contoh surat resign

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara

Contoh Surat Pengunduran Diri – Hallo sobat sharing. Setelah beberapa waktu lalu saya bahas soal contoh surat lamaran kerja, kali ini saya akan sharing tentang contoh surat pengunduran diri/ contoh surat resign.

Sering kali memang terlalu banyak alasan yang membuat seseorang tidak nyaman bekerja atau beraktivitas di instansi atau perusahaan tertentu. Sehingga mengundurkan diri adalah jalan terbaik untuk semuanya.

Nah, saat membuka artikel ini pasti kamu sedang merasakan apa yang saya tuliskan di atas dan membutuhkan contoh surat pengunduran diri 😉

Tapi tidak komprehensif rasanya jika membahas contoh surat pengunduran diri tanpa memahami makna dan barbagai macam ketentuannya. Untuk itu mari simak sedikit tentang surat pengunduran diri berikut ini.


Sekilas Tentang Surat Pengunduran Diri / Surat Resign


Surat pengunduran diri adalah surat yang berisi pernyataan resmi bahwa seseorang mengundurkan diri dari suatu instansi perusahaan, pemerintahan maupun organisasi. Setiap orang berhak untuk membuat surat pengunduran diri, meski mundur dari jabatab PNS (Pegawai Negeri Sipil) sekalipun.

Alasan Resign Kerja yang Profesional

surat pengunduran diri dari organisasi
wikihow.com

Seseorang keluar dari tempat aktivitas sebelumnya pasti ada alasan tertentu, baik alasan yang profesional dan layak diutarakan atau alasan yang kurang pantas. Kalaupun ada alasan kamu kurang pantas, sebaiknya dikemas dengan bahasa yang baik agar tidak merugikan siapapun.

Inilah alasan-alasan resign kerja yang bijak dan profesional:

  1. Merasa tidak nyaman dengan budaya lingkungan kerja yang tidak nyaman.
  2. Upah / Gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan
  3. Bosan, ingin mencari tantangan baru.
  4. Jenjang karir perusahaan atau instansi yang tidak menarik.
  5. Ingin mencari profesi yang lebih relevan dengan bidang pendidikan.
  6. Pindah domisili bersama keluarga.
  7. Memiliki anak atau mengasuh anak (kebanyakan untuk ibu-ibu)
  8. Keinginan untuk melanjutkan study.
  9. Memulai usaha sendiri.
  10. Kenyataan yang kurang sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati.
  11. Kondisi kesehatan/fisik yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja.
  12. Kebijakan perusahaan yang merugikan.
  13. Work Overload, yaitu terlalu tingginya beban kerja perusahaan yang tidak segera diatasi.
  14. Persaingan jenjang karir yang tidak sehat.

Adapun contoh  alasan resign yang sesungguhnya dan kurang layak ditulis adalah sperti ini:

  1. Tidak suka dengan salah seorang teman kerja, si A misalnya.
  2. Konflik dengan atasan atau bawahan.
  3. Iri dengan teman kerja baru yang tiba-tiba naik karirnya.
  4. Cinta ditolak teman kerja.
  5. Mengikuti teman kerjanya yang resign duluan.

Nah sobat sharing, jika resign dari perusahaan tempat kerja sebaiknya kamu buat alasan resign yang sebijak dan selayak mungkin ya, agar surat pengunduran dirimu diterima dan kamu keluar dengan terhormat dengan membawa uang pesangon 🙂

Fungsi Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

  1. Untuk menentukan kejelasan status seseorang di instansi atau perusahaan.
  2. Untuk memberikan kesempatan pada perusahaan atau instansi untuk mencari penggantimu, sebelum kamu benar-benar keluar.
  3. Untuk memutus semua kontrak yang telah disepakati di awal.
  4. Sebagai etika untuk menjaga nama baik kamu agar tetap dikenal profesional dan terhormat.

Format Surat Pengunduran Diri / Surat Resign  


Format surat pengunduran diri sangatlah sederhana. Semakin sederhana semakin baik. Tapi tetap harus memperhatikan etika, karena pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan manapun.

Sederhananya surat pengunduran diri terdiri dari poin-poin berikut ini:

  • Waktu tanggal dan tempat dibuatnya surat : Biasanya di sebelah kanan atas
  • Nama dan alamat tujuan surat: Bisa di sebelah kanan atau kiri atas. Tapi di bagian kiri lebih menguntungkan, kerena jika alamat panjang resiko pemenggalan lebih kecil.
  • Isi surat pengunduran diri
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Materai

Nah, bila sudah memahami seluruh aspek di atas, sekarang saatnya kamu simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini. Contoh- contoh surat pengunduran diri di artikel ini sudah sesuai dengan EYD dan aturan yang baku.


Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana


Buat kamu yang gak suka ribet, ini contoh surat pengunduran sederhana yang cocok untuk kamu tiru.

 

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Suwandi
Tempat, tanggal lahir : Sumenep, 11 Maret 1979
Jabatan : Kasi Kesra Desa

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kasi Kesra Desa terhitung sejak tanggal 07 April 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.

Demikian, harap menjadi maklum.

Moncek Timur, 01 Juni 2013

Yang Menyatakan

SUWANDI

 


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

 

Meskipun telah mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik, sebaiknya kamu tetap membuat surat pengunduran diri. Jika kesulitan membuat surat resign, silakan contoh surat pengunduran diri kerja berikut ini:

 

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

 

Jakarta Selatan, 2 Desember 2016

Kepada Yth,
Kepala Cabang J&T Express Tangerang
Jl. Pluit Selatan Raya Kav 1 (14440) Jakarta Utara

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya Indra Bekti  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery sejak tanggal 13 Desember 2016

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja di J&T EXPRESS Cabang Jakarta Utara sebagai Kurir Delivery selama kurang lebih 1 tahun ini.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi

Saya sangat berharap PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.

 

Hormat saya

 

Indra Bekti

Contoh surat pengunduran diri kerja di atas termasuk yang sederhana, namun tetap sopan dan beretika.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan


Memang tidak semua orang dapat bekerja lama di suatu jabatan. Ada orang-orang yang sangat mudah bosan sehingga merasa tidak nyaman dengan jabatan yang tak kunjung berganti. Itu wajar. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang sudah tidak nyaman untuk kamu.

 

Malang, 8 Mei 2017

 

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. dra. Chelsi Lestari, M.Si., Ph. D
Di Kampus UIN, Malang

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L  UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 12 Mei 2017 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Diana Ramadhani

Itulah contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa saya sajikan. Semoga kamu lekas mendapatkan jabatan yang menyenangkan di tempat kerja baru.

Baca juga: Contoh Surat Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan


Sebelum keluar dari perusahaan, ada baiknya kamu pahami dulu prosedur pengunduran diri yang telah ditetapkan perusahaan dan tidak mendadak. Hal itu untuk menjaga stabilitas kinerja disana. Sampaikan maksud pengunduran diri dengan surat yang baik. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang bisa kamu pelajari:

 

.

Magelang, 13 September 2017        .

 

Kepada Yth,
Direktur Utama
PT. Daya Guna Mandiri
Magelang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Romi Gunawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Daya Guna Mandiri sebagai Karyawan Gudang PT. Daya Guna Mandiri, terhitung sejak tanggal 17 September 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Daya Guna Mandiri selama 3 tahun ini.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Daya Guna Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya berharap semoga PT. Daya Guna Mandiri semakin maju dan berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Romi Gunawan

Itulah contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang dapat kamu jadikan acuan.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa Berbagai Macam


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar


Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat resmi. Oleh sebab itu tata cara penulisannya harus benar. Inilah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar secara EYD dan tata bahasa Indonesia.

 

Magetan, 10 Januari 2017

Kepada Yth,
Ketua Koperasi Pegawai Negeri Al Hidayah
Di
Tempat

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Tedi Supriadi
NIP : 197403142115011000
Jabatan / Pekerjaan : Staf Bendahara Seksi PAI
Instansi : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan.

Mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Al Hidayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan karena saya membutuhkan bantuan dana yang mendesak untuk keperluan keseharian rumah tangga tanpa cicilan perbulan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

 

Mengetahui :

Ketua Koperasi Pegawai Negeri Al Hidayah                                    Hormat Saya

 

 

Rustam, S. Pd.I., M.Pd                                                                       Tedi Supriadi
NIP. 197006149992031003                                                              NIP. 197403142115011004

 

Seperti itulah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Kamu bisa membuatnya sesuai sikon yang kamu alami saat ini.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi


contoh surat pengunduran diri dari organisasi
hbr.org

Bila kamu kesulitan membagi waktu untuk organisasi, karir dan keluarga, maka tidak ada jalan lain kecuali mengundurkan diri. Gunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi ini untuk membuat surat resign kamu.

Download (PDF, Unknown)

Begitulah, contoh surat pengunduran diri dari organisasi biasanya lebih panjang dari pada surat resign kerja.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah


Bagi kamu yang akan pindah sekolah karena orang tua pindah domisili, maka tidak serta merta langsung bisa pindah. Pertama, kamu harus mengajukan surat pengunduran diri dari sekolah yang lama. Setelah diterima, baru kamu akan dibuatkan surat keterangan pindah sekolah.

Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari sekolah SMK di Bandung:

 

 contoh surat pengunduran diri dari sekolah


SURAT PENGUNDURAN DIRI
No : 001/SMK_BS2/PPM/XI/2017

Kepada :
Yth. Kepala SMK Bina Siswa 2 Cililin
Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung
Bandung Barat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama siswi : Cucu Ambar Wati
Kelas : XI. TKJ.2
Nomor Induk : 1415.102.32

Mengajukan pengunduran diri dari SMK Bina Siswa 2 Cililin, Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung Bandung Barat dengan alasan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya , atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Orang Tua Siswa

.

(………………………………)

Bandung,  Agustus  2017

(Cucu Ambar Wati)

 

Siswa/Murid

 

Itulah contoh surat pengunduran diri dari sekolah. Untuk KOP suratnya kamu bisa minta ke bagian TU sekolah. Atau, kamu bisa langsung minta bagian TU untuk membuatkan surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Kapanpun dan dimanapun bekerja, alangkah baiknya selalu menjaga attitude. Karena bisa jadi atasan dan rekan kerjamu yang sekarang suatu saat akan menjadi penolong karirmu. Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan yang bisa kamu jadikan referensi:

.

Kuala kurun, 31 Juli 2016   .

Kepada Yth,
Bapak  Sulaimin
Selaku HRD PT. Tunas Harapan Baru
Di Medan

Perihal : SURAT PENGUDURAN DIRI

 

Dengan segala hormat, saya yang bertanda tangan di bawa ini;

Nama               :  Dahnil Eka Purnama, ST.
Jabatan            :  Site Manager Proyek PMKS PT. THB

ingin mengajukan surat pengunduran diri (resign) dari PT. THB yang bapak  pimpin terhitung sejak tanggal  8 Agustus 2016 karena kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk bekerja.

Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf atas segala kesalahan selama bekerja, baik yang saya sadari maupun tidak.

Atas perhatian bapak /Ibu  saya ucapkan terimaksih.

 

Hormat Saya,

Dahnil Eka Purnama, ST

Itulah contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Semoga dapat membantu kamu menyusun surat pengunduran diri.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru


contoh surat pengunduran diri dari guru
blog.sibme.com

Sebagai guru honorer, tentu hal yang paling diharapkan adalah mendapat SK PNS. Tapi sering kali mereka harus mengajar di tempat lain sesuai keputusan pemerintah. Nah, apabila kamu adalah salah seorang guru yang mengalami hal di atas, contoh surat pengunduran diri dari guru ini akan sangat membantumu.

Bekasi,  8 September 2017

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 2 Bekasi
Jln.Noenoeng Tisnasaputra Kahuripan Tawang Bekasi

Perihal          : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : H. Halim Abdul Said,S.Kom,Gr.
Tempat, Tanggal lahir : Jeddah, 30 Oktober 1988
Jabatan : Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK : 1362766668137003
Alamat : Kp. Cariwuh RT 003 RW 04  Kel. Majuasri Kec. Bintang,   Kab. Bekasi

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2017 Tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bekasi dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2016 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2017 ,TMT 01-08-2017 yang ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Kolaka Timur Unit Kerja di SMK Negeri 1 Ueesi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bekasi untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bekasi  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bekasi bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bekasi dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

 

Hormat Saya

Fakhru Rozi,S.Kom,Gr


Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris


Jika ingin membuat surat pengunduran diri yang tidak biasa, resign letter adalah pilihannya. Yaa, surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris akan membuat kamu tampak lebih kredibel dan profesional. Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris berukut ini dapat kamu jadikan referensi. Check this out!

Resign Letter

contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

Keren kan, surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris? Kini giliran kamu yang membuatnya.


Tips dan Trik Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri / Surat Resign


Membuat surat surat pengunduran diri sebaiknya tidak sembarangan. Harapannya, kamu bisa keluar dari instansi yang lama tanpa meninggalkan jejak negatif. Lagi pula jika keluar dengan cara yang baik maka kemungkinan kamu akan mendapat pesangon sekaligus sertifikat sebagai bukti bahwa kamu memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut, atau kamu pernah berkiprah di organisasi tersebut.

Nah, berikut ini trik dan tips supaya surat pengunduran diri kamu diterima dengan baik oleh instansi atau perusahaan kamu:

  1. Isi surat sebaiknya “to the point” atau tidak bertele-tele. Agar pihak perusahaan tidak enggan membaca suratmu.
  2. Buatlah alasan mundur yang logis dan tidak mencela instansi atau perusahaan.
  3. Berilah ucapan terima kasih kepada pimpinan instansi atau perusahaan. Meski mungkin kamu ada rasa kecewa, setidaknya kamu pernah belajar dan mengasah skill disana.
  4. Sampaikan juga permohonan maaf, sebab beberapa sikap kita dalam beraktivitas pasti pernah menyakiti mereka.

Untuk menambah wawasan, kamu bisa tonton video pendek tentang tips mengundurkan diri berikut ini:

Leave a Comment