Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jual Beli Tanah, Hutang, Kontrak/Sewa Rumah DLL

Contoh Surat Perjanjian – Halo sobat sharing, kembali lagi di sini membahas tentang surat menyurat. Kali ini kita akan mengulas contoh surat perjanjian kerjasama jual beli tanah, hutang, kontrak/sewa rumah dimana ini adalah hal yang penting untuk diketahui. Sebelum lebih jauh lagi, kita bahas dulu yuk pengertian surat perjanjian. Surat perjanjian adalah surat kesepakatan antara dua belah pihak yang berkaitan dengan hukum yang berlaku.

Membuat surat ini tidaklah sesulit yang sobat fikirkan, hanya memang butuh ilmu untuk menuliskannya. Kita tidak akan bosan-bosan untuk sharing kepada sobat sharing sekalian. Berikut kita uraikan cara-cara membuat surat perjanjian.

Cara Membuat Surat Perjanjian

Langkah-langkah membuat surat perjanjian sebenarnya hampir sama dengan penulisan surat-surat yang lain. Hanya memang berdasarkan fungsinya sebagai perjanjian, maka isi dari suratnya adalah perjanjian antara dua belah pihak. Karena berisi perjanjian maka akan berhubungan dengan hukum-hukun yang berlaku di Indonesia. Bahkan sudah diatur dalam Undang-Undang pasal 1320 KUHP yang menjelaskan tentang syarat sah surat perjanjian.

Adapun syarat yang pertama tentunya adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, kemudian yang kedua yaitu keduanya mampu menjalankan hukum yang berlaku, yang selanjutnya yaitu ada benda kesepakatan yang jelas dari segi jenis, jumlah dan kualitasnya. Dan yang terakhir adalah perjanjian tersebut berdasarkan hukum yang berlaku, dengan syarat kuasa dimana nanti bisa dipertanggungjawabakan.

Penulisan surat perjanjian ini sama dengan surat resmi hanya saja ditambah dengan materai atau menggunakan surat yang bersegel. Saat menuliskan surat perjanjian ini tidak boleh ada unsur paksaan dari kedua belah pihak. Nah surat perjanjian juga harus ditulis oleh orang yang sudah dewasa serta sehat rohani ya sobat

Sementara untuk Formatnya adalah sebagai berikut :

  • Judul surat harus ditulis dengan singkat, padat dan jelas.
  • Ditulis nomor surat, lalu ditambah nama dan keterangan
  • Yang terpenting yaitu isi perjanjian-perjanjian yang telah disepakati dan jangan sampai ada hal yang terlewat, tulislah hal sedetail mungkin.
  • Tanda tangan dari kedua belah pihak.
  • Terdapat saksi yang menyaksikan penandatanganan surat.
  • Melampirkan surat kontrak.

Fungsi Surat Perjanjian

Surat perjanjian ini memiliki fungsi yang sangat penting sekali sobat, karena ini bersangkutan dengan hal-hal yang berharga seta hukum yang berlaku. Adapun fungsi surat perjanjian ini yaitu sebagai barang bukti bahwa kedua belah pihak telah melakukan perjanjian. Selain itu untuk mengantisipasi terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pihak sehingga ketika ketika hal tersebut terjadi maka bisa dibawa ke ranah pengadilan. Itulah salah satu fungsi mengapa harus disertakan materai pada surat perjanjian, ya karena ia memilki kekuat hukum. Sehingga surat perjanjian ini tidak bisa untuk main-main, karena merupakan surat yang sangat beresiko.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa membaca contoh surat perjanjian yang kita sajikan:

Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Cahyo Gumelar

Tempat, Tgl Lahir              : Yogjakarta, 15 November 1984

Pekerjaan                           : Wira Usaha

Alamat                                  : Jl. Joyo Makmur Blok M No. 19 Kota Yogyakarta

No KTP                                :  ………………………………………………………..

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama atau Pihak Penjual.

Nama : Jaja Raharja

Tempat, Tgl Lahir              : Semarang, 2 Maret 1979

Pekerjaan                           :  Guru

Alamat                                  : Jl. Candi Catur Gg.05 Kota Yogyakarta

No KTP                                 : ………………………………………………………………

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua atau Pihak Pembeli .

Pada hari ini , Senin 5 Maret 2018, Pihak pertama dengan ini berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama berupa :

Sebidang tanah dengan Hak…………………………. yang diuraikan dalam nomor sertifikat tanah : ………………….. yang berlokasi di alamat lengkap :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Dengan ukuran tanah: panjang 100 m (seratus meter), lebar 50 meter (lima puluh meter). Luas tanah 5000  (lima ribu meter persegi ), dan untuk selanjutnya disebut Tanah. Dengan batas-batas tanah adalah sebagai berikut :

  • Sebelah utara : Berbatasan dengan ……………………………………………………………………………………
  • Sebelah selatan : Berbatasan dengan ……………………………………………………………………………………
  • Sebelah timur : Berbatasan dengan ……………………………………………………………………………………
  • Sebelah barat : Berbatasan dengan ……………………………………………………………………………………

 

Tanah tersebut oleh pihak pertama dijual lepas atau selama-lamanya kepada pihak kedua dengan harga Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dengan pembayaran yang dilakukan secara tunai dan lunas.

Demikian pernyataan ini kami buat dengan sadar dan rasa kekeluargaan serta tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila kami mengingkari perjanjian ini kami bersedia mematuhi hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 6 Maret 2018

Pihak Kedua

 

(Jaja Raharja)

Saksi I

(Guntur Laksono)

Pihak Pertama

 

(Cahyo Gumelar)

Saksi II

(Rendi Setiawan)

Baca Juga : Contoh surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

 

SURAT PERJANJIAN

MEMORANDUM OF UNDERSTANDING

 

Pada hari ini, hari senin tanggal 27 November 2017 telah ditandatangani Surat Perjanjian antara:

Randy Surya Wiryawan Direktur Best Agency yang bekedudukan di Jl. TB Simatupang No 122-123, Jakarta Selatan. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Best Agency. Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama                                    : Reni Maryati

Jabatan                                : Model

Diwakili oleh Orang Tua : Siti Sundari

Alamat                                  : Jl Pramuka Selatan 98

No KTP                                 : 9887610191280111

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA (secara bersama-sama disebut PARA PIHAK)

Menerangkan terlebih dahulu:

  1. Bahwa, PIHAK PERTAMA adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang Talent Management.
  2. Bahwa, PIHAK KEDUA adalah Talent yang akan berperan dalam proyek photosoot dan produk entertainment lain yang dimediasikan oleh PIHAK PERTAMA.

Sebagai tindak lanjut dari maksud PARA PIHAK, maka dengan ini PARA PIHAK sepakat dan mengikatkan diri untuk membuat perjanjian ini dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut:

PASAL 1

BAGIAN UMUM

  • Bahwa PIHAK KEDUA menunjuk PIHAK PERTAMA sebagai Talent management PIHAK KEDUA.
  • Bahwa PARA PIHAK sepakat dan mengikatkan diri dalam Perjanjian untuk kepentingan proyek yang dijalankan dan disetujui PARA PIHAK dari tanggal sekarang sampai dengan tahun mendatang.

PASAL 2

MAKSUD DAN TUJUAN

PIHAK PERTAMA sepakat untuk mengadakan kerja sama dengan PIHAK KEDUA dalam hal perjanjian kerjasama di bidang hiburan/Modelling dan lain-lain yang mencakup di dunia hiburan (Entertainment).

PASAL 3

HARGA DAN NILAI PERJANJIAN

Bahwa PARA PIHAK setuju dan mengikatkan diri bahwa HARGA dan nilai perjanjian ini sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dari penhasilan Netto PIHAK KEDUA setelah dilakukan pemotongan PPH sesuai dengan nilai kontrak antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KETIGA ( Pengguna Jasa PIHAK KEDUA) selama waktu Perjanjian ini berlaku.

PASAL 4

KEWAJIBAN PIHAK KEDUA

Setelah Perjanjian ini ditandatangani PARA PIHAK maka PIHAK KEDUA berjanji,bersedia dan wajib memenuhi:

4.1          Mematuhi dan melaksanakan setiap program kerja yang disiapkan oleh PIHAK PERTAMA sesuai proyek yang berjalan.

4.2          Mematuhi

 

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

 

Surat Perjanjian Sewa Rumah Toko

 

Kami yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                    :  Nanang Supriatna

Alamat                  :  Jalan Diponegoro No.33, Desa Sibuea, Laguboti

Pekerjaan           :  Wiraswasta

No. KTP             :

 

Bertindak atas nama pribadi sebagai pemilik bangunan rumah yang dikontrakkan, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA  

Nama                  :  Septian Putra

Alamat               :  Jalan Pangasean, Desa Lumban Bagasan, Laguboti

Pekerjaan           :  Wiraswasta

No. KTP              :  1212022322810003

 

Dalam hal ini bertindak atas nama pribadi sebagai penyewa, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah membuat persetujuan sewa kontrak dengan kesepakatan :

  1. Bahwa PIHAK KEDUA telah mengajukan permohonan penyewaan bangunan rumah toko di jalan Sisingamangaraja No. 12 Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir, dengan nilai sewa yang diajukan sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) per tahun kepada PIHAK KEDUA
  2. Bahwa atas pengajuan PIHAK KEDUA, PIHAK PERTAMA telah menyetujui permohonan penyewaaan bagunan rumah toko di Jalan Sisingamangaraja No. 12 Kecamatan Laguboti Toba Samosir, dengan nilai sewa Rp. 10.000.000,-(Sepeluh Juta Rupiah) per tahun kepada PIHAK KEDUA
  3. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat bahwa proses penyewaan rumah toko yang telah disebutkan diatas oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dimulai pada tanggal 1 Maret 2018 dan berakhir pada 1 Maret 2019
  4. Surat Perjanjian sewa ini telah dirangkap dua, masing-masing bermaterai sehingga mempunyai kekuatan hukum yang berlaku sama sejak ditandatangani oleh kedua belah Pihak.
  5. Hal-hal yang belum dituangkan dalam surat perjanjian sewa ini, maka akan diatur kembali dengan addendum-addendum baru sesuai kesepakan kedua pihak.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya, supaya dapat dipatuhi serta digunakan sebagaimana mestinya.

 

Laguboti, 1 Maret 2018

PIHAK PERTAMA                                                                              PIHAK KEDUA

 

(Nanang Supriatna)                                                                              (Septian Putra)

 

Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

 

SURAT PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Pada hari ini …………… Tanggal ………………., kami yang bertanda tangan dibawah ini.

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri kemudian dalam perjanjian ini disebut sebagai Pihak Kesatu (Yang memberi hutang)

Nama               : Septiana Safitri, dkk

Alamat             : Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes, RT 002/RW 001, Kel. Penfui Timur, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang

No. HP            : 081237110916

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri. Kemudian dalam perjanjian ini disebut sebagai Pihak Kedua (Yang berhutang)

Nama   :

Alamat            :

No. HP            :

Kedua belah pihak terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kedua belah pihak menjamin bahwa masing-masing pihak memiliki wewenang kecakapan hukum menaati sebagaimana dalam perjanjian ini
  2. Bahwa Pihak KEDUA telah mengajukan permohonan pinjaman kepada Pihak KESATU berupa Uang Tunai senilai Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) untuk keperluan pembayaran sebidang tanah.
  3. Bahwa atas pengajuan Pihak KEDUA, Pihak KESATU telah menyetujui untuk meminjamkan uang beserta syarat-syarat pada poin dibawah ini:
  4. Telah diberikan uang tunai dari Pihak KESATU kepada Pihak KEDUA senilai Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah)
  5. Syarat pinjaman yang diberikan Pihak KESATU kepada Pihak KEDUA adalah Sertifikat Sebidang Tanah yang dijaminkan Pihak KEDUA kepada Pihak KESATU. Sertifikat yang dijamin atas nama ; AMANDA WATINA KLAU, No. Sertifikat SHM No. /Oeltuah/2016, SU No.      /Oeltuah/2016, alamat Sertifikat: Desa Oeltuah, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang.
  6. Kedua belah pihak telah menyepakati transaksi yang berlangsung dengan perjanjian bahwa Sertifikat baru dapat diambil oleh Pihak KEDUA dari Pihak KESATU setelah terjadinya pelunasan hutang piutang.
  7. Perjanjian waktu pelunasan hutang piutang yang telah disepakati kedua belah pihak adalah pada bulan Juli tahun 2017
  8. Jika Pihak KEDUA mengingkari perjanjian pelunasan pada waktu yang telah disepakati maka secara otomatis Sertifikat sebidang tanah yang dijamin oleh Pihak KESATU kepada Pihak KEDUA menjadi milik Pihak KESATU

Demikian surat perjanjian ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya

 

Kupang, 12   April 2017

Yang Memiutangi                                              Yang berhutang

Pihak I                                                              Pihak II

 

Septiana Safitri, dkk                                 Hendra

 

Saksi-saksi

  1. Bayu Anggoro (Saksi Pihak I)
  2. Satria Huda Prasetyo (Saksi Pihak II)

Mungkin contoh surat perjanjian itu sudah cukup membantu sobat ya, masih banyak versi surat-surat yang lain, namun esensi dari surat terseut adalah bukti dari perjanjian yang dari kedua belah pihak. Kita akan meneutup dengan kata-kata bijak sobat.

“Jika semua janji bisa dipegang, manusia tidak akan membutuhkan materai dan surat perjanjian lagi”

Terimakasih.

Leave a Comment