Doa Niat Sholat Tahajud dan Tata Cara Tahajud Lengkap Beserta Waktunya

Niat Sholat Tahajud – Assalamu’alaikum sobat, Alhamdulillah kali ini kita bisa berbagi mengenai niat sholat tahajud dan seluk beluknya. Sebelum membahas tentang keutamaan dan manfaatnya ada baiknya kita mengetahui pengertian sholat tahajud. Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunah yang dilaksanakan pada malam hari.  Sholat tahajud ini merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya karena memiliki keutamaan yang luar biasa.


Niat Sholat Tahajud


Niat sholat tahajud sama seperti sholat pada umumnya sobat, dalam rukun sholat kita harus mengawali sholat dengan bacaan niat, adapun niat sholat tahajud yaitu :

niat sholat tahajud

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya : “Aku (berniat) sholat tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Artikel Terkait: Niat Puasa Senin Kamis & Doa Buka Puasa


Tata Cara Sholat Tahajud


Begitu pula dengan tata cara sholat tahajud, tidak banyak perbedaan dengan tata cara sholat-sholat lainnya. Mari kita simak tata cara sholat tahajud berikut ini:

Pertama, mengucapkan niat sholat tahajud. Niat ini bersamaan dengan takbirotul ikhram. Hati harus ikut serta saat lisan mengucapkan niat. Karena mengucapkan niat berfungsi untuk menuntun hati supaya dapat menghayatinya.

Kedua, Takbirotul Ikhram. Dimana mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dengan mengangkat kedua tangan keatas.

Ketiga, Membaca doa iftitah. Bacaan doa iftitaf pada sholat termasuk sunah, namun lebih baik dilakukan. Adapun doa iftitah sebagai berikut:

tata cara sholat tahajud

Allahu Akbaru kabiiraw walhamdulillaahi katsiiran, wa subhanallaahi bukrataw wa’aashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wamahyaaya wa mamaati lillaahi Rabbil ‘Alamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Artinya: “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah orang-orang yang menyekutukan Nya. Sesungguhnya Sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam yang tiada satupun sekutu bagi Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).”

Keempat, Membaca surat Al-Fatihah. Al-fatihah ini sering disebut dengan Sab’ul Matsaany yang berarti tujuh yang diulang-ulang. Pembacaan surat Al-fatihah ini wajib dalam sholat tahajud, jika meninggalkan bacaan ini sholat sobat menjadi tidak sah. Untuk bacaan surat al-fatihah tentunya sobat sudah hafal kan.

Kelima, Membaca surat di dalam Al-Qur’an.

Keenam, Melakukan gerakan ruku’, I’tidal, sujud hingga salam sambil membaca bacaan gerakan tersebut.

Ketujuh, Melakukan rakaat selanjutnya dengan mengikuti tata cara dua sampai enam.

Kedelapan, Membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istighfar, serta doa sholat tahajud (Sunah).


Doa Sholat tahajud


niat sholat tahajud
bersamadakwah.net

Setelah sholat tahajud, kita disunahkankan untuk berdoa sholat tahajud. Adapun bacaan doa sholat tahajud yang sering digunakan yaitu:

Doa sholat tahajud
Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’ukal haqqun, wa qouluka haqqun, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wabika aamantu, wa’alaika tawakaltu, wailaika anabtu, wabika khaasamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qasamtu, wa maa akh khartu. Wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihi minni. Antal  muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : Wahai Allah! Milikmulah segala puji, Engaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya. Milik-Mulah segala puji. Engkaulah penguasa (Raja) lagit dan bumi serta makhuk yang ada didalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah yang Haq (benar), janji-Mulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga (ada) itu benar, neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wassalam  itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu lah aku kembali hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah aku lakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa yang lainnya yang engkau lebih mengetahui daripada aku. Engkaulah yang maha terdahulu dan Engkaulah yang maha terakhir. Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya dan upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Doa sholat tahajud tersebut bisa di tambah sobat sendiri ya karena doa adalah permintaan seorang hamba kepada Rabbnya, jadi tidak ada batasan untuk seorang hamba berdoa kepada Rabbnya.


Waktu Sholat Tahajud


Sobat mungkin ada yang masih bingung mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud. Secara spesifik terdapat tiga bagian waktu sholat tahajud.

Waktu Sholat Tahajud Pertama : di awal malam (antara waktu isya’  sampai jam 10 malam), waktu ini merupakan sepertiga malam pertama.

Waktu Sholat Tahajud Kedua : di tengah malam (antara jam 10 malam sampai jam1 pagi), waktu ini merupakan sepertiga malam kedua.

Waktu Sholat Tahajud Ketiga : akhir malam (antara jam 1 pagi sampai menjelang subuh), waktu ini merupakan sepertiga malam terakhir.
Pembagian waktu ini berdasarkan Rasulullah SAW yang pernah melakukan pada tiga waktu tersebut. Sebagaimana yang dikatakan oleh Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam, mengatakan :

waktu sholat tahajud

“Tidaklah kami bangun agar melihat rasulullah Sallallahu ‘alaihi wassalam dimalam hari mengerjakan sholat kecuali pasti kami melihatnya, dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula”
Pada hadist lain, Ibnu Hajar juga menjelaskan :

waktu sholat tahajud 2

“Sesungguhnya waktu sholat malam dan tidur yang dilakukan Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam berbeda-beda setiap malamnya. Beliau tidak menetapkan waktu tertentu untuk sholat. Namun beliau mengerjakannya sesuai keadaan yang mudah bagi beliau.”
Meskipun terdapat bagian-bagian dalam waktu pelaksanaan, ternyata terdapat waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud sobat. Seperti yang dikatakan oleh Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

waktu sholat tahajud 3

“Tuhan kami Tabarak wa ta’ala akan turun setiap malamnya kelangit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan doa pada-KU, maka aku kakn mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya.”
Dari Abdullah bin Amr juga mengatakan hal yang serupa :

waktu sholat tahajud

“Sesungguhnya puasa yang paling dicintai disisi Allah adalah puasa Daud, dan sholat yang dicintai Allah adalah sholatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Beliau biasa tidur diseparuh malam dan bangun tidur pada sepertiiga malam terakhir, lalu beliau tidur kembali pada seperenam malam terakhir. Nabi Daud biasa sehari berpuasa dan keesokan harinya tidak berpuasa.”
Sementara Aisyah juga pernah ditanya mengenai kebiasaan rasulullah yaitu sholat malam, Aisyah pun menjawab

waktu sholat tahajud

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam biasa tidur diawal malam, lalu beliau bangun di akhir malam. Kemudian beliau melaksanakan sholat, lalu beliau kembali ketempat tidurnya. Jika terdengar suara muadzin, barulah beliau bangun kembali. Jika memiliki hajat, beliau mandi dan jika tidak beliau berwudhu lalu segera keluar (kemasjid)”


Jumlah Rakaat Dalam Solat Tahajud


Terdapat perbedaan dalam jumlah rakaat sholat tahajud, sebagian teman-teman mungkin masih bertanya-tanya, berapa sih sebenaranya jumlah rakaat dalam sholat tahajud. Supaya tidak banyak yang salah paham mari simak hadits dibawah:

Aisyah radhiallahu ‘anhu berkata :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam mengerjakan sholat (lail) baik dalam bulan ramadhan maupun di luar bulan ramadhan tidak pernah lebih dari 11 rakaat. Beliau memulai dengan mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan baik dan panjangnya sholat beliau. Setelah itu beliau mengerjakan 4 rakaat, kamu tidak usah menanyakan baik dan panjangnya sholat beliau. Kemudian beliau sholat tiga rakaat. “Aisyah berkata: lalu aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah anda tidak tidur sebelum witir?, Beliau menjawab, “Wahai Aisyah, sesungguhnya kedua mataku memang tidur namun hatiku tidak.” (Hadits Riwayat Al-Bukhari no.1147 dan Muslim no.738)

Dalam hadits lain Abbas mengatakan bahwa jumlah rakaat Nabi sebanyak 13 rakaat.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bisa melaksanakan sholat malam 13 rakaat”. (Hadist Riwayat Bukhari no.1138 dan Muslim no. 764)

Berdasarkan dalil-dalil yang ada, meskipun terdapat perbedaan mengenai jumlah rakaat dapat disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud dan witir tidak melebihi 11 atau 13 rakaat.


Syarat Sholat Tahajud


Sebelum sobat melaksanakan sholat tahajud, tentu harus memenuhi syarat-syarat sholat tahajud. adapun syaratnya sebagai berikut :

Tidur Terlebih Dahulu

Meskipun masih banyak dalil yang berdeda dalam pelaksanaan sholat tahajud, namun tidur sebelum melaksanakan sholat tahajud adalah lebih baik. Dari Katsir bin Abbas dari sahabat Al-Hajjaj bin Amr radhiyallahu ‘anhu:

Di antara kalian menyangka ketika melakukan sholat di malam hari sampai subuh dia merasa telah tahajud, Tahajud adalah sholat yang dikerjakan setelah tidur, kemudian sholat setelah tidur. Itulah sholatnya Rasulullah SAW”

Ibnu hajar menyatakan bahwa sanadnya hasan, dalam sanadnya ada perawi yang bernama Abu Shaleh, yaitu seorang juru tulis Imam Al-Laits, dan abu Shaleh adalah kelemahan. Hadist tersebut juga diriwayatkan oleh At-Thabrani, dengan sanad dari Ibnu Lahai’ah. Dan riwayat kedua ini dikuatkan dengan riwayat jalur sebelumnya.

Sementara dalam riwayat lain terdapat pendapat bahwa menunaikan sholat tahajud tidak perlu harus tidur terlebih dahulu.

“Sholat tahajud adalah semua sholat sunah yang dikerjakan setelah isya’, baik sebelum tidur maupun sesudah tidur”(Hasyiyah Ad-dasuqi)

Sholat tahajud memiliki pengertian mujabatul hajud yang berarti menjauhi tempat tidur. Dan semua sholat malam dapat disebut dengan sholat tahajud jika dilakukan setelah bangun tidur atau di waktu banyak orang yang tidur.
Rasulullah pernah bersabda :

syarat sholat tahajud

“Sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah silaturahmi, serta kerjakanlah sholat malam ketika manusia sedang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (Hadits Riwayat Ahmad, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syuaib Al-Arnauth)

Sementara Abu Bakr Ibnul ‘Arabi mengatakan sebagai berikut :

Tentang arti tahajud terdapat 3 pendapat : Yang pertama, tidur kemudian sholat lalu tidur kemudian sholat kembali. Yang kedua yaitu sholat setelah tidur. Yang ketiga yaitu tahajud adalah sholat setelah isya. Beliau menanggapi tentang pengertian yang pertama bahwa itu adalah pemahaman ulama’ tabi’in, yang menyandarkan pada keterangan bawa Nabi SAW tidur kemudian sholat lalu tidur dan sholat kembali. Sedangkan pendapat yang kuat menurut Malikiyah yaitu pendampat yang kedua” (Dinukil dari Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah, 14/86)

Dari beberapa dalil tersebut tentu sobat bisa memilih pendapat di atas sesuai dengan keyakinan sobat. Namun bagi kalian yang mungkin khawatir jika sudah tidur nanti tidak bisa bangun untuk melaksanakan sholat tahajud. Lebih baik sholat terlebih dahulu, dari pada tidak sama sekali. Meskipun sholat tersebut tidak disebut dengan sholat tahajud, namun sudah terhitung melakukan Qiyamul lail dimana memilik pahala yang begitu besar juga.

Dua Rakaat Salam

Seperti pada hadits di atas menunjukkan bahwasanya Rasulullah melakukan 2 rakaat lalu salam, kemudian melakukan sholat 2 rakaat lagi lalu salam. Hal ini menunjukkan bahwa sholat tahajud dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan satu salam. Meskipun Rasulullah melakukan sholat hingga 13 rakaat namun sholat tersebut dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan satu salam, begitu seterusnya.

Pelaksanaan Sholat Tahajud Sama dengan Sholat Fardhu, Hanya Berbeda Pada Letak Niatnya

Syarat sahnya sholat tahajud yaitu melakukan rukun-rukun sholat pada biasanya hanya saja, berbeda pada niatnya. Sobat tidak perlu menghafal bacaan khusus karena bacaan pada sholat tahajud hampir semua sama dengan bacaan sholat lainnya.

Menutup Sholat dengan Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat penutup dari sholat malam dan dilaksanakan dengan jumlah rakaat ganjil. Dari ibnu Umar Radhiallahu anhuma dia berkata:

Ada seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang sholat sholat malam. Maka beliau bersabda:

“Sholat malam itu dua rakaat, jika salah seorang diantara kalian khawatir akan waktu subuh, hendaklah dia sholat satu rakaat sebagai witir bagi sholat yang telah dilaksanakan sebelumnya.”(Hadist Riwayat Al-Bukhari no.990 dan muslim no. 749)


Keutamaan Sholat Tahajud


Sobat tau gak? Kalau sholat tahajud itu memiliki banyak sekali keutamaan. Bahkan banyak firman Allah Subhanallahu Wata’ala yang menerangkan ibadah luar biasa ini. Janji-janji Allah hambanya yang melaksnakan sholat tahajud sungguh sangat Agung. Oleh karena itu sholat tahajud memiliki keutaman-keutamaan sebagai berikut :

Diangkat ke Tempat Terpuji

Siapa sangka sholat tahajud ini merupakan anjuran langsung dari Al-qur’an, tidak seperti sholat sunah lainnya. Allah telah memerintahkan dalam surat Al-Israa’ ayat 79 yang berbunyi :

keutamaan sholat tahajud

“Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat terpuji” (Al-Isra’ 17:79)
Allah juga memerintahkan dilain surat, dimana kita dianjurkan untuk selalu bersujud dan betasbih dimalam hari. Bersujud disini berarti sholat tahajud.

keutamaan sholat tahajud

“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada waktu pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari” (Al-Insaan 76: 25-26)

keutamaan sholat tahajud

“Mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzaariyaat 51: 17-18)

Selain untuk melaksanakan sholat tahajud, Allah juga menganjurkan kita untuk memohon ampunan kepada-Nya di waktu malam.  Tentu yang yang diperintahkan oleh Allah tersebut memiliki rahasia dibaliknya, tentunya keutamaan-keutamaan yang besar.

Mendapatkan Berbagai Nikmat

Jangan khawatir sobat, ketika kalian rela menahan kantuk demi melaksanakan Sholat tahajud, Allah telah menyediakan Nikmat-nikamt yang begitu banyak. Entah itu di dunia maupun di akhorat. Karena Allah sudah menjanjikan dalam surat  As-Sajdah ayat 16-17 :

keutamaan sholat tahajud

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Rabb-Nya dengan rasa takut dan harap, mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu bermacam-macam nikmat yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan” (As-Sajdah 32: 16-17)

Selain nikmat-nikmat yang besar, Allah juga menjanjikan kebaikan dunia dan akhirat seperti  yang disampaikan Rasulullah.

keutamaan sholat tahajud

Dari Jabir bin Abdillah RA ia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya dimalam hari terdapat waktu tertentu, yang apabila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu tersebut, ,maka Allah pasti akan memberikan kepadanya dan hal tersebut ada di tiap malam.”

Mendapatkan Kemuliaan dan Pujian dari Allah

Asma’ binti yazid Radhiyallahu anha berkata bahwasanaya Rasulullah SAW bersabda :

keutamaan sholat tahajud

“Bila Allah mengumpulkan semua manusia dari yang pertama sampai yang terakhir pada hari kiamat nanti, maka datanglah sang penyeru kemudian memanggil dengan suara yang terdengar oleh semua Makhluk. “Hari ini semua yang berkumpul akan tahu siapa yang pantas mendapatkan kemuliaan!”, lalu penyeru tersebut kembali berkata “Hendaknya orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur bangkit”, lalu mereka bangkit sedang jumlah mereka sedikit”

Sungguh tiada henti pahala orang yang melaksanakan sholat tahajud. Begitu mulianya di hadapan Allah. Sampai Allah mengumpulkan orang-orang ahli tahajud untuk mendapatkan kemuliaan.

Merupakan Sholat Sunah Paling Utama

Ternyata, sholat tahajud adalah sholat paling utama diantara sholat-sholat sunah yang lainnya sobat. Abu Hurairah mengatakan lagi bahwa Rasulullah SAW bersabda :

keutamaan sholat tahajud

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.”

Sholat tahajud ini memang berat sobat, karena harus melawan kantuk yang sangat berat disaat orang-orang yang lain terlelap dalam tidurnya. Maka tidak heran jika sholat ini merupakan sholat paling utama setelah sholat wajib.

Terlepas dari Jeratan Setan

Bagi sobat yang merasa malas setiap hari mungkin karena masih terikat jeratan setan. Hal ini disebabkan karena kita tidak melakukan sholat tahajud. Perlu sobat ketahui bahwa Sholat tahajud dapat melepaskan 3 jeratan yang dipasang setan sejak kita tertidur.
Dari Abu Hurairah RA berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

keutamaan sholat tahajud

“Syaitan mengikat dipangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan dimana tiap ikatan tertulis , “Malammu sangat panjang, maka tidurlah! Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatab akan lepas, kemudian bila ia berwudhu satu ikat lagi lepas dan bila ia sholat, satu ikatan lagi lepas. Maka dipagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik, Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka dipagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.”

Akan Diberi Surga Oleh Allah

Surga adalah nikmat yang didamba-dambakan oleh hamba Allah SWT. Bagaimana tidak, sebab surga adalah tempat yang paling indah melebihi keindahan dunia dan seisinya. Dengan melakukan Sholat tahajud, Rasulullah menyampaikan bahwa kelak kita akan masuk surga dengan selamat.

Dari Abdullah bin Salam RA, yang pertama kali aku dengar Rasulullah SAW adalah sabda beliau :

keutamaan sholat tahajud

“Wahai manusia, terbarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan sholatlah dimalam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam Surga denga selamat”


Manfaat Sholat Tahajud


Selain keutamaan-keutamaan yang diatas, sholat tahajud juga memiliki manfaat yang begitu besarnya. Mulai dari manfaat dari segi kesehatan sampai segi kerohanian. Berikut manfaat sholat tahajud :

  1. Wajahnya Tampak Berkilau dan Bercahaya

Pernahkah sobat melihat seseorang yang terlihat biasa saja namun memiliki aura bercahaya, bisa jadi orang tersebut termasuk orang yang rajin melakukan sholat tahajud.

Seperti yang sampaikan oleh Hasan Al-Basri RA. Ia pernah ditanya oleh seseorang. “Mengapa orang yang melaksanakan sholat tahajud memiliki wajah yang bagus?, lalu Hasan Basri menjawab: Karena mereka menyendiri bersama Tuhannya pada malam hari, lalu Allah memberikan kepada mereka sebagian dari Cahaya-Nya.”

Begitu juga Imam Ibnul Qayyim berkata:

“Sesungguhnya sholat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak sholat malam. Saat ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, “Sholat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi bagus”

  1. Aliran Darah Menjadi Lancar

Sobat tau kan ternyata udara saat malam hari masih bersih loh, oksigen juga belum tercemar. Nah Sobat yang melaksanakan sholat tahajud, kalian akan mendapatkan manfaatnya, dimana udara bersih dapat menyehatkan paru paru kita serta peredaran darah  menjadi lancar dan otomatis akan menyehatkan tubuh kita.

  1. Membesarkan Rongga Paru-paru

Selain melancarkan aliran darah, sholat tahjud ternyata dapat membesarkan rongga paru-paru. Bagaimana itu bisa terjadi ya sobat?  Ternyata gerakan sholat yang selama ini kita kerjakan menyimpan banyak manfaat. Salah satunya ketika melakukan gerakan takbiratul ikhram kemudian kita bersedekap. Gerakan tersebut membuat rongga paru-paru kita membesar lalu aliran udara menuju paru-paru akan bertambah lancar, sehingga  bermanfaat untuk kesehatan paru-paru sobat.

  1. Menenangkan Pikiran

Saat malam tiba dimana orang-orang telah tertidur lelap, suasana malam akan menjadi sepi dan sunyi. Dengan penatnya aktifitas pagi sampai sore membuat sobat harus istirahat dengan tidur. Namun saat kalian memilih bangun dan melaksanakan sholat malam. Coba rasakan apa yang berbeda pada waktu –waktu yang lain. Sobat akan merasakan ketenangan pikiran dan pikiran akan menjadi lebih segar kembali, apalagi pada sepertiga malam kita bersimpuh menghadap Rabb, mencurahkan segala permasalahan kita dan megadu semua nya kepada Nya. Itu akan menjadi pikiran kita tenang dan membuat hari-hari sobat menjadi lebih tentram dan tidak selalu gundah.

  1. Terhindar dari Kelalaian Hati

Setiap manusia pasti tidak luput dari salah dan dosa, begitu juga dengan kelalaian hati. Hati kita pasti pernah lalai meski hanya dalam satu detik. Nah pada pelaksanaan sholat tahajud, hati kita selalu terjaga dari kelalaian. Sebab sobat telah merelakan waktunya untuk bersujud pada Rabb. Hal ini menunjukkan meski dalam keadaan tidur para ahli tahajud tidak lalai dalam mengingat Rabbnya.


Keajaiban Sholat Tahajud


Telah banyak keajaiban-keajaiban sholat tahajud yang dialami oleh hamba-hamba Allah yang selalu bangun disaat orang-orang terlealp dalam tidurnya. Supaya sobat bertambah yakin pada kedasyatan shlat tahajud kita kan sedikit mengulas tentang kisah keajaiban sholat tahajud.

Yaitu kisah sepasang suami istri yang sudah mempunyai 2 anak, dimana hidupnya masih serba kekurangan, dengan luas rumah yang sempit dengan biaya 75 ribu perbulan. Sementara sang istri sedang mengandung seorang anak. Suaminya adalah seorang security , Karena sebentar lagi sang istri akan melahirkan, ia pun ingin memiliki rumah yang sedikit lebih lebar. Sadar bahwa sang suami belum bisa memenuhi keinginannya sang istri ingat bahwa semua yang ia inginkan hanya Allah yang dapat mengabulkan keinginannya

Akhirnya sang istri berinisiatif untuk melaksanakan sholat malam untuk meminta kepada Allah dan mengajak suaminya untuk melakukan sholat tahajud juga, Hingga suatu saat sang suami mendapat tugas untuk dinas pada malam hari. Setelah melobi komandan karena harus melakukan sholat malam bersama istrinya, ia rela memohon izin, dan untungnya sang komandan mengizinkan untuk tidak dinas pada malam hari sampai anaknya lahir.

Suatu hari adik security datang dan menitipkan duan anaknya dirumah security, berhubung sang adik mau bekerja keluar negeri. Karena kasihan security  tersebut akhirnya mengizinkan, meskipun rumahnya sangat tidak layak untuk ditambah orang lagi. Namun keadaan seperti itu sepasang suami istri tersebut masih menjalankan sholat tahajud . Sampai pada suatu hari sang security dipanggil oleh bos dikantornya. Perasaannya mulai tidak enak karena ia sudah beberapa kali izin karena sholat tahajud. Sampai berfikiran bahwa ia akan dipecat.

Saat masuk kantor dengan pertanyaan-pertanyaan pedas terkait perizinanya. Sang security pun menjawab apa adanya bahwa sang istri sedang hamil dan membutuhkan rumah lalu ia usahakan dengan melakukan sholat malam. Namun bos pun langsung  melarang security tersebut untuk tidak masuk lagi.

Sontak perasaan security itu tidak karuan dan mata yang berkaca-kaca, sementara sang bos justru tertawa tebahak-bahak. Dan menjelaskan bahwa bos tersebut hanya bercanda. Maksudnya tidak boleh masuk kantor lagi karena akan dipindahtugaskan kerumah bosnya karena merasa aman jika dijaga oleh security yang rajin melakukan sholat tahajud. Si bos tersebut hendak pergi keluar negeri dalam waktu yang lama. Akhirnya security tersebut bersama keluarganya pindah kerumah bos tersebut. Dan doa mereka tiap malampun akhirnya terjawab sudah.

Begitu dasyatnya keajaiban sholat tahajud bagi kehidupan ya sobat. Kita tidak tahu Allah mempunyai rencana apa kedepan tapi kita harus sellalu percaya bahwa Allah tidak akan mengingkari janjinya.

Gimana sobat? Masih ragu untuk melakukan sholat tahajud, tentu tidak ya. Bernekal niat yang kuat pasti kita bisa bangun malam untuk berdua dengan sang Maha segalanya. Semohga artikel ini dapat bermanfaat dan benar-benar dapat di amalkan. Terimakasih.

 

Leave a Comment