8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap

Halo sobat sharing, kali ini kita mau mengulas tentang contoh pidato singkat. Sebelum lompat ke contohnya kita mau membahas tentang pengertian pidato terlebih dahulu, sebenarnya apa sih pidato itu?

Pidato menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukan orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Tujuan pidato itu sendiri yaitu untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengarnya serta menciptakan keadaan yang kondusif dimana hanya perlu satu orang saja yang melakukan pidato.

Pidato merupakan kegiatan yang tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Ada beberapa orang menemui kesulitan dalam melakukan pidato. Hal itu disebabkan oleh beberapa factor yang mungkin sobat juga merasaknnya, seperti kurang percaya diri, mengalami demam panggung atau factor yang lainnya.

Melakukan pidato tentunya akan berhadapan dengan khalayak ramai, dimana membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Untuk itu sobat yang baru pertama kalinya melakukan pidato atau masih dalam tahap pemula sebaiknya mempersiapkan pidato secara matang, dengan latihan yang terus menerus supaya ketika berpidato bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga sobat yang sudah biasa melakukan pidato, bukan berarti lantas tidak melakukan persiapan. Kalian juga harus melakukan latihan namun frekuensinya sedikit berkurang karena sudah tidak banyak menemui kesulitan.

Untuk itu kita memberi contoh pidato singkat kepada sobat sebagai salah satu persiapan buat kalian. Hal yang perlu diperhatikan sebelum pidato yaitu topik, disini kita akan memberi contoh pidato singkat mengenai pendidikan.

Sobat bisa menyesuaikan isi pidato dengan objek pidato kalian. Sebagai contoh, semisal sobat ingin berpidato dalam forum remaja, kalian bisa berpidato dengan topik kenakalan remaja. Jika sobat ingin akan berpidato dalam organanisasi daerah, bisa  berpidato mengenai potensi daerah, serta  masih banyak topik yang bisa kalian cari.

Bahasa yang tegas dan jelas wajib dimiliki oleh orang yang akan berpidato, supaya isi pidatonya dapat tersampaikan dengan tepat dan tidak menimbulkan kebingungan. Begitu juga wawasan yang luas perlu dimiliki oleh sobat, karena isi pidato akan memberi pengaruh yang besar kepada khalayak, maka sampaikan pidato yang positif dan berkualitas.


Jenis-Jenis Tehnik Pidato


Sekali lagi, pekerjaan pidato bukanlah hal yang mudah. Maka orang-orang menggunakan berbagai macam tehnik (cara) agar bisa tampil dengan maksimal. Setidaknya ada 4 tehnik berpidato yang sering digunakan:

  1. Tehnik Pidato Impromtu

Tehnik impromtu disadur dari kata ‘improvisasi’. Jadi pembicara berpidato tanpa persiapan apapun, atau spontanitas. Cara ini sangat tergantung pada jam terbang pembicara serta kemampuannya dalam berfikir cepat dan menyusun kata-kata. Kelebihan tehnik ini ialah pembicara dapat menguasai panggung sepenuhnya. Kekurangannya, sering kali banyak poin-poin penting yang terlewat/terlupa untuk disampaikan.

  1. Tehnik Pidato Ekstemporan

Yakni tehnik pidato dengen menyiapkan poin-poin penting yang ingin disampaikan sebelum berpidato. Tehnik ini dirasa yang paling elegan. Karna tidak terlalu konseptual juga tidak terlalu bebas.

Kelebihan tehnik ini ialah pidato terasa lebih natural (mengalir), tapi juga masih tetap dalam koridor tema yang sudah ditetapkan. Kekurangannya kadang pembahasan kurang mendetail dan mendalam.

  1. Tehnik Pidato Naskah

Sesuai namanya, tehnik ini dilakukan dengan menyusun naskah secara utuh, kemudian dibaca saja dalam pidato. Pastinya kamu sudah sering kan menjumpai tehnik pidato ini. Kelebihan metode ini, semua ide dan poin penting tersampaikan dengan sempurna, bahkan utuh beserta sistematika kalimat dan redaksinya. Namun kekurangannya seringkali nada terlalu datar, monoton dan membuat audience mengantuk. Karna tidak ada kontak komunikasi antara pembicara dan pendengar.

  1. Tehnik Pidato Menghafal

Bisa dibilang tehnik ini setingkat lebih sulit dari pada pidato naskah. Pembicara menyiapkan naskah pidato, kemudian menghafalkannya sesuai dengan teks di dalam naskah tersebut. Kelebihan tehnik ini hampir sama dengan pidato naskah, yakni isi pidato lebih terstruktur dan rapih. Namun kekurangannya sering kali pembicara menjadi lupa dan grogi kemudian semakin lupa. Wahh gak kebayang kan kalau baru setengah pidato, kemudian semua ingatanmu hilang 😀

Nah, itulah 4 tehnik pidato yang sering digunakan. Kamu bisa memilih yang paling cocok buat kamu.


Isi Pidato


Salah satu ciri pidato yang baik ialah sistematika yang runtut. Sehingga para pendengar atau audiens bisa menangkap dengan baik isi pidato. Umumnya susunan pidato terdiri dari hal-hal berikut ini:

  1. Pembukaan

Di bagian ini biasanya ada ucapan salam pembuka, penghormatan, dan pendahuluan mengenai topik yang dibahas.

  1. Bagian Isi

Bagian pokok fikiran yang ingin disampaikan oleh pembicara. Isinya berupa paparan suatu hal, diikuti dengan alasan, bukti dan contoh. Tentu saja pada point ini penyampaian pembicara harus lantang dan jelas, sebagai penekanan bahwa itulah point penting yang ingin disampaikan.

  1. Bagian Penutup

Bagian penutup biasanya berupa berisi kesimpulan serta ajakan (bahasa persuasif) dari pembicara kepada hal-hal tertentu. Kalimat penutup berupa permohonan maaf, terima kasih dan salam penutup.


Contoh Pidato Singkat


contoh pidato singkat
deepawali.co

 

Assalamu’alaikum wr.wb

Yang saya hormati Kepala Sekolah MA Al- Mahrusyah  Kota Kediri

Yang saya hormati seluruh guru MA Al-Mahrusyah kota Kediri beserta stafnya

Dan Teman-teman yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala  dengan ucapan Alhamdulillah, atas kehendak Nya kita diberi kesempatan untuk berkumpul di sini dalam acara lepas kenang kelas XII MA Al-Mahrusyah Kota Kediri tahun 2017 dalam keadaan Islam dan Iman masih didalam dada kita.

Sholawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar, Nabi agung, Nabi Muhammada Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yang telah membawa lentera islam dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

Saya mengucakan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berpidato disini. Saya selaku perwakilan dari kelas XII akan berpidato mengenai pentingnya pendidikan. Setiap anak bekewajiban memperoleh pendidikan yang layak, baik pendidikan formal maupun non-formal. Pada pelaksanaanya pendidikan juga harus sama rata tanpa melihat latar belakang peserta didik. Kita disini haruslah bersyukur karena dapat mengenyam pendidikan yang layak, diluar sana masih banyak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak.

Pendidikan formal adalah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dalam suatu lembaga pendidikan yang mempunyai kurikulum yang sistematis sesuai dengan tingkatannya. Selain itu pendidikan ini juga telah diakui oleh pemerintah. Seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas(SMA), dan sekolah yang setingkatnya seperti yang kita jalani saat ini.

Pendidikan sangatlah penting bagi kita teman-teman. Mengapa demikian? Karena pendidikan sangat dibutuhkan dalam kehidupan dan masa depan. Dengan mendapatkan pendidikan hidup akan terarah , semakin baik serta pola pikir kita kan terbentuk lebih baik lagi sehingga tumbuhlah generasi-generasi bangsa yang yang unggul, cerdas dan berprestasi. Dan yang terpenting adalah memajukan negara kita, yaitu Indonesia.

Di zaman era digital ini kita dimudahkan untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat dan lebih banyak, namun hal in dapat berdampak positif dan negatif bagi pendidikan di Indonesia. Derasnya arus informasi ini kita dituntut untuk pandai-pandai memilah informasi dan memanfaatkannya dengan maksimal. Peran guru disini sangat dibutuhkan karena siswa pun tidak serta merta mampu menghadapi keadaan yang sedemikian rupa, sebagai guru kita berharap dapat membimbing serta mengarahkan kita supaya tidak terjebak pada jalan yang salah. Pendidikan di sekolah formal juga kita harap juga mendukung perkembangan zaman saat ini, dengan menyediakan sarana dan prasarana teknologi yang baik dan layak. Dengan sarana yang mendukung, peserta didik pasti akan dapat menjalankan kgiatan belajar mengajar dengan baik dan maksimal.

Bapak ibu guru dan teman-teman yang berbahagia.

Dalam suatu Hadits meyebutkan yang artinya “Tuntutlah ilmu sejak dalam buaian hingga liang lahat”. Hadist tersebut menguatkan betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua, setelah kita lulus dari sini bukan berarti tugas kita sebagai siswa sudah selesai, namun setelah ini adalah fase awal yang lebih berat lagi, dan itu bisa kita hadapi dengan belajar.

Saya selaku perwakilan siswa kelas XII mengucapkan banyak terimaksih kepada seluruh guru yang telah ikhlas memberikan ilmu dan membimbing kita selama tiga tahun. Kepada adik-adik kelas kita berharap hal yang kita lakukan selama ini jadikanlah teladan bagi kalian, jika itu adalah hal yang positif. Namun jika itu justru sebaliknya kita mohon jangan ditiru. Harapan kami juga adik-adik kelas dapat menjadi generasi yang lebih baik lagi dari angkatan kami. Kepada teman-teman dan bapak ibu guru, kami minta do’anya untuk kami, supaya dapat melanjutkan cita-cita serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

Kami juga meminta maaf kepada semua civitas akademik, atas kesalahan kami selama tiga tahun. Mulai dari bolos jam pelajaran, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) , dan kesalahan lain. Kita juga menyadari ketika bapak ibu guru marah dan tegas kepada kita itu menunjukkan bahwa hal itu bertujuan baik untuk kita karena seperti tadi pendidikan adalah hal yang sangat penting. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah menemani  kita untuk menjalani proses pembelajaran selama tiga tahun.

Singkat dari saya, Wallahu A’lam bis Showab

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah


Dalam perpisahan sekolah, seringkali ada perwakilan siswa yang memberikan pidato. Kesempatan pidato ini bisa diguanakn sebagai sarana melatih mental dan kemampuan public speaking. Berikut ini contoh pidato perpisahan sekolah

contoh pidato perpisahan sekolah
scribd.com

 


Contoh Pidato Tentang Pendidikan


Salah satu topik yang sering dibahas anak-anak sekolaha dalah pendidikan. Inilah contoh pidato tentang pendidikan yang dibuat oleh saudari kita Nurul Intan Nabila:

 

Teks Pidato

Tema                          : Pendidikan Berkarakter Bagi Indonesia

Pembaca Pidato         : Nurul Intan Nabila


Assalamu’alaikum Wr Wb, salam sejahtera bagi kita semua.

Alhamdulillah, saat ini kita masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk berkumpul bersama di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun.Tidak lupa pula, marilah kita panjatkan salawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya hingga akhir zaman.

Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak, Ibu, dan Teman-teman yang telah hadir pada pagi hari ini. Singkat kata, perkenalkan nama saya Nurul Intan Nabila dari SMA PLUS NEGRI 17 PAELMBANG.

Baiklah saudaraku sekalian, kita semua tahu masa muda hanya dapat kita rasakan satu kali dalam hidup. “Masa muda, masa yang berapi-api” sesuai dengan petikan lagu Bang Haji Rhoma tersebut sangat tepat untuk kita para pemuda-pemudi Indonesia yang sedang menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Karena, seorang pemuda penerus Bangsa sudah selayaknya memiliki tekad dan kemauan yang tinggi untuk meraih masa depan dengan cara yang baik dan bijaksana.

Pahamilah, bahwa kesuksesan tidak cukup hanya dengan keinginan karena semua orang ingin sukses, maka dari itu pemuda-pemudi Bangsa Indonesia haruslah memiliki komitmen dan prinsip yang kuat agar kita dapat meraih kesuksesan.

Masa muda adalah masa dimana kita para penerus bangsa sangat membutuhkan kasih sayang, perhatian, kenyamanan baik dari pihak luar maupun pihak dalam, karena bentuk-bentuk perhatian seperti itu dapat membuat moral anak muda menjadi lebih bermakna dan mereka lebih bisa mengendalikan diri untuk tahu bahwa mereka memiliki orang-orang yang dapat mereka andalkan. Namun, kita tidak hanya membutuhkan moral saja. Mengapa? Karena pendidikan juga sangat dibutuhkan bagi kami penerus bangsa yang akan datang. Pendidikan juga akan sia-sia apabila tidak di lakukan sesuai dengan moral dan sistem pendidikan yang baik. Bangsa Indonesia haruslah memiliki pendidikan berkarakter yang baik, terjamin, dan berkualitas. Pendidikan berkarakter adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja untuk membantu pembentukan karakter remaja secara optimal. Pendidikan merupakan wadah atau konsep dasar yang diterapan ke dalam pikiran untuk menjadikan seseorang memiliki akhlak, budi pekerti, kedisiplinan, tanggung jawab dan berani berkomitmen dengan siapapun. Pendidikan berkarakter seharusnya sudah dimasukkan kedalam kurikulum pembelajaran di Negri ini. Mengapa saya berkata demikian? karena yang kita tahu bahwa penataran P4 hanya kita dapatkan di pembelajaran Kewarganegaraan saja, itu juga saat sebelum adanya kurikulum 2013. Maka dari itu, sudah selayaknya penataran P4 sudah harus dihidupkan kembali dan masuk kedalam pembelajaran kurikulum 2013.

Hadirin yang saya hormati,

Pendidikan yang berkarakter dapat dibina dengan baik apabila kita sebagai rakyat Indonesia mau dan terus berusaha untuk mencapai Indonesia yang lebih baik dimasa yang akan datang. Setidaknya, ada 7 nilai karakter yang seharusnya sudah diajarkan dan dapat dirasakan oleh masyarakat banyak antara lain Sikap toleransi, Jurjur, Mandiri, Kreatif, Kerja Keras, Komunikatif, dan Bertanggung Jawab. Mengapa saya katakan demikian? Sikap toleransi dan kejujuran sangat dijunjung tinggi oleh pihak manapun, karena apabila sikap toleransi tidak kita lakukan maka akan berdampak buruk bagi banyak orang. Seperti perang antar siswa sekolah atau kita kenal dengan tawuran sangat merugikan dan meresahkan warga yang melihat. Lalu, mengapa mereka melakukan tindakan tersebut? Pertama tidak adanya sikap toleransi, yang kedua mereka terlalu mementingkan keegoisan dan tidak mau mengakui adanya kekalahan. Padahal, apabila kita mengakui dan jujur maka semua hal tersebut tidak mungkin terjadi. Selanjutnya, kita sebagai generasi muda sudah selayaknya memiliki potensi yang baik seperti Mandiri, Kreatif, dan Kerja keras. Karena tiga hal tersebut sangat mendominasi untuk menjadi pribadi yang lebih unggul dan memiliki tingkat kependidikan berkarakter yang lebih tinggi. mengapa anda harus mandiri, kreatif, dan bekerja keras? Karena, tiga hal tersebut sulit untuk didapatkan seutuhnya, maka dari itu kita harus memiliki pembelajaran didunia pendidikan yang lebih berkarakter.

Hadirin yang saya cintai,

Pendidikan yang berkarakter bagi Indonesia adalah pendidikan yang memiliki makna yang tersembunyi dan dapat mengembangkan sikap yang baik bagi penerus bangsa Indonesia. Pendidikan yang baik, sudah pasti mutu terjamin. Maka dari itu, sikap komunikatif dan memiliki kepribadian yang bertanggung jawab terhadap apa yang diberikan dan apa yang dilaksanakan, merupakan bukti nyata bahwa pendidikan yang baik bagi Indonesia harus memiliki 7 nilai karakter yang sudah ada.

Hadirin sekalian,

Marilah kita bersama-sama menyelamatkan generasi muda penerus bangsa yang telah berada di ambang kehancuran. Jangan sampai bangsa kita dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang tidak berkarakter. Oleh sebab itu, kita harus bertindak cepat agar dapat menemukan jati diri yang baik dengan cara memberikan pendidikan karakter kepada mereka agar bangsa Indonesia tidak mengalami kekejaman karakter yang dapat menimbulkan perpecahan antar sesama.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato singkat saya. Semoga apa yang telah saya sampaikan saat ini sangat berguna bagi kita semua. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam hal penyampaian. Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

 

Demikianlah contoh pidato tentang pendidikan yang bisa saya tampilkan. Kamu bisa menyusun sendiri pidato kamu dengan melihat contoh ini.


Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup


Assalamu’alaikum Warohmatulloh Wabarokaatuh.

Pertama, marilah senantiasa kita panjatkan puja dan puji syukur kehadrat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah mencurahkan begitu banyak nikmat kepada kita semua. Salah satu nikmat itu ialah kita masih diberi kesempatan untuk menikmati lingkungan yang sehat, sejuk dan asri ini. Semoga nikmat ini senantiasa dilimpahkan oleh Allah SWT sampai akhir hayat kita, bahkan sampai masa anak cucu dan keturunan-keturunan kita.

Kedua, sholawat dan salam juga tak lupa juga kita lantunkan pada junjungan terbaik kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan seluruh ummatnya hingga akhir zaman. Semoga kita dikumpulkan bersama beliau di syurgaNya nanti, Aamiin.

Hadirin yang saya hormati dan saya muliakan.

Izinkan saya di sini menyampaikan sedikit tentang ‘Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup’. Sebab akhir-akhir ini semakin sedikit masyarakat yang memikirkan dan memperhatikan lingkungan hidup ini. Padahal menjaga lingkungan ialah suatu kewajiban kita bersama.

Langkah pelestarian lingkungan sudah dimulai oleh berbagai pihak, seperti pihak pemerintah, pihak industri (perusahaan), ilmuan dan lain-lain. Kita pun sebagai masyarakat bawah memiliki kewajiban yang sama. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, diantaranya:

Pertama: reboisasi, yakni penanaman pohon. Menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan, sebab ia memiliki peran yang sangat kompleks dalam ekosistem. Gerakan penanaman pohon sudah dimulai oleh pemerintah, yakni dengan membuat program “Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon”. Diharapkan masyarakat bisa melanjutkan program ini dalam wilayah yang luas, meskipun dalam skup yang kecil (pekarangan rumah).

Kedua: Bersepeda atau berjalan kaki. Selain menyehatkan tubuh, berjalan kaki dan bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa asap kendaraan bermotor menyumbang polusi cukup banyak di lingkungan. Berbagai macam efek ditimbulkan oleh asap ini, mulai dari emisi zat beracun sampai pemanasan global.

Ketiga: mengurangi kendaraan pribadi dan lebih banyak menggunakan kendaraan umum. Ini merupakan kelanjutan dari bab kedua tadi. Jika benar-benar terpaksa harus menggunakan kendaraan, maka alangkah baiknya menggunakan kendaraan umum. Sebab, kendaraan umum jauh lebij efisien dari pada kendaraan pribadi. Satu angkutan umum bisa mengangkut 10-20 penumpang. Jika 10-20 orang tadi menggunakan kendaraan pribadi, maka polusinya 10-20 kali lipat.

Itulah sedikit uraian saya mengenai upaya yang bisa dilakukan guna melestarikan lingkungan hidup. Masing-masing kita seharusnya bisa menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.Tugas menjaga lingkungan ini akan berat jika dilakukan oleh segelintir orang, namun akan terasa ringan jika ditanggung bersama-sama.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatiaannya. Apabila banyak kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhiru kalam… Wassalamualaikum warohmatulloh wabarokaatuh.


Contoh Pidato Bahasa Inggris


Bagaimanapun, pidato dalam bahasa Inggris lebih bergengsi. Karena tidak semua orang bisa menyusun naskah pidato bahasa Inggris. Tapi jika tahu polanya, kamu pun sebenarnya bisa berpidato Bahasa Inggris. Nah, inilah contoh pidato Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan acuan menyusun naskah.

 

contoh pidato bahasa inggris
scribd.com

Contoh Teks Pidato Bahasa Arab


Selain Bahasa Inggris, bahasa internasional yang sering digunakan ialah Bahasa Arab. Berikut ini saya share contoh pidato Bahasa Arab tentang persaudaraan:

contoh pidato bahasa arab
scribd.com

 


Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa


Saat ini semakin jarang anak yang menguasai bahasa baku daerahnya. Bahasa yang sering digunakan ialah bahasa daerah campuran. Padahal dalam pidato bahasa apapun sebaiknya menggunakan bahasa baku yang baik dan benar, termasuk pidato bahasa Jawa. Seperti apakah contoh pidato bahasa jawa yang baik dan benar? Perhatikan contoh berikut ini!

contoh pidato bahasa jawa


Contoh Teks Pidato Bahasa Sunda


Selain bahasa jawa, bahasa sunda juga menjadi bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Maka tidak ada salahnya jika terus mendukung generasi muda untuk merawat bahasa tersebut agar menjadi kekayaan budaya di Indonesia. Salah satunya dengan mengembangkan pidato berbahasa Sunda. Berikut ini contoh pidato dalam bahasa sunda yang bisa kami sajikan:

contoh pidato bahasa sunda
scribd.com

Pidato di atas hanyalah sebagai contoh ya sobat. Untuk pidato-pidato yang akan kalian buat lebih baik menggunakan gaya bahasa kalian sendiri, namun tetap menggunakan bahasa yang baik dan benar. Karena setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam berpidato. Jangan lupa saat berpidato sobat  harus percaya diri ya. Demikian contoh pidato singkat ini mungkin bisa membantu sobat untuk belajar berpidato, atau untuk sekedar referensi. Selamat mencoba sobat.

Leave a Comment