhana, cover proposal juga cukup menambah nilai ples proposal kamu. Cover proposal yang menarik dan maksimal menandakan bahwa kamu serius ingin menggeluti usaha ini, kan. Makanya contoh nih, cover proposal-proposal yang super joss..

contoh cover proposal usaha makanan 2
scribd.com

 

contoh cover proposal usaha
scribd.com

 

contoh cover proposal usaha makanan
scribd.com

 

contoh cover proposal usaha

 

contoh cover proposal usaha
scrib.com

Mungkin kita cukupkan dulu sharingnya. Semoga bermanfaat ya sobat sharingkali. Boleh di share, tapi jangan lupa sertakan sumbernya yaa 😉

Leave a Comment