contoh surat lamaran kerja

30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Umum, Bahasa Inggris, File DOC

Hai sobat sharing, kali ini saya kan bahas soal contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, umum, terbaru, tulis tangan, bahasa inggris, bentuk email, file DOC, untuk guru, karyawan dan fresh graduate, lengkap yang bakal bikin kamu mudah diterima di tempat kerja.

Dewasa ini, mayoritas masyarakat di Indonesia lebih memilih jadi karyawan dari pada pengusaha/bisnis. Buktinya, satu lawongan kerja saja di sebuah perusahaan, yang melamar bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang.

Di samping mendapat penghasilan tetap dan berbagai macam jaminan (asuransi), menjadi seorang karyawan juga relatif tidak beresiko. Seorang karyawan akan menjalani kehidupan yang teratur dan jam kerja yang serba pasti. Kecuali jika perusahaan mengalami kebangkrutan.

Tapi kabar buruknya, lapangan perkerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pelamar kerja yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Akibatnya, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Mencari pekerjaan tetap menjadi semakin sulit.

Bagaimana, kamu tetap yakin ingin melamar kerja? Hehe.. Baiklah, kita lanjut.

Perusahaan semakin selektif dalam memilih calon karyawan. Harapannya tentu untuk mendapatkan karyawan yang mampu menjalankan tugas perusahaan dengan baik. Pasalnya di antara sekian banyak pelamar juga tidak banyak yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan.

Saking banyaknya pelamar, sering kali HRD cukup melihat surat lamarannya saja sudah bisa menilai kualitas seorang pelamar. Untuk itu, calon karyawan memerlukan skil khusus dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sekaligus menarik. Agar surat tersebut benar-benar merepresentasikan seluruh potensi yang dimilikinya.

Penting sekali membuat surat lamaran kerja yang maksimal. Sebab, surat lamaran kerja merupakan filter pertama dari perusahaan untuk menampung calon karyawan baru. Jadi surat lamaran yang baik akan sangat membantu kamu lolos menjadi karyawan di sebuah instansi.

Sebelum berlanjut membahas tentang contoh surat lamaran pekerjaan, ada baiknya saya ulas sedikit tentang pengertian, jenis dan struktur surat lamaran kerja.


Tentang Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja merupakan salah satu sarana komunikasi yang berfungsi menyampaikan informasi secara terlulis dari pihak pelamar kerja ke pihak instansi penyedia kerja.

Surat lamaran kerja juga tergolong sebagai surat resmi, yaitu surat yang digunakan untuk kepentingan resmi baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Sehingga surat lamaran kerja harus mengikuti aturan yang telah dibakukan.

Tenang, contoh surat lamaran kerja di artikel ini sudah memenuhi kriteria itu. Jadi aman untuk kamu jadikan reverensi menyusun surat lamaran.

Jenis Surat Lamaran Kerja

Berdasarkan cara penyusunannya, surat lamaran kerja dibagi menjadi 2, yaitu surat lamaran kerja terpisah dan surat lamaran kerja gabungan.

  1. Surat lamaran kerja terpisah: merupakan surat lamaran kerja yang terpisah antara surat lamaran dan curriculum vitae (daftar riwayat hidup). Disini maksudnya adalah curriculum vitae sebagai hal terlampir.
  2. Surat lamaran gabungan: yaitu surat lamaran kerja yang menjadi satu dengan CV (Curriculum Vitae).

Pada umumnya orang lebih suka cara pertama, sehingga di internet banyak bertebaran contoh surat lamaran kerja terpisah.


Kerangka / Susunan Surat Lamaran Kerja


Di bawah ini akan saya ulas satu persatu poin penyusun surat lamaran kerja, yang disertai contohnya langsung. Adapun contoh surat lamaran kerja yang utuh bisa kamu lihat di bagian bawah setelah ini.

Secara garis besar susunan surat lamaran kerja terdiri dari tiga unsur utama, yaitu bagian pembukaan, bagian isi atau uraian, dan bagian penutup.

Bagian Pembuka

  • Judul surat: Biasanya huruf kapital tebal, rata tengah. Bisa juga tidak menggunakan judul.
  • Tempat dan tanggal surat dibuat: Setiap surat resmi harus terdapat tempat dan tanggalk pembuatannya.
  • Alamat tujuan pengiriman: Surat lamaran kerja bisa ditujukan kepada perorangan, divisi HRD atau bagian tertentu  dalam perusahaan, tergantung permintaan pihak penyedia lapangan kerja.

Perhatikan contoh surat lamaran kerja bagian pembuka berikut ini untuk memahaminya:

SURAT LAMARAN KERJA

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Amearta Indah Otsuka
Jl. Surabaya-Malang No. 212
Kab. Pasuruan

Contoh surat lamaran kerja bagian pembuka tersebut sudah memenuhi aturan yang baku.

Bagian Isi

  • Salam Pembuka
  • Penjelasan mengenai dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut
  • Data pribadi (singkat saja) yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat domisili, jenis kelamin, pendidikan terakhir dan kontak. Kontak sebaiknya kamu lengkapi, yaitu nomer telfon, whatsapp, maupun email. Bahkan saat ini semakin jarang yang menghubungi fia sms atau telfon. Rata-rata menggunakan WA atau email.
  • Informasi tentang keahlian dan pengalaman kerja
  • Tujuan menulis surat
  • Hal-hal yang terlampir
  • Ucapan terima kasih

Perhatikan contoh surat lamaran kerja bagian isi berikut ini:

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Amearta Indah Otsuka  Pasuruan yang termuat di koran pekanan Jawa Pos Group pada tanggal 23 April 2017. Saya mengajukan surat lamaran untuk bergabung menjadi Tim Quality Control di PT. Amaerta Indah Otsuka Pasuruan.

Saya yang memiliki data singkat berikut ini;

Nama : Tyas Toto
Tempat, tgl. lahir : Malang, 21 Maret 1991
Pendidikan Akhir : Universitas Brawijaya Malang
Alamat : Jln. Ijen Malang, no. 32, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
Status Perkawinan : Single
Telepon/HP/WA : 082350020800
e-mail : [email protected]

Saat ini sedang dalam kondisi kesehatan yang baik dan prima, dapat berbahasa Inggris dan Arab dengan fasih, baik secara tulisan maupun lisan. Saya lulus dari Universitas Brawijaya dengan predikat cumlaude setelah beberapa kali menang dalam lomba karya tulis ilmiah di bidang sains. Selain itu, saya juga mahir menggunakan microsoft, corel draw dan wordpress (website). Soal kemampuan bekerja sama dengan tim sudah saya asah sejak kuliah, yaitu dalam memimpin tim karya tulis ilmiah untuk meraih banyak kemenangan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup .
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat-sertifikat penghargaan.
4. Foto copy sertifikat-sertifikat organisasi.
5. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
6. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawancara, sehingga dapat memperoleh data yang lebih jelas tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Dalam contoh surat lamaran kerja bagian isi di atas dapat kamu cermati bahwa kemampuan yang dituliskan hanyalah yang sekiranya relevan dan dibutuhkan. Selanjutnya keahlian-keahlian lainnya dapat kamu perjelas di lampiran.

  • Bagian Penutup

Bagian penutup surat lamaran kerja adalah nama terang dan tanda tangan pelamar. Hati-hati, sering kali para pelamar lupa untuk membubuhkan tanda tangan di surat lamaran.

Lihat contoh surat lamaran kerja bagian penutup berikut ini:

Hormat Saya

 

(————)

Di bagian titik-titik itu tuliskan nama terang kamu, kemudian bubuhkan tanda tangan.

Baca  juga: Contoh CV (Daftar Riwatay Hidup) Untuk Lamaran Kerja


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Contoh surat lamaran kerja umum menggunakan format yang banyak digunakan orang pada umumnya.

.

Bandung, 23 Agustus 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Human Resources Development Manager
PT. Jabil Circuit Indonesia
Jalan Soekarno Hatta No.35
Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Jobfair yang di adakan di piset square pada tanggal 22 Agustus 2017 bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan kerja. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin sebagai inspektor Non Destructive Test (NDT). Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama : Ferdi Hekmatyar
Tempat/Tanggal Lahir : Cimahi, 26 Desember 1996
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan : D3-Teknik Aeronautika
Alamat : Jl. Sinar Jaya, RT 02/RW 15 Kec. Batujajar, Kab.  Bandung Barat
Telepon : 081615014648

Saya memiliki keahlian NDT Level II untuk metode magnetic particle testing dan penetrant testing. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae (1 lembar).
  • Foto copy Transkrip Nilai (1 lembar).
  • Surat keterangan pelatihan Non Destructive Test Level II (1 lembar).

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

 

(Ferdi Hekmatyar)

Itulah contoh surat lamaran kerja umum yang sudah banyak digunakan orang. Ya tidak apa-apa digunakan, tapi alangkah baiknya kamu membuat format kamu sendiri.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar ini telah mengikuti tata aturan yang baku. Silakan cermati.

Contoh Surat Lamran Kerja yang Biak dan Benar #1

 

.

Kediri, 15 April 2017    .

Kepada Yth.
Bpk/Ibu Manager HRD TRISNA GROUP
Jl. Soekarno Hatta No. 2 Katang – Kabupaten Kediri

 

Dengan Hormat,

Menanggapi informasi lowongan kerja yang tertera di kantor Pos yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang mencari seorang MANAGER (Manager – FCI). Saya mengirim surat lamaran kerja ini karena ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan anda. Saya juga yakin bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sesuai dengan posisi yang anda tawarkan.

Yang bertanda tangan di bawah ini saya:

Nama : M. I. Andi Purnomo, S.S
Tempat, Tgl lahir : Kediri, 13 Nopember 1985
Pendidikan : S1 (Sastra Inggris)
Alamat : Jl. Begendang I No. 44 RT.02 RW.05 Kec. Mojoroto Kediri
HP : 081234028280

Mengajukan lamaran pekerjaan sebagai MANAGER (Manager – FCI) di perusahaan yang Bpk. / Ibu pimpin.

Bersama ini saya lampirkan:

  1. Foto copy ijazah & transkrip nilai terakhir (S1)
  2. Foto copy identitas diri (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Pas Foto 4 x 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya.

 

M. I. Andi Purnomo, S.S .

.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Tapi Menarik

contoh surat lamaran kerja
helpshared.com

Itulah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang sangat baik dijadikan bahan panduan membuat surat lamaran.


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
thoughtcatalog.com

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris berikut ini memang memiliki format berbeda dengan yang banyak digunakan di Indonesia. Tetapi isinya bagus dan benar.

.

Bandung, February 15, 2017

Attention:

 

Dear Sir/Madam,

I am writting to apply as Editing Operator (E01) in your company. My name is Ardiansyah, I am twenty four years old four months. As a geological engineering graduate from Polytechnic of Geology and Mining “AGP” Bandung, I am looking forward to applying my skills in a practical setting. I have enjoyed the fieldwork component of my degree immensely, and I am keen to work in diverse and remote locations.

Having been involved in several exploration projects in the field, I have developed a comprehensive understanding of geological mapping, and the collection of field data, coupled with the ability to interpret and write detailed reports.

My skills include a good working knowledge of programs such as: MapInfo/Discover, Surfer, Global Mapper, Dips, Log Plot and Ms. Office suite.

I can work well as a member of a team, but I am also confident in assuming responsibility for tasks autonomously.

For your consideration, herewith I enclose my:

  1. Curriculum Vitae.
  2. Copy of Diploma (D3), and Academic Transcript.
  3. Copy of ID, and Police Clearance Certificate.
  4. Copy of Internship Certificate, Certificate of Employment, and Letter of Assignment.
  5. Recent Photograph.

I would welcome the opportunity to discuss this application with you further, and look forward to hearing from you.

 

      Sincerely yours,          .

           Ardiansyah                   .


Surat Lamaran Kerja Inggris #2


Sengaja saya berikan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris kedua, biar kamu bisa memilih mana yng lebih cocok buat kamu.

338 Katipunan St. Labangon
Cebu City, 6000
July 25, 2014

 

Gerardo M. Aquino Jr. MD, MHA, CEO VI
Medical Center Chief
Vicente Sotto Memorial Medical Center
B. Rodriguez St. Cebu City

 

Dear Sir:

 

I have heard from a reliable source that you are currently looking for a Customer Assistance Relations and Empowerment Staff (CARES). With my brilliant educational background; exceptional client care skills; and hands-on nursing internship experiences, I am confident to make a tremendous contribution to your facility.

Throughout my career as a student nurse, I have gained strong knowledge in assessing the client’s state of health; developing nursing diagnosis, implementing nursing actions and evaluating client’s response, formulating holistic plan of nursing care; and collaborations with the health care teams.

As you can see from my resume, the working experience I had with Qualfon Phils. Inc. provided an opportunity for me to gain practical experience when it comes to customer satisfaction and also being with the BPO industry it enhances my communication skills to become more effective in dealing with customers.

I have graduated Bachelor of Science in Nursing at Cebu Institute of Technology- University class 2013 and passed the Philippine Nurse Licensure Examination on June of the sane year with the rating of 78.6%.

Here attached with is my personal resume for your ready reference. I would welcome the opportunity for an interview for the desired position and discuss how I can fill in for the said vacancy. You can reach me at 0923-5748105. Thank you for considering me for this position.

 

Sincerely’

 

Rubelito G. Prado, RN

.

 

Enclosure: Resume

.

Itulah contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik secara struktur maupun bahasa.


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Di era melenial ini, hampir semua perusahaan sudah melegalkan lamaran kerja melalui email di seleksi awal. Hal ini dianggap jaul lebih efektif bagi kedua belah pihak . Pihak perusahaan bisa hemat banyak waktu dan tempat, sedangkan pihak pelamar lebih hemat biaya karena tak perlu mendatangi kantor. Lalu apakah berbeda surat lamaran fia email dengan lamaran biasa?

Jawabnya, sama saja. Yang membedakan hanyalah cara mengirimkan surat dan lampiran-lampirannya. Surat lamaran bisa diketik langsung di kotak “tulis” pada email kamu. Cara kedua adalah mengirimnya dalam bentuk word atau pdf, sama seperti file-file lampirannya.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja fia email yang diketik langsung:
contoh surat lamaran kerja via email

Perhatikan screenshot contoh surat lamaran kerja fia email di atas!
nomer 1: adalah alamat email perusahaan
nomer 2: adalah perihal surat lamaran
nomer 3: adalah alamat perusahaan yang sesungguhnya
nomer 4: adalah tempat melampirkan berkas-berkas pelengkap.

Jangan sampai keliru!


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Berikut ini contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Mohon maaf saya hanya bisa menampilkan fersi foto saja.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA TULIS TANGAN
document.no

Mungkin saja contoh surat lamaran kerja tulis tangan ini kurang rapi. Kamu bisa membuatnya yang lebih rapih.


Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan #2


Jika kurang puas dengan yang pertama, kamu bisa gunakan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang kedua ini.

contoh surat lamaran kerja tulis tangan 2
wikipedia.org

Itulah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang terlihat sederhana. Semoga bisa membantumu.


Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV


Berikut ini contoh surat lamaran kerja dan CV yang tidak terpisah

.

Palembang, 15 Agustus 2017

Kepada Yth ;

HRD PT. Karya Cipta Manunggal
Jl. Mekar Selirang
Kota Palembang

 

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang termuat di koran harian Radar Palembang, tentang dibukanya kesempatan berkarier di Instansi yang Bapak /Ibu kelola, maka perkenankan Saya untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Staff Ahli Penjagaan Mutu Produk.

Adapun data mengenai diri Saya sebagai berikut :

Nama : Mohammad Rifa’i
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 25 juli 1990
Alamat sekarang : Jl. Kanguru VI No 39, Gayamsari, Semarang
Jenis kelamin : Laki – laki
Agama : Islam
Status pernikahan : Belum menikah
No. HP/Whatsap : 0856 4567 3456
Email : [email protected]

Saya merupakan pribadi yang jujur dan ulet. Terbukti saya mampu menjadi lulusan terbaik di SMA 2 Negeri Palembang tahun 2010. Saya lulus dari Universitas Padjajaran dengan predikat cumlaude, setelah memenangkan PIMNAS di bidang tehnik pangan tahun 2014. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak /Ibu bersama surat lamaran ini Saya lampirkan :

  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • foto copy ijazah
  • foto copy sertifikat Organisasi
  • foto copy sertifikat lomba karya tulis ilmiah
  • foto copy KTP
  • pas foto terbaru

Saya berharap Bapak /Ibu berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian Bapak /Ibu saya ucapkan banyak terima kasih

 

                                                                                                     Hormat Saya,           .

                                                                                                (Mohammad Rifa’i)     .

 


.

Daftar Riwayat Hidup

 

DATA PRIBADI :

Nama : Mohammad Rifa’i
Tempat, tanggal lahir : Palembang, 25 juli 1990
Alamat : Jl. Kanguru VI No 39, Gayamsari, Palembang
Agama : Islam
Status Perkawinan     : Belum Menikah
Tinggi  : 165 cm
HP : 0856 4127 4156
E-mail : [email protected]

PENDIDIKAN :

2009 – 2013    : S1 Tehnik Pangan Universitas Padjajaran
2005 – 2008   : SMK SMA 2 Negeri Palembang
2002 – 2005  : SMP N 01 Gayamsari, Palembang
1996 – 2002   : SD N 02 Gayamsari, Palembang

KEMAMPUAN :

  1. Mampu mengoperasikan Office (Word, Excel, Power Point) dengan baik
  2. Mampu mengoperasikan Adobe Photoshop CS dengan baik
  3. Mampu mengoperasikan Corel Draw dengan baik
  4. Mampu menguji kandungan gizi makanan di lab. Kimia
  5. Mampu bekerjasama dengan tim.

PENGALAMAN KERJA :

  1. Dinasti Boga Kencana, posisi Quality Control selama 1 tahun (Pati – Jateng)
  2. Tata Boga Bersama, posisi Staff Koki selama 1 tahun (Semarang)

 

Itulah contoh surat lamaran kerja dan CV lengkap yang telah tersusun dengan baik. Silakan gunakan sebagai referensi.


Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen Kampus / Universitas

Nah, jika kamu memenuhi nsyarat untuk menjadi dosen, maka contoh surat lamaran kerja dosen di salah satu kampus ini akan sangat membantumu menyusun surat lamaran kerja.

contoh surat lamaran kerja

Semoga contoh surat lamaran kerja dosen di atas bisa membuatmu segera diterima di perguruan tinggi.


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


Buat kamu yang mau bekerja di PT, inilah contoh surat lamaran kerja di PT yang  bisa kamu jadikan acuan menyusun surat lamaran.

contoh surat lamaran kerja di PT


Contoh Surat Lamaran CPNS 2017

Bagi kamu yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, salah satu berkas yang dibutuhkan adalah surat lamaran CPNS. Surat ini agak berbeda dengan surat lamran kerja lainnya. Inilah contoh format surat lamaran CPNS tahun 2017.

Contoh Surat Lamaran CPNS
lowongankerja15.com

Contoh surat lamaran CPNS di atas sebenarnya untuk Diploma III. Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.


Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko


Untuk kamu yang ingin mengisi waktu sambikl bekerja di toko, ini contoh surat lamaran kerja di toko yang dicontoh:

contoh surat lamaran kerja di toko
scribd.com

Itulah contoh surat lamaran kerja di toko yang bisa kamu jadikan acuan.


Contoh Lamaran Kerja Terbaru


Berikut ini contoh surat lamaran kerja terbaru 2017

SURAT LAMARAN KERJA

Bekasi, 11 September 2017   .

Kepada Yth,

Karumkit RS Bhayangkara Tk. I

Said Sukanto Kramat Jati Jakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada Rumah Sakit yang Bapak pimpin untuk menempati posisi sebagai Dokter Umum.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                           :  dr. Rinadi Andara
Tempat, tgl lahir           :  Solok, 07 Januari 1991
Pendidikan Akhir         :  S1-Dokter Umum
Alamat                         :  Perum Jatiwarna Indah Blok R no. 7 Pondok Melati, Bekasi
Telepon (HP)               :  081255672560
e-mail                          :  [email protected]
Status Perkawinan        :  Belum menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, memiliki kemampuan komunikasi baik interpersonal maupun tim. Saya dapat menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.  Kepribadian yang saya miliki membuat saya menjadi individu yang santun, mudah diajak bekerjasama dan memiliki rasa tanggung jawab. Keuletan yang saya miliki mampu menjadikan saya lulus tepat waktu dengan predikat cumlaude di fakultas kedokteran UNPAD. Saya tidak hanya mampu menerapkan pelayanan medis berupa kuratif pada pasien namun juga promotif dan preventif.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  • Curriculum vitae
  • Fotokopi transkrip nilai S1 (S.Ked)
  • Fotokopi ijazah dokter
  • Fotokopi sertifikat kompetensi dokter
  • Fotokopi STR dokter
  • Fotokopi sertifikat EKG
  • Fotokopi sertifikat ATLS
  • Fotokopi sertifikat ANLS
  • Fotokopi sertifikat ACLS (menyusul)

Saya sangat berharap Bapak bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara kepada saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.

 

  Hormat saya,           .

dr. Rinadi Andara    .

.


Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja


Contoh membuat surat lamaran kerja yang baik bisa kamu lihat di bawah ini.

.

Malang, 22 Agustus 2017      .

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 1 Malang
Jl. Ahmad Yani No. 379

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas pada tanggal 17 Agustus 2017, SMK Negeri 1 Malang membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud melamar kerja sebagai Guru Tehnik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Malang

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama                           : Arrakhman Rizqi Ibrahim
Tempat / tgl. Lahir      : Malang, 29 Februari 1993
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan Terakhir    : SMK
Alamat                                    : Desa Dinoyo, Kel Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
Telepon (HP)/WA       : 082323411243
Email                           : [email protected]

Saat ini saya dalam keadaan prima, sehat jasmani maupun rohani. Saya telah berkelut di dunia Jaringan Komputer sejak tahun 2010 di salah satu kantor cabang Telkom di Malang. Selain itu saya menguasai bahasa Inggris dengan lancar, baik tulisan maupun lisan, baik bahasa keseharian maupun bahasa pemrograman komputer. Saya juga mengutamakan kejujuran sarta kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa bahan pertimbangan Bapak Kepala Sekolah di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Foto Ukuran 3×4
  • Foto copy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto copy Ijazah Terakhir.
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Surat Pengalaman Kerja

Saya sangat berharap menjadi salah satu peserta yang mendapat kesempatan wawancara, agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya.

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sungguh-sungguh, atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

  Hormat saya,             .

Arrakhman Rizqi      .


16 Surat Lamaran Kerja Dalam Bentuk Mc. Word [DOC]


Berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan berbentuk doc yaang bisa langsung di edit:

DOWNLOAD 16 CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Silakan download contoh surat lamaran pekerjaan di atas sesuai kebutuhanmu.


Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank

Bila kamu membutuhkan contoh surat lamaran kerja di bank, bisa meng-edit contoh-contoh di atas. Karena saya tidak menyediakannya.


Tip dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Dahulu, surat lamaran kerja ada yang ditulis tangan ada juga yang diketik. Namun saat ini hampir semua contoh surat lamaran kerja diketik dengan komputer. Selain lebih rapih juga lebih praktis, karena bisa di edit-edit sesuai kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi microsoft word untuk mengusun surat lamaran kerjamu. Nah, berikut ini tips-tips  dalam membuat surat lamaran kerja di word:

  • Gunakan huruf “Times New Roman” dengan ukuran font 12pt.
  • Cetak dengan menggunakan kertas A4 atau sesuai dengan ketentuan yang diminta instansi/ perusahaan.
  • Tulisan kamu harus resmi, formal dan sesuai dengan EYD dalam bahasa Indonesia, atau sesuai dengan grammer jika ditulis dengan bahasa Inggris.
  • Tulislah surat lamaran kerja yang padat dan menarik agar pihak recruiter semakin tertarik membaca profil kamu lebih dalam.
  • Perhatikan paragraf awal dan akhir surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal bersifat jelas, padat dan menjual. Sedangkan di paragraf akhir usahakan tampak tegas dan meminta pihak perusahaan menghubungimu kembali. Jangan sampai paragraf pertama dan terakhir ini tampak berbelit-belit.
  • Jika kamu membuat surat lamaran kerja bentuk terpisah, usahakan jangan tulis lagi apa yang sudah tertulis dalam CV.
  • Singgung tentang hal yang disukai perusahaan di dalam surat lamaran kamu. Sama seperti manusia, perusahaan atau instansi juga senang jika seseorang mengetahui suatu hal tentang dirinya.Selain itu juga akan semakin memperjelas bahwa surat lamaran yang kamu buat adalah surat yang spesifik untuk perusahaan tersebut, bukan surat yang dibuat dan dikirim secara masal ke semua loker.Sehingga ada baiknya kamu menyediakan sedikit waktu untuk searching dulu tentang kriteria perusahaan atau instansi yang akan kamu lamar.
  • Sebutkan keahlian yang relevan dengan pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar. Tidak perlu semuanya, cukup 3 sampai 5 saja. Kamu bisa menyebutkan semuanya di lampiran CV.
  • Jangan pelit informasi. Tunjukkan antusiasme kamu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dengan menampilkan seluruh informasi diri kamu yang relevan dengan pekerjaan. Misalnya riwayat organisasi, hobi-hobi dan ketrampilan yang kamu kuasai.
  • Jika kamu membuat surat lamaran dengan menulis, usahakan jangan sampai membuat kertas terlihat kotor dan lusuh. Hindari mencoret, menghapus atau men-tipe-X surat lamaran kerja. Bila salah lebih baik membuat yang baru. Karena itu semua juga bisa menurunkan kredibilitas kamu di mata HRD.
  • Tunjukkan kepribadianmu. Sebenarnya perusahaan tidak terlalu ingin tahu asal kamu dari mana, SD mana, SMP mana dan anaknya siapa. Yang mereka ingin tahu adalah segala hal tentang hobi kamu, kesukaanmu, pengalamanmu, keahlianmu, dan semua tentang kamu saat ini.

Untuk menambah wawasan kamu bisa tonton dulu video tentang tips membuat surat lamaran kerja berikut ini:


Sumber-sumber Lowongan Kerja


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia mencari informasi. Informasi lowongan kerja bisa didapatkan dimana saja, asal kamu mau mencarinya. Berikut ini referensi tempat mendapatkan informasi loker yang bisa kamu coba:

  1. Koran pekanan

    Koran menjadi salah satu sarana bagi perusahaan-perusahaan dan instansi untuk memasang informasi pekerjaan. Selain mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, saat ini koran juga dikenal sebagai media yang kredibel. Sebagaimana kita tau banyak informasi hoax yang bertebaran di internet saat ini. Kalau di koran kemungkinan hoax lebih kecil.

  1. Bursa Kerja / Job Fair

    Di job fair kamu akan lebih leluasa memilih lowongan pekerjaan, yang valid tentunya. Karena disitu berkumpul banyak sekali panitia recruiter dari perusahaan-perusahaan besar maupun kecil untuk mencari karyawan-karyawan baru berkualitas. Biasanya job fair banyak diadakan di kampus-kampus besar.

  1. Kantor Pos

    Saat berkunjung ke kantor pos jangan lewatkan untuk mampir ke bagian mading. Disana pasti banyak terpampang informasi lowongan kerja.

  2. Media Online dan Elektronik

    Bagi kamu kaula muda pasti sudah tahu kemana harus bertanya lowongan kerja di internet. Yaa, tentu saja bisa di google atau media sosial seperti grup-grup lowongan kerja di facebook dan lainnya. Lowongan kerja juga terkadang masih diinformasikan di radio atau televisi.

    Saran saya, silahkan gunakan media online sebagai sarana informasi loker, tapi jangan lupa untuk selalu kroscek yaa. Karena saat ini rawan hoax atau informasi sudah basi.

  3. Kerabat dan Semua Pihak

    Saat kamu butuh informasi lapangan pekerjaan ada baiknya kamu tidak menutup diri. Manfaatkan semua kerabat, kenalan dan jaringan yang kamu punya. Siapa tahu salah satu dari ratusan di antara mereka ada yang memiliki info loker paling cocok buat kamu. Setelah dapat, kamu bisa langsung mengaplikasikan contoh surat lamaran kerja ini 🙂


Penyebab Surat Lamaran Kerja Ditolak


Memang sangat banyak foktor yang mungkin mempengaruhi surat lamaran kerja ditolak. Alasan lengkap tersebut biasanya menjadi rahasia perusahaan. Namun sebagai pihak pelamar sebaiknya bisa meminimalisir kesalahan dan hal-hal yang paling sering membuat surat lamaran kerja ditolak.

  1. Terlalu Lama Menganggur

Tahukah kamu, hal yang cukup menarik bagi para HRD untuk dibaca adalah riwayat pekerjaan kamu.  Bagi yang masih fresh graduate mungkin masih wajar mengnggur, karena mungkin baru pertama kalinya melamar kerja. Tapi bagi yang sudah pernah bekerja, terlihat menganggur selama 5 bulan saja di CV bisa membuatmu tidak memenuhi kualifikasi mereka.Mereka mengira bahwa selama 5 bulan kamu melamar kerja tapi tidak ada satupun perusahaan yang menerima, itu akan sangat menjatuhkan kredibilitas kamu. Yaa,meski tidak semua HRD berfikir seperti itu.Jadi selama belum kerja tetap, usahakan kamu tetap bekerja agar nanti bisa dituliskan di CV sebagai pengalaman kerja.

  1. Terlalu banyak kesalahan dalam EYD

Misalnya salam dalam penulisan kata depan di dan ke, nama tidak diawali huruf kapital, menyingkat kata, typo, font dan ukuran font yang tidak standar dan lain-lain. Meskipun ini kesalahan-kesalahan kecil tapi jika banyak dan berulang, maka itu pertanda bahwa kamu tidak profesional.

  1. Surat Terlambat Sampai

Ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Seharusnya pelamar sudah mengirimkan suratnya, dan memperkirakan estimasi waktu surat itu akan sampai (bila dikirim manual). Serat dikirim semakin cepat semakin baik.

  1. Menulis Satu CV untuk Semua Posisi

Akibatnya, biasanya apa yang dicantumkan di CV tidak relevan dengan posisi dan perusahaan yang dituju.

  1. Menggunakan Email yang Lebay (istilah anak sekarang)

Yaa, begitulah. Jangan sepelekan nama email. Nama email bisa juga berarti menggambarkan keperibadian kamu. Tulis saja email kamu sesuai nama depan atau nama belakang kamu, atau di bolak-balik. Yang penting namanya available di GMAIL.Email yang baik bisa kamu lihat di contoh- contoh surat lamaran kerja di atas tadi.

  1. CV Terlalu Panjang dan Bertele-tele

Biasanya yang panjang isinya adalagh hal-hal yang tidak penting. Artinya tidak penting adalah sesuatu yangf tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar.Misalnya melamar pekerjaan guru bahasa Inggris, tapi mencantumkan menang lomba juara renang, juara lomba lintas alam atau lomba menang agustusan. Baginya mungkin itu sesuatu yang luar biasa. Tapi itu semua tidak ada hubungannya dengan Guru bahasa Inggris. Useless..

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai Tidak Dilegalisir

Banyak pelamar kerja yang terlupa melegalisir ijazah dan transkip nilainya. Padahal sudah jelas perusahaan memintanya. Hal ini sebagai pertanda perusahaan menginginkan keseriusan dalam lamaran kerja tersebut. Ijazah dan transkip nilai yang tidak dilegalisir bisa menandakan ketidak-seriusan kamu. Nah, jika lamaran kerja kamu tidak ingin ditolak sebaiknya lengkapi legalisir ijazah dan transkip nilai ya.

 

Nah, itulah 7 kesalahan fatal paling sering dilakukan pelamar kerja versi saya. Mungkin masih banyak yang lainnya. Tapi tenang, bila kamu mengikuti contoh surat lamaran kerja di artikel ini kemungkinan besar surat lamaran kamu sudah benar.

 

 

4 thoughts on “30 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Umum, Bahasa Inggris, File DOC

Leave a Comment