25 Tanaman Hias Daun dan Bunga yang Indah Dipandang

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang biasa dipakai untuk mempercantik ruangan, halaman rumah atau kantor. Jika dilihat dari segi jenisnya, tanaman hias ini bermacam-macam namun bisa dibagi menjadi tiga yaitu tanaman hias daun, tanaman hias bunga dan tanaman hias gantung.

Para pecinta tanaman akan menjadikan tanaman hias sebagai koleksi di rumah bahkan di kantornya. Disamping untuk mempercantik atau memperindah ruangan, tumbuhan bisa menjadi obat ketika mata penat. Karena keindahanya membuat fresh kembali pikiran yang suntuk.

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan tanaman hias yang banyak diminati orang. Selain untuk mempercantik ruangan dan memperindah halaman rumah, tanaman hias ini bisa untuk menyalurkan kegemaran budidaya tumbuhan.

Tanaman hias daun ini memiliki kecantikan pada daunnya yang tergolong unik. Selain itu perawatannya sangat mudah dengan harga yang tidak menguras kantong. Berikut ini contoh-contoh tanaman hias daun yang populer di masyarakat:

1. Gelombang Cinta ( Anthurium )

pasartanaman.com

Bagi pecinta tanaman hias daun tentu tak asing lagi dengan gelombang cinta. Daunnya yang lebar dan bergelombang unik membuat pecinta tanaman hias ingin memberdayakannya. Kecantikan yang khas terletak pada gelombang daunnya. Tanaman yang satu ini sangat cocok untuk mempercantik teras rumah, toko bahkan kantormu.

2. Keladi Red Star ( Caladium )

tanamanhiasan.com

Bagi pecinta tanaman hias daun ini tentu tidak asing dengan tanaman yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah ini. Uniknya tangkai dari daun ini juga berwarna merah belang. Untuk perawatannya sangat mudah dan cepat berkembang biak. Untuk lahan tanamnya pastikan tetap basah ya, siramlah air pada lahan tanamnya sehari sekali. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa tumbuhan ini mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar daunnya berwarna merah cerah dan juga sehat.

3. Tanduk Rusa ( Platycerium )

tokopedia.com

Dinamakan tanduk rusa atau simbar menjangan sebab daunya yang tergolong unik membentuk seperti tanduk rusa. Tanaman hias daun yang satu ini tergolong tanaman epifit yaitu tanaman yang tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Biasanya tanduk rusa ini ditempelkan pada batang pohon lain atau bisa juga ditempelkan pada dinding, agar terkesan alami.

Untuk perawatannya sangat mudah dan ia tergolong tanaman yang menyukai tempat teduh, secara tidak langsung mendapat sinar matahari agar ia tumbuh dengan baik.

4. Lili Paris ( Chlorophytum Comosum)

tipspetani.blogspot.com

Lili paris merupakan tanaman hias daun yang sangat populer dikalangan pecinta bunga. Keindahanya terletak pada daunnya yang memanjang terang berwarna hijau muda pada tepi daun. Ketika lili paris sudah dewasa Ia akan berbunga warna putih yang akan tumbuh di antara dedaunan. Untuk perawatan lili paris tergolong sangat mudah ditanam, selain itu juga sangat cocok dijadikan hiasan dalam dan luar rumah.

5. Palem Kipas ( Livistona chinesis )

bibitbunga.com

Palem merupakan golongan tanaman suku pinang-pinangan. Palem sendiri  memiliki banyak jenis salah satunya palem kipas atau nama ilmiahnya Livistona chinesis. Jenis palem satu ini banyak diminati oleh banyak orang sebab perawatannya sangat mudah dan bisa tumbuh di daerah tropis maupun subtropis, dataran tinggi maupun dataran rendah.

Keindahan pada pohon palem ini terletak pada daunnya yang terkesan unik membentuk kipas, sangat cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah anda.

6. Pakis Sarang Burung atau Kadaka ( Asplenium Scolopendrium )

jamupedia.com

Jenis tanaman hias daun ini memiliki berbagai macam jenis yang membedakan adalah bentuk dan ukuran daunnya. Keindahan pada pakis sarang burung ini terletak pada daunnya yang berbentuk seperti mangkok menyerupai sarang burung. Tumbuhan ini tergolong mudah perawatannya, ia juga bisa ditanam dalam pot, dinding tembok, ditempel di batang pohon bahkan dibiarkan liar dialam bebas.

Pakis sarang burung menyukai tempat yang teduh. Melihat kadaka ini seperti berada di daerah pegunungan, karena terlihat sejuk dan asri.

7. Daun Kuping Gajah

bibitbunga.com

Sebutan tanaman hias daun ini terdengar sangat unik. Daun kuping gajah memiliki ciri daun yang berukuran lebar,berwarna hijau tua dengan serat keputihan. Perawatannya sangat mudah sehingga tanaman ini sangat disukai ibu-ibu. Sangat cocok ditanam pada pot sebagai penghias teras rumah atau dalam ruangan.

8. Lidah Mertua ( Sansevieria )

casaindonesia.com

Daun lidah mertua merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia. Lidah mertua merupakan tanaman yang mudah dalam perawatan dan perkembang biakannya. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang memanjang runcing dengan corak yang khas disertai warna kuning pada bagian pinggirnya.

Selain mempunyai aroma yang khas, daun lidah mertua juga kaya manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah mengatasi gejala sick building syndrome, obat kulit penawar racun dari gigitan binatang, menyerap radiasi dll.

Tanaman Hias Bunga

Bunga merupakan tanaman yang diminati oleh banyak orang. Tanaman ini digunakan untuk memperindah rumah, halaman, kolam, kantor bahkan dekorasi acara-acara resmi.

Bunga hias dapat digunakan untuk aroma terapi ruangan, tak hanya itu ada sebagian orang yang menggunakannya untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang dapat dibudidayakan di daerah tropis. Kamu bisa menanamnya di lahan luas maupun di pot diantaranya ialah sebagai berikut ini.

1. Bunga Amarilis

Tanaman hias bunga yang satu ini selain memiliki keindahan pada bunganya yang cerah dan cantik juga berfungsi untuk mengusir nyamuk dan serangga. Banyak orang menanamnya di pot agar bisa dipindah-pindah.

Amarilis memiliki warna bunga yang bervariasi dan mudah perawatannya. Untuk menghasilkan bunga yang baik tempatkan pada tempat yang mendapat sinar matahari secara langsung.

2. Bougenville

bukalapak.com

Bunga bougenville adalah tanaman hias yang mudah berkembang biak di daerah tropis. Maka bunga hias ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Sebagian orang menamainya dengan bunga kertas karena bunganya yang tipis menyerupai kertas. Bougenville memiliki banyak warna diantaranya merah, ungu dan orange.

3. Mawar

winnetnews.com

Bagi pecinta tanaman hias tentu tak asing lagi dengan bunga mawar. Bunga mawar memiliki keindahan dengan warna yang bervariasi yang sering digunakan sebagai kado simbol kasih sayang misalnya: Kado ulang tahun, kado hari ibu, kado anniversary dan hari spesial lainnya.

Selain itu bunga mawar memiliki aroma harum memikat yang sering digunakan sebagai parfum dan pewangi ruangan. Bunga mawar juga memiliki kaya manfaat diantaranya adalah kandungan zat kimia yang digunakan sebagai terapi mengurangi depresi, sakit kepala dan stres. Sejauh ini orang hanya mengetahui warna bunga mawar merah, putih dan pink padahal bunga mawar mempunyai lebih dari 100 spesies dengan warna yang bermacam-macam.

4. Anggrek ( Orchidaceae)

bukalapak.com

Bunga anggrek dijuluki sebagai puspa pesona karena termasuk salah satu bunga khas nusantara. Bunga anggrek sangat populer pada kalangan pecinta tanaman hias, hal ini disebabkan keindahan bunga dan warnanya yang beraneka ragam.

Ada banyak sekali jenis bunga anggrek terhitung sekitar 5000-6000 jenis. Sebagian orang menanamnya di pot sebagai penghias rumah maupun kantor, ada juga yang menanamnya pada batang pohon sebagai penghias halaman.

5. Kamboja ( Adenium )

gw.alicdn.com

Bunga kamboja sangat populer pada kalangan pecinta tanaman hias, hal ini disebabkan karena keindahan bunga beserta batangnya. Selain itu bunga kamboja juga kaya manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah menghambat disentri, TBC dan hepatitis.

Bunga kamboja juga digunakan sebagai perlengkapan upacara tradisional di Bali.

6. Melati

faunadanflora.com

Bagi pecinta tanaman hias tentu tidak asing dengan bunga melati. Bunga hias yang berwarna putih, berukuran agak kecil dengan aroma semerbak wangi. Tak jarang aroma melati ini digunakan untuk beberapa varian parfum dan pengharum ruangan.

Bunga melati juga ditetapkan sebagai puspa pesona karena termasuk salah satu bunga khas nusantara. Bunga melati juga sering digunakan untuk perlengkapan upacara tradisional. Bunga ini juga digunakan untuk penghias rambut pengantin jawa.

7. Lavender

lazada.com

Tanaman hias lavender termasuk tanaman herbal yang sekaligus digunakan untuk memperindah rumah. Cara mengembangbiakan lavender sangat mudah bisa dari isinya langsung maupun dari stek batangnya.

Bunga lavender memerlukan sinar matahari setidaknya 8 jam dalam sehari dan disirami dengan air yang cukup untuk menghasilkan tanaman yang baik.

8. Bunga Lili

agrowindo.com

Bunga lili atau biasa disebut bunga bakung sangat familiar di kalangan masyarakat. Bunga lili berasal dari wilayah Eropa tapi juga ditemukan di beberapa wilayah Asia.

Bunga hias ini sangat digemari oleh pecinta tanaman hias karena keindahanya yang khas bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan.

Warna bunga lili juga bervariasi diantaranya berwarna putih, kuning, ungu jingga dan ada yang bercorak.

Tanaman Hias Gantung

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah yang sejuk, asri dan indah dengan berbagai tanaman hias tapi tak memiliki lahan? Ini ada solusi agar rumahmu tetap sejuk dan indah dengan tanaman hias gantung. Kelebihan dari tanaman gantung ini adalah tidak memakan banyak tempat dan lahan. Kamu bisa menempatkannya di teras rumahmu, di atas jendela maupun di dinding pagarmu. Kamu bisa menghias secantik mungkin agar rumahmu tetap terlihat asri dengan hijau dan warna warni bunga, jangan lupa untuk memperhatikan agar tanamanmu tetap memperoleh cahaya matahari yang cukup ya.

1. Blaster Heart

Tokopedia.com

Tanaman ini dikenal dengan sebutan lain yaitu sirih blaster heart. Keindahan dari tanaman hias ini adalah bentuk daunnya yang tergolong unik seperti bentuk hati dengan warna daun yang menghijau tanpa berbunga. Tumbuhan yang satu ini menjalar sehingga cocok untuk digantung, selain itu mudah juga untuk dirawat.

2. Krokot ( Portulaca )

amazon.in

Tanaman hias gantung selanjutnya yaitu portulaca atau orang indonesia sering menyebutnya krokot. Selain itu orang menyebutnya dengan nama bunga pukul sembilan dikarenakan bunga ini akan mekar sekitar pukul sembilan dan akan layu pada saat siang. Bunga hias gantung ini memiliki daya tarik tersendiri sebab warna bunganya yang bervariasi. Tanaman ini tergolong sangat mudah untuk berkembang biak dan mudah dirawat.

Portulaca mempunyai dua jenis :

Pertama mempunyai ciri daun yang runcing, portulaca jenis ini lebih tahan cuaca daripada portulaca jenis kedua yang memiliki daun bulat. Portulaca jenis kedua ini tidak tahan pada cuaca, jadi harus ada perawatan yang lebih intensif.

Untuk bunganya keduanya mempunyai variasi banyak warna : kuning, merah, pink, putih, ungu bahkan ada perpaduan kedua warna misal : pink campur putih, kuning campur orange dll.

Portulaca sangat cantik jika ditaruh di pot dan digantung, sebagian orang menanamnya di tanah langsung sebagai variasi tanaman hias daun.

3. Kaktus Anggur ( Sedum Morganium )

crocus.co.uk

Jenis tanaman hias yang unik, sebagian orang menyebutnya dengan nama kaktus anggur, ada juga yang menamainya dengan  ekor keledai. Dinamakan kaktus anggur karena masih ada kemiripan dengan tumbuhan sejenis kaktus. Sedum morganium ini berwarna hijau segar yang terlihat menyejukkan ketika dipandang. Tanaman ini tergolong mudah perawatanya disebabkan hanya memerlukan sedikit air tapi banyak membutuhkan cahaya. Tumbuhan yang satu ini memang sangat cantik jika digantung di teras rumah.

4. Petunia

flipkart.com

Tanaman hias gantung ini mempunya ciri khas bentuk bunga yang menyerupai terompet. Tanaman ini banyak peminatnya disebabkan karena warna bunganya yang bervariasi. Bunga hias ini memerlukan cahaya matahari yang cukup agar bertumbuh lebat. Petunia sangat cocok untuk memperindah rumahmu bisa diletakkan di teras rumah ataupun halaman belakang rumah.

5. Tradescantia

Bukalapak.com

Tradescantia merupakan tanaman hias daun yang memiliki empat corak warna, daun yang depan dengan perpaduan warna putih hijau silver dan dari belakang berwarna ungu. Keindahan daunnya ini membuat banyak peminatnya dan mudah untuk dirawatnya. Tradescantia sangat cocok untuk di gantung di teras rumah, namun jangan lupa untuk merapikan akarnya ya.

6. Million Bells

jparkers.com

Kamu pecinta bunga ? Ingin melihat bungamu mekar dengan jumlah banyak ? Pilihlah Million bells.

Million bells sering dijadikan penghias teras rumah karena keindahan bunganya yang mekar dalam jumlah banyak. Warna-warni bunganya seringkali mengundang kupu-kupu untuk menghampirinya. Bunga hias Millions Bells memiliki daun yang berbentuk oval serta kelopak bunganya berwarna cerah seperti kuning dan merah.

7. Begonia

pottedmemory.blogspot.com

Begonia merupakan tanaman yang cocok untuk digantung di teras rumahmu. Bunga ini sangat digemari oleh orang-orang karena mudah dirawat dan memiliki bunga yang unik. Begonia sangat cocok untuk ditanam di wilayah yang beriklim tropis maupun subtropis.

8. Geranium

Bibitbunga.com

Sebutan lain dari geranium adalah Crane’s Bill. Bunga hias gantung ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia yang beriklim tropis.

Warnanya sangat bervariasi menambah kecantikan bunga ini, selain itu bunga ini juga anti nyamuk.

9. Daun Dolar

shopee.co.id

Tanaman ini memiliki nama yang terlihat unik, hal ini dikarenakan daunnya yang tebal dan mengkilap tampak seperti tanaman palsu yang terbuat dari plastik.

Tanaman ini cocok di tanam di pot teras rumah agar terlihat menyejukkan.

Demikian beberapa jenis tanaman hias, semoga bermanfaat.

Udy Tyas: Just Dreamer and Blogger