contoh surat penawaran

8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]

Bisnis merupakan kegiatan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Aktifitas ini sudah dijalankan oleh manusia sejak zaman nabi dahulu. Manusia biasanya melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer dan sekunder dan tak lupa juga memenuhi keinginannya demi memuaskan hidupnya selama ini.

Nah, semakin berkembangnya waktu seperti zaman modern seperti sekarang. Kamu yang calon pebisnis atau yang sudah menjadi pebisnis, perlu tau dan belajar apa itu ‘Surat Penawaran’. Surat penawaran ini biasanya dipakai oleh orang-orang pengusaha untuk melakukan kerja sama seperti tawaran jasa atau barang dalam segi ekonomi.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat surat penawaran atau bahkan memulai kerja sama dengan perusahaan sebenarnya cukup mudah. Baca dan pahami artikel ini sampai selesai. Karena pada artikel ini akan membahas sekaligus memberi contoh tentang bagaimana cara menulis surat penawaran dengan baik dan benar. Agar kerja sama bisnis mu jelas dan terarah, artikel ini pastinya mudah buat kamu pelajarin.


Pengertian Surat Penawaran


Surat penawaran ialah jenis surat usaha yang dibuat untuk aktifitas bisnis dengan melakukan penawaran jasa atau suatu produk dari produsen kepada pelaku bisnis lain. Surat penawaran termasuk salah satu contoh surat resmi. Surat penawaran ini biasanya dipakai tidak hanya untuk aktifitas bisnis saja, tapi biasa dipakai oleh perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama.


Hal–Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Surat Penawaran


Terdapat poin penting yang perlu kamu ketahui soal surat penawaran yang akan kamu buat. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Surat penawaran ditulis oleh penjual dan diberikan kepada calon pembeli. Surat ini berisi informasi tentang perusahaan penjual dan jasa atau barang yang diproduksi agar diketahui oleh calon pembeli.
  2. Tujuan dari surat ini ialah untuk meyakinkan calon pembeli agar terjadinya proses trasanksi antar produsen dan pembeli.
  3. Terdiri dari tiga bagian, yaitu alenia pembuka, isi surat dan penutup. Serta yang paling penting harus memperhatikan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Isi Surat Penawaran


Untuk melengkapi dan terbentuknya sebuah surat penawaran, kamu tidak boleh melewatkan beberapa bagian seperti yang dijelaskan bawah ini, yaitu :

  1. Nama perusahaan dan bidang usaha yang dijalankan
  2. Gambaran umum kelebihan perusahaan yang dimiliki. Seperti tenaga ahli, peralatan yang digunakan, fasilitas dan lain-lain.
  3. Daftar rekam jejak, pekerjaan atau proyek yang pernah ditangani. Lengkapi juga dengan prospek yang dikehendaki oleh penjual
  4. Jika kamu melakukan penawaran kepada instansi resmi, maka kamu harus melampirkan daftar rekam jejak (TDR), surat izin perdagangan (SIUP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP)

Cara Menulis Surat Penawaran Barang Atau Jasa


Terdapat tiga bagian dalam surat penawaran ini yang perlu kamu buat, beberapa penjelasannya ialah:

  1. Paragraf pertama
  • Pemberitahuan tentang hasil produksi atau produk–produk yang dimiliki
  • Sehubungan dengan iklan yang dibaca atau dengan kelanjutan pembicaraan dan lain-lain
  1. Isi surat

Berisi mengenai informasi lengkap soal detail jasa atau produk yang ditawarkan dan bertujuan untuk memberikan keyakinan pada calon pembeli, agar terjadinya proses trasanksi antar penjual dan pembeli.

  1. Paragraf penutup

Berisi tentang himbauan atau ajakan untuk menjalin sebuah kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua pihak.


Contoh Surat Penawaran Barang


Contoh Surat Penawaran Barang #1

 

 

 Malang, 10 Mei 2015

Kepada
Yth. Manajer General Affair
PT. Ahmad Jaya
Jl. Jakarta 23
Malang
Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan yang bernama PT. Untung Komputer yang bekerja di bidang distributor alat dan perlengkapan komputer.

Menurut informasi yang kami peroleh, PT. Ahmad Jaya adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Malang. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.

Jika perusahaan Anda menerima dan membutuhkan layanan kami, maka bisa langsung menghubungi melalui nomor telepon 0341-98xxx dan kami akan mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan. Kami juga akan memberikan harga khusus jika akumulasi pembelian lebih dari Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Saudara berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,
PT. Untung Komputer

Handi Beni
Manajer Marketing

 

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik #2

contoh surat penawaran barang elektronik
scribd.com

Contoh Surat Penawaran Kerjasama


Surat penawaran kerjasama sangat sering digunakan dalam lingkup perusahaan, baik perusahaan yang besar maupun kecil. Mungkin sedikit berbeda dengan surat lainnya, dalam surat penawaran kerjasama terdapat UP / alamat perusahaan, tujuan pengiriman surat, jenis barang/jasa, harga dan lampiran. Berikut ini contoh surat penawaran kerjasama dari salah satu CV di Nganjuk:

 

 

contoh surat penawaran
scribd.com

Nomor         : 31/PEN/KCJM/X/2017                                                                                                                            Nganjuk, 17 Oktober 2017
Lampiran    : –

 

Kepada Yth:
Kelompok Kerja XIX
Bagian Layanan Pengadaan Kabupaten Nganjuk
di
N G A N J U K

Perihal  : Penawaran Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Candirejo – Sambijajar (loceret) (DBHCHT)

Sehubungan dengan pengumuman [Pelelangan Umum/Pemilihan Langsung] dengan Pascakualifikasi  dan    Dokumen    Pengadaan    nomor: 622/01/18.128/411.024/Pokja XIX/2017  tanggal 11 Oktober 2017  dan setelah kami pelajari dengan saksama Dokumen  Pengadaan dan Berita Acara Pemberian Penjelasan [serta adendum Dokumen Pengadaan], dengan ini kami mengajukan  penawaran  untuk  pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Candirejo – Sambijajar (loceret) (DBHCHT) sebesar Rp. 511.271.000,- (Lima ratus sebelas juta dua ratus tujuh puluh satu ribu rupiah).

Penawaran ini sudah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Penawaran ini berlaku sejak batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran sampai dengan tanggal 20 November 2017

Sesuai dengan persyaratan, bersama Surat Penawaran ini kami lampirkan:

  1. Daftar Kuantitas dan Harga serta Analisa Satuan Pekerjaan;
    2. [Surat perjanjian kemitraan/Kerja Sama Operasi, apabila ada];
    3. Dokumen penawaran teknis, terdiri dari :
  2. Metoda Pelaksanaan;
  3. Jadwal Waktu Pelaksanaan;
  4. Daftar Personil Inti;
  5. Jenis, kapasitas, komposisi, dan jumlah peralatan utama minimal yang dibutuhkan;
  6. Spesifikasi teknis (apabila mengajukan spesifikasi teknis yang berbeda dari yang ditetapkan);
  7. Hasil pemindaian (scan) Surat Perjanjian Sewa Peralatan (apabila sewa) dan Hasil pemindaian (scan) Sertifikat Layak Operasi (khusus AMP);
  8. Hasil pemindaian (scan) Ijazah Personil Inti;
  9. Hasil pemindaian (scan) Sertifikat Keahlian (SKA) dan SertifikatKetrampilan (SKT) Personil Inti; dan
  10. [Bagian Pekerjaan yang akan disubkontrakkan, apabila ada].
  11. [Formulir rekapitulasi perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), apabila memenuhi syarat untuk diberikan preferensi harga];
  12. Analisa teknis dan dukungan bahan(apabila nilai penawaran dibawah 80% HPS); dan
  13. Dokumen Kualifikasi.

Dengan disampaikannya Surat Penawaran ini, maka kami menyatakan sanggup dan akan tunduk pada semua ketentuan yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan.

 

CV.KARYA CITRA JAYA MANDIRI

 

EKO PRASETYO

Direktur

 


Contoh Surat Penawaran Harga

 

Surat penawaran harga bisa juga disebut sebagai alat pemasaran suatu produk atau jasa. Surat ini bisa dibuat atas inisiatif perusahaan, atau sebagai balasan atau surat permintaan penawaran yang dibuat oleh calon pembeli.

contoh surat penawaran harga
scribd.com

Contoh Surat Penawaran Jasa


contoh surat penawaran jasa
kop surat

Labuha, 31 Agustus 2018

Nomor: 18/SP/CV-MKD/VII/2017
Lampiran: 1 (satu) rangkap

Kepada Yth.
Pokja Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa RSUD BUDI HUSADA
di,-
Labuha
Perihal: PENAWARAN JASA PENGAWASAN PEMBANGUNAN SELASAR PENGHUBUNG RSUD LABUHA

Sehubungan dengan pengumuman pendaftaran dan pengunduhan Dokumen Pengadaan Nomor: ……./…….. Tanggal: 26 Maret 2018 dan setelah kami cermati dengan saksama Dokumen Pengadaan [serta adendum Dokumen Pengadaan], dengan ini kami mengajukan penawaran untuk….. Senilai Rp. 9.420.000,- (Sembilan Juta Empat Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah).

Penawaran ini telah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tertera dalam Dokumen Pengadaan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut di atas.

Penawaran ini berlaku sejak batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran sampai dengan 25 September 2018.

Sesuai dengan ketentuan, bersama Surat Penawaran ini kami lampirkan:

1.      [Dokumen Perjanjian Kerja Sama Operas]

2.      Dokumen penawaran teknis, terdiri dari :

a.      Data Pengalaman Perusahaan, terdiri dari :

1)   Data Organisasi Perusahaan;

2)   Daftar Pengalaman Kerja Sejenis 5 (lima) tahun terakhir;

3)   Ulasan Pengalaman Kerja Sejenis 5 (lima) tahun terakhir;

b.      Kualifikasi Tenaga Ahli, terdiri dari:

1)   Daftar Riwayat Hidup personil yang diusulkan;

2)   Surat pernyataan kesediaan untuk ditugaskan dari personil yang diusulkan;

c.      [Dokumen lain yang dipersyaratkan]

3.      [Dokumen lain yang dipersyaratkan]

Dengan dikirimkannya surat ini, maka kami menyatakan setuju pada semua persyaratan yang tertera dalam Dokumen Pengadaan.

Penawar

CV. Maha Karya Desain

 

MISBAH B. YAMANI, ST

Direktur

 


Contoh Surat Penawaran Dalam Bahasa Inggris


 

contoh surat penawaran dalam bahasa inggris
Scribd.com

 


Contoh Surat Penawaran Partisipasi


contoh surat penawaran partisipasi
scribd.com

 


Surat Permintaan Penawaran


Surat permintaan penawaran adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli, berisi permintaan penawaran kepada penjual. Surat itu bermaksud meminta kepada penjual agar memberikan penawaran sacara resmi. Sehingga dengan begitu calon pembeli jadi tahu berapa harga barang, servis pelayanannya, persyaratan jual beli dan lain-lain.

Biasanya surat permintaan penawaran sering digunakan dalam perdagangan yang bersifat formal, yaitu perdagangan yang melalui prosedur resmi secara tertulis. Misalnya suatu perusahaan besar, tidak mungkin mau melayani permintaan yang hanya melalui telfon. Mereka mengharapka surat permintaan penawaran yang resmi dan otentik.

Surat permintaan penawaran memang menjadi tahap awal proses transaksi bisnis. Awalnya calon pembeli meminta keterangan dan penawaran dari suatu perusahaan atau penjual. Sebagai balasannya, perusahaan atau penjual mengirimkan surat penawaran. Pada akhirnya terjadilah suatu transaksi bisnis itu.

Secara umum, inilah hal-hal yang terdapat dalam surat permintaan penawaran:

  • Jenis & nama barang
  • Harga satuan dan harga grosir
  • Spesifikasi barang (misalnya: ukuran, tipe, kualitas, kapasitas, dll)
  • Diskon (potongan harga)
  • Metode pembayaran
  • Metode pengiriman/penyerahan
  • Alasan kenapa harus menggunakan barang atau jasa dari perusahaan yang dimintai penawaran
  • Pelayanan apa yang menarik

Jika berkenan, calon pembeli juga bisa meminta daftar harga (sesuai dengan kriteria servis yang ada). Biasanya pihak perusahaan juga sudah menyiapkan itu semua dalam prospektus mereka.

Oiya, bila kamu sebagai calon pembeli, kamu boleh mengirimkan surat permintaan penawaran kepada lebih dari satu perusahaan atau penjual. Cara ini dilakukan agar kamu bisa membandingkan harga dan kualitas barang/jasa yang ada. Jadi kamu bisa memilih mana yang terbaik menurut kamu.

Berikut ini contoh surat permintaan penawaran yang dikirimkan kepada suatu pihak toko elektronik:

Contoh Surat Permintaan Penawaran

 

contoh surat permintaan penawaran
scribd.com

 

Cukup sekian beberapa penjelasan tentang contoh surat penawaran beserta cara membuatnya. Semoga bisa membantu kamu dalam menyusun surat penawaran dengan baik dan benar serta mengembangkan usaha atau bisnis yang kamu jalani melalui surat penawaran ini. Baca juga artikel kami yang lain tentang cara membuat Daftar isi Otomatis di Ms. Word.

Leave a Comment