Tips Memilih Web Hosting Untuk Performa Terbaik Website Anda

Hallo sobat sharingkali, kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara memilih web hosting yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Tulisan ini cocok untuk Anda yang sedang bingung mencari hosting terbaik agar performa website maksimal.

Hosting terbaik menjadi syarat mutlak agar website Anda tidak lemot dan stabil. Jika loading page Anda lama, maka calon pengunjung tidak akan sabar menunggu dan akhirnya meninggalkan website Anda sebelum membaca. Ini akan membuat website Anda sulit dirangking oleh mesin pencari. Padahal di Indonesia trafik website paling banyak masih dari mesin pencari.

Karenanya, Anda harus menemukan layanan web hosting terbaik, sehingga website menjadi ramah dan menyenangkan untuk user dan juga mesin pencari google (jika Anda adalah praktisi SEO).

Di Indonesia sendiri tersedia banyak sekali layanan penyedia web hosting, tinggal ketik aja di mesin pencari. Namun banyaknya pilihan tersebut malah akan menyulitkan dalam memilih. Nah, setidaknya berikut ini adalah beberapa point yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih web hosting terbaik:

Lokasi Server Web Hosting

Salah satu hal yang mempengaruhi kecepatan loading website adalah lokasi server. Lokasi server terbaik adalah yang berada di negara dimana calon pengunjung website tersebut berada. Jika target visitor website Anda adalah Indonesia, maka sebaiknya Anda menggunakan server Indonesia, atau IIX (Indonesia Internet Exchange).

Server lokal lebih cepat digunakan di Indonesia karena routingnya lebih singkat. Kekurangan server ini otomatis akan lebih lemot bila diakses dari luar negeri.

Fitur Keamanan

Ada banyak hacker yang menyebarkan hal-hal jahat dan merusak pada website-website yang tidak memiliki sistem keamanan yang memadai. Entah apa motif mereka, yang jelas harus dipastikan bahwa penyedia web hosting Anda memiliki ketahanan yang kuat terhadap serangan hacker.

Customer Support Web Hosting

Sebelum memutuskan berlangganan, ada baiknya Anda memastikan web hosting tersebut menyediakan layanan customer support 24 jam penuh. Artinya mereka siap untuk melayani Anda sewaktu-waktu jika ada masalah dengan server atau pun website Anda.

Karena terkadang website down tidak mengenal waktu. Kadang-kadang juga tengah malam, atau mungkin pada saat pengunjung lagi banyak-banyaknya. Pada saat down, konsultasi dengan pihak penyedia hosting adalah pilihan terbaik. Maka customer service juga harus memiliki daya penyelesaian yang baik.

Kemudian layanan web hosting terbaik juga memberikan kemudahan bagi customernya untuk berhubungan dengan mereka, yakni dengan memberikan banyak pilihan cara berkomunikasi, seperti live chat, email, tiket bantuan, atau bahkan telfon.

Harga Sesuai

Sebaiknya Anda memastikan bahwa besaran harga yang Anda bayarkan sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda membayar paket hosting lebih mahal tapi tidak sepadan dengan yang Anda dapatkan.

Murah mahalnya web hosting memang tidak bisa langsung dibandingkan dari segi harganya. Meski harganya lebih mahal sedikit, tapi fasilitas yang diberikan jauh lebih banyak, maka bisa dikatakan itu lebih murah.

Review Pelanggan

Ada baiknya Anda memperhatikan review penggan yang sudah lebih dulu menggunakan layanan-layanan tersebut. Ada banyak sekali sumber review yang bisa Anda dapatkan, seperti di forum-forum internet marketing, atau tulisan dari blog-blog yang kredibel.

Tentu saja tidak semuanya obyektif, makanya Anda perlu melihat beberapa sumber agar mendapatkan informasi yang berimbang. Keyword nya adalah kekurangan dan kelebihan. Cari kekurangan serta kelebihan setiap layanan web hosting yang Anda minati. Memang ciptaan manusia tidak ada yang sempurna, namun paling tidak Anda bisa mendapatkan kriteria hosting yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Soal review dari pengguna, tentu saja layanan web hosting besar seperti niagahoster yang paling unggul. Sebab pelanggannya sudah sangat banyak, sehingga sangat populer di masyarakat.

===

Itulah sedikit tips untuk memilih layanan web hosting terbaik untuk Anda. Semoga dapat membantu perjalanan Anda membangun website impian..

 

 

Leave a Comment